Dasar Pertanian - Hama merupakan salah satu organisme pengganggu tumbuhan yang kehadirannya sangat merugikan sekali. Banyak perkara yang terjadi petani gagal panen akhir serangan hama, menyerupai hal nya petani semangka. Hama pada tumbuhan semangka ini sangat bervariasi yang bila tidak segera di basmi akan berdampak jelek pada tumbuhan tersebut. Jika kita menanam semangka, maka salah satu hal yang wajib kita lakukan ialah mencegah serangan hama supaya tidak menggannggu dan menyerang tumbuhan semangka. Jenis-jenis hama yang sering menyerang tumbuhan semangka ini cukup banyak, pada kesempatan kali ini dasar-pertanian akan menunjukkan sedikit review beberapa jenis hama yang menyerang tumbuhan semangka.

 Hama merupakan salah satu organisme pengganggu tumbuhan yang kehadirannya sangat merugikan Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka


Jenis-Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka


1. Hama kutu putih ( Pseudococcus sp )

Hama ini merupakan homogen kutu yang berwarna putih, ciri-ciri hama kutu putih ini yaitu seluruh tubuhnya terselimuti lapisan lilin berwarna putih. Hama ini menyerang tumbuhan semangka dengan cara menghisap cairan pada daun semangka, bila tidak segera dibasmi akan menimbulkan daun semangka menjadi keriting. Jika daun semangka keriting maka sanggup menjadikan daun semangka rontok.


2. Hama Thrips ( Thrips parvispinus )

Nah jenis hama yang sering menyerang tumbuhan semangka selanjutnya ialah hama thrips yang mana jenis hama ini merupakan penyebab terjadinya bercak daun berwarna perak. Hama ini mengembangkan virus keseluruh tumbuhan semangka yang menjadikan seluurh daun menjadi kering.


3. Hama ulat daun

Hama ulat daun juga termasuk salah satu hama yang paling seering menyerang tumbuhan semangka. Ada dua jenis ulat daun yang menyerang tumbuhan semangka ini, yaitu ulat grayak dan ulat jengkal. Kedua jenis ulat daun ini menimbulkan daun tumbuhan semangka berlubang.


4. Hama kutu daun ( Myzus perciae )

Nah jenis hama yang suka menyerang tumbuhan semangka selanjutnya ialah kut daun. Kutu daun ini juga suka menghisap cairan yang ada pada daun samangka. Jika tidak segera dibasmi akan merugikan sekali.

Makara itulah beberapa Jenis Hama Yang Sering Menyerang Tanaman Semangka, biar sedikit isu ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top