HERBISIDA UNTUK TANAMAN JAGUNG, Perawatan jagung mencakup pemupukan , pengairan ,pembubunan / ipuk dan penyiangan atau  pembersihan gulma / rumput liar, penyiangan dilakukan semoga tanaman  utama dalam hal ini jagung , pertumbuhannya tidak terganggu ,karena rumput liar memakan nutrisi yang ada sehingga tumbuhan utama (jagung ) harus membuatkan makanan dengan rumput liar ,sehingga mengakibatkan pertumbuhan tumbuhan jagung terhambat . maka rumput / gulma penggangu harus di bersihkan.

      
           

Untuk membersihkan gulma / rumput liar pada tumbuhan jagung  ,ada 2 cara yaitu dengan memakai obat rumput  / herbisida dan dengan cara manual yaitu membersihkan dengan cangkul / sabit .
Membersihkan gulma / rumput liar dengan cara manual sudah semakin jarang dilakukan oleh petani alasannya yakni berkurangannya tenaga kerja dibidang pertanian. Petani lebih menentukan cara memakai herbisida / obat rumput ,karena lebih ekonomis dan mudah , dalam mengunakan herbisida untuk tumbuhan jagung harus sempurna alasannya yakni kalau salah sanggup mengakibatkan tumbuhan jagung terganggu bahkan mati.
Berikut ini akan saya sampaikan herbisida untuk tumbuhan jagung dan cara penggunaanya:
1.     Herbisida materi aktif  Isopropil amina glisofat
Merk dagang herbisida ini antara lain : Roundup ,Glisat,Bionasa, Konup ,Basmilang, Glibas ,dan lain-lain.


     
                   


  Fungisida ini bekerja secara sistemik reaksi perlahan tetapi merusak jaringan rumput hingga akarnya.
Cara penggunaanya pada tumbuhan jagung : Penanaman jagung tanpa olah tanah ,satu ahad sebelum tanam atau 1 -2 hari sehabis tanam pada tumbuhan jagung  disemprotkan secara merata pada hamparan rumput ,dosisi pemakain 200 ml per tangki sprayer atau 17 liter.


2.     Herbisiada materi aktif Mesotrion 50 g/l + Atrazin 500g/l
Merk dagang herbisida ini antara lain : Calaris 550SC, DK mesonin 5050 sc

     
        


Herbisida ini khusus untuk tumbuhan jagung bekerja secara sisitemik
Cara penyemprotanya : dilakukan pada tumbuhan jagung umur 10- 21 hst, takaran pemakainnya  60cc untuk Calaris dan 30 cc untuk surfaktannya ,disemprotkan merata disekitar tumbuhan jagung dan tidak efek terhadap tumbuhan jagung kalau terkena semprot.


3.      Herbisida materi aktif Parakuat diklorida 276 g/l
Merk dagangnya antara lain : Gramoxon,Noxon,Nixon, Top zone,Tamaxon ,dan lain –lain.

           
       

 Herbisida ini bekerja secara kontak  langsung ,penggunaan pada tumbuhan jagung yaitu disemprotkan pada tumbuhan umur mulai 1 bulan keatas ,cara penyemprotan dilakukan disekitar akar tumbuhan jagung dan jangan hingga terkena tunas jagung ,bila terkena sanggup menjadikan simpulan hidup pada tumbuhan ,sebaiknya spuyer tangki semprot diberi  tudung  atau pengaman  agar semprotan herbisida tidak hingga terkena daun muda atau tunas jagung. Dosis pemakaiannya :  2 ½ - 3 tutup  kemasannya    atau 80  -90 cc per tangki semprot ( 17 liter).


4.     Herbisida materi aktif Tropamezon  330 g/l + Atrazin 500g/l + Adjuvant 330g/l  (perekat) 

Merk dagannya : Convey ,  1 paket Convey terdiri dari  3 botol yang terdiri dari  3 materi aktif diatas . Herbisida ini sangat selektif yaitu khusus untuk tumbuhan jagung ,herbisida ini memiliki reaksi berpengaruh untuk rumput / gulma yang sudah bau tanah dan mengakar berpengaruh yang sulit ditanggulangi dengan herbisida Calaris 550 sc , Aplikasi / pemakaianya pada tumbuhan jagung umur diatas 21 hst. Disemprotkan secara merata pada rumput dibawah tumbuhan jagung dan tidak ada efeknya terhadap tumbuhan jagung.

Demikian wacana herbisida untuk tumbuhan jagung dan  cara aplikasi / penggunaanya .semoga bermanfaat.
Baca juga : Herbisida Rumpas dan cara pemakaianya/ aplikasinya


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top