Penyakit dan hama tumbuhan buah mangga sangat banyak jenisnya. Dari mulai penyakit pada buah, daun, pohon, bunga dan buah muda, hingga penyakit yan sering di temukan pada cabang dan batang tumbuhan mangga.

 Penyakit dan hama tumbuhan buah mangga sangat banyak jenisnya Hama Dan Penyakit Tanaman Mangga Pohon, Daun, dan Buah


Hama Dan Penyakit Pada Buah Mangga
Penyakit pada buah mangga umumnya disebabkan oleh cendawan dan bakteri. Serangannya mengakibatkan busuk buah.

Tiga penyakit penting buah mangga sebelum panen yakni antraknosa (anthracnose), bercak hitam dan kudis.

Penyakit sehabis panen yakni busuk buah lantaran cendawwan. Pengendalian penyakit dengan pestisida sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan yang masak.
Penyakit pada buah mangga:

1.    Antraknosa buah
2.    Bercak hitam
3.    Kudis buah
4.    Penyakit buah sehabis panen

Hama Dan Penyakit Pada Bunga dan Buah Muda
Bunga dan buah yang masih muda sangat rawan terhadap cendawan tepung dan busuk cokelat.
 
1.    Cendawan tepung
Cendawan tepung termasuk cendawan ectophit, yaitu cendawan hidup pada permukaan flora inang. Gejalanya, terlihat pertumbuhan miselium yang halus dan jernih mirip sarang laba-laba.
 
2.    Busuk cokelat
Penyebab busuk cokelat yakni cendawan Physalospora perseae Doidge. Infeksinya dimulai dari bunga, kemudian menjalar ke tangkai bunga. Pada tangkai bunga terdapat celah (retak) hitam yang memanjang.

Buah yang masih muda juga sanggup terjangkit busuk cokelat. Warna buah akan berubah dari hijau menjadi cokelat kekuningan hingga hitam kecokelatan. Kerontokan buah yang telah terbentuk sanggup mencapai 90 %.

Hama Dan Penyakit Pada Daun Mangga
Gangguan penyakit pada daun mangga sanggup lantaran serangan cendawan jelaga, atau bercak karat merah lantaran gangga.

1.    Cendawan jelaga
Penyakit cendawan jelaga sanggup disebabkan oleh cendawan Meliola mangiferae Eale, Gloeodes pomigena Schw., Dimerosporium mangiferum Cooke et Br.., Capnodium mengiferum Cooke et Br., Capno dium racemosum Cooke., Phaeasaccardinula sp.

Serangan cendawan jelaga pada mangga  sanggup terjadi apabila di pohon tersebut terdapat hama serangan yang mengeluarkan kotoran “embun madu”

2.    Bercak karat merah
Bercak karat merah pada daun mangga disebabkan gang-gang Cephaleuros mycoidea Karst. Selain mangga, bercak karat merah juga menyerang jeruk, apel, the, jambu biji, leci, lengkeng, dan rambutan.

Hama Dan Penyakit Pada Cabang dan Batang Mangga
Penyakit cabang dan batang pada mangga sanggup berupa blendok, buduk kulit batang lantaran cendawan, busuk batang semai dan benalu.

1.    Penyakit blendok
Penyakit blendok disebut juga penyakit recife. Penyebabnya cendawan Diplodia recifensis Batista, gotong royong dengan kumbang Xyleborus affinis.

Kumbang Xyleborus affinis menciptakan terowongwn di batang atau di cabang,  Kemudian terinfeksi cendawan Diplodia recefensis Infeksi itu mengikuti kumbang yang masuk ke dalam terowongan.

2.    Penyakit batang
Pada batang mangga seringkali terdapat cendawan yang menempel pada kulit batang yang telah mati. Pada umumnya cendawan merupakan saprofit atau merupakan parasit yang ringan, contohnya Schizophyllum commune Fries, Fomes conchatus (Pers.) Fr. Dan Ganoderma applanatum (Pres. Ex Nallr.) Pat.

3.    Penyakit pesemaian
Penyakit busuk pada bibit mangga di pesemaian disebabkan cendawan Sclerotium delphini Welch. Gejalanya, batang semai yang gres tumbuh berbau busuk.

4.    Benalu
Benalu atau kemladean atau pasilan termasuk family Loranthaceae. Tumbuhan setengah parasit ini sering terdapat pada mangga.

Mereka tumbuh menempel pada cabang atau ranting. Benalu yang tumbuh di cabang atau ranting, kalau  tidak segera diberantas makin usang makin banyak.
Sumber: Bertanam Mangga, Penerbit: Penebar Swadaya

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di cuilan bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


Budidaya jamur        Budidaya jamur tiram    Cara budidaya jamur    Budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya ajmur            budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        hama tumbuhan mangga        penyakit tumbuhan mangga        hama mangga        penyakit mangga        budidaya tumbuhan mangga        penyakit pohon mangga

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top