HAMA BUNDEL / BRENDEL PADA TANAMAN JAGUNG DAN CARA PENCEGAHANNYA. Hama bundel ialah menyerang pucuk daun tanaman jagung sehingga tanaman tidak mempunyai  bunga jantan dan alhasil biji jagung tidak merata bahkan tidak ada /bogang alasannya kekurangan bunga jantan. Bila menyerang tanaman jagung yang masih umur satu ahad akan terlihat menyerupai kerdil .

                  




Hama yang mengakibatkan ialah jenis kutu dan ulat penggerek  bila tanaman masih kecil dan yang sudah berumur sekitar 45 hst ialah ulat penggerek bunga / pucuk   (Helicoverpa armigera )

Pada dikala demam isu hujan  serangan ini lebih banyak pada tanaman jagung  dewasa ,gejalanya awal jarang terlihat ,tiba –tiba dikala waktunya  berbunga, bunga tidak muncul atau terlihat sangat sedikit , maka akan terganggu penyerbukannya.



                               



Ada beberapa cara untuk mencegah hama ini .Berikut ini yang sering dilakukan oleh petani untuk mencegah hama bundel.

1.     Saat tanaman gres berumur satu ahad harus dilakukan pencegahan yaitu dengan menyemprotkan Insektisida materi aktif Abamectin (Agrimec, Demolish ,Okrite) dengan takaran  ¼- ½  sendok makan tiap satu tangki semprot ukuran 17 liter. Dan dapat ditambahkan fungisida atau pupuk daun cair.

2.     Saat tanaman jagung umur tiga ahad beri Insektisida tabur berbahan Karbofuran ( Furadan ) Insektisida ini di taburkan pada pucuk daun tanaman jagung dan masuk ke lubang pucuk.

3.     Dan terakhir pada umur 40 hari di taburkan lagi Insektisida Karbofuran (Furadan ) untuk takaran pemakainnya 14 kg per hektar.





Biasanya itu yang dilakukan petani untuk mencegah penyakit bundel pada tanaman jagung yaitu menaburkan Insektisida Karbofuran ( Furadan ) jangan hingga keliru dengan Insektisida materi aktif Fipronil yaitu Regent .Kalau memakai Insektisida Regent tanaman jagung tidak tahan / besar lengan berkuasa ,pupus pucuk daun akan terbakar dan tanaman mati,itu pengalaman saya.


Demikian wacana hama bundel /brendel dan cara pencegahannya, agar bermanfaat .


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top