CARA MEMILIH BIBIT KACANG TANAH, Memilih bibit kacang tanah atau seleksi bibit sangat perlu dilakukan sebelum melaksanakan budidaya , budidaya apapun, alasannya yaitu bibit suatu tumbuhan mempengaruhi kelangsungan hidup ,cara perawatan dan hasil panen , menentukan bibit kacang tanah yang sempurna sanggup memudahkan perawatan ,memberikan hasil panen yang berlimpah .



            




Di setiap kawasan ,dalam menentukan bibit kacang tanah  tentunya tidak sama, jenis varietas yang cocok mungkin berbeda ,ada yang cocok jenis bibit unggul atau lokal dan lain sebagainya , mungkin faktor tanah yang mempengaruhinya.

Berikut ini pengalaman saya dalam menentukan bibit kacang tanah di kawasan saya , yaitu kawasan Kediri dan sekitarnya ( tanah pasir dan branjangan / tanah pasir campur tanah liat).

    Dari jenisnya didaerah saya cocok dengan kacang tanah  lokal.
     Kacang tanah lokal yang memiliki kulit halus sanggup memiliki biji yang padat dan rapat, menawarkan hasil yang maksimal dibanding kacang bibit unggul ,kacang bibit unggul biasanya buah tidak penuh ,bila buah digerakan terasa suara berarti biji tidak rapat dan padat.



              





    Dari cara pengupasan kulit kacang tanah

  Bibit kacang tanah harus dikupas dengan tangan biasa  atau cara menual alasannya yaitu biji kacang tanah sangat rentan terhadap hentakan hiperbola jikalau dikupas dengan mesin ,menyebabkan biji kacang tanah akan retak bakal tunasnya , bagaian luar terlihat elok tetapi bakal tunasnya biasanya retak terkena guncangan hiperbola ,kelihatan sesudah ditanam dan tumbuh beberapa hari .tanaman akan banyak yang layu dan mati.



                             



                  
Penyeleksian bibit kacang tanah dari bentuk dan warna.

   Pilih bibit / biji kacang tanah ukuran sedang dan besar ,ukuran besar jikalau ditanam memiliki daun yang pribadi vigor atau lebat , lebar dan lebih tahan  serangan hama dan penyakit, tetapi akan membutuhkan biji yang lebih banyak di banding dengan ukuran sedang . Biji kacang tanah yang berwarna agak kehitaman , keriput dan terlalu kecil di seleksi dan di sisihkan ,karena jikalau di tanam akan tumbuh daun kecil dan gampang terjangkit layu sehingga cepat mati.  untuk ukuran benih sebaiknya pilih yang ukuran sedang alasannya yaitu lebih hemat dan tumbuh cukup baik.
                
 Demikian perihal  cara menentukan bibit kacang tanah . agar bermanfaat .


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top