Tanaman Jeruk Purut
Jeruk purut banyak ditanam orang di pekarangan rumah atau di kebun kebun sekitaran rumah. Daun jeruk purut merupakan daun beragam menyirip beranak daun satu.



nama latin atau nama aneh jeruk purut : kaffir lime leaf and zest, bai magrut, Kabuyao, Percupin Orange, Citrom Combara.
Nama Sipliasi: Citri Hystricis Folium (daun jeruk purut), Citri Hystricis Pericaipium (kulit buah jeruk purut)

Daun jeruk purut
Daun jeruk purut mengandung tanin 1,8%, stereoid triterpenoid, dan minyak aisiri 1 - 1,5% v/b.
Kulit buah mengadung saponin, tanin 1%, steroid triterpenoid, dan minyak atsiri yang mengadung sitrat.

Tangkai daun sebagian melebar mirip anak daun. Helaian anak daun berbentuk bulat telur hingga lonjong, pangkalnya membundar atau tumpul, ujung daun jeruk purut tumpul.

Panjang daun jeruk purut 8-15 cm dan lebarnya 2-6 cm, kedua permukaan daun licin dengan bintik-bintik kecil berwarna jernih.

Sedangkan permukaan bab atas daun berwarna hijau bau tanah agak mengkilap, dan permukaan bab bawah daun berwarna hijau muda atau hijau kekuningan, buram, jikalau diremas baunya harum.

Kemudian bentuk daun hampir mirip bentuk bintang dengan warna putih kemerah-merahan atau putih kekuning-kuningan.

Bentu buah jeruk purut
Bentuk buah jeruk purut ini sama mirip bulatnya telur ayam, kulitnya hijau berkerut, ada sedikit benjolan benjolan kecil, dan rasanya asam agak pahit

Jeruk purut sering dipake untuk bumbu kuliner , pembuatan kue, atau dibentuk manisan. Jeruk purut ini sering dibudidayakan dengan cara cangkok atau menggunaka biji.

Selain sebagai pengobatan, jeruk itu juga sangat anggun dinuat minuman segar, mirip air jeruk hangat, es jeruk, sari buah jeruk dan lain-lain. Saat ini juga  sudah dibentuk serbuk dan sari buah jeruk, mirip nutrisari, marimas, dan lain-lain.

Sari buah jeruk adakala  diberi pewarna alami biar warnanya mirip dengan kulit buah jeruk. Sari buah jeruk yakni sari buah yang diperoleh dengan memeras atau menekan isi buah jeruk. Diminum dibanyak daerah didunia, sari buah jeruk biasanya menjadi bab makan pagi atau sarapan.

Pengekspor terbesar sari buah jeruk yakni Brasil, diikuti oleh Amerika serikat, terutama Negara bab Florida. Sari buah jeruk biasanya diekspor dalam bentuk kering dan ditambah air dinegara tujuan. Sari buah yang dikirim dalam bentuk cair disebut dengan istilah “disarikan langsung” (direct juice) oleh produsen yang mengirimnya. 

Di Amerika Serikat dan  Kanada sari buah mirip  ini selalu dicantumi goresan pena “Tidak berasal dari Konsentrat” (Not from Concentrate).

Sari buah jeruk segar mempunyai rasa buah alami dan sedikit asam, dan mengandung banyak vitamin C (asam askorbat).
Sumber: Bertanam Jeruk, Penerbit: PT. Puri Delco

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bab bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top