Dasar Pertanian - Tanaman sengon atau albasia ialah homogen flora penghasil kayu yang sanggup tumbuh di kawasan tropis. Pohon sengon ini tumbuh tinggi dan lurus sehingga banyaj dipakai kayunya untuk banyak sekali maca properti. Selain itu manfaat flora sengon ini juga sanggup dipakai sebagai flora peneduh dan menciptakan suasana sekitar menjadi rindang. Namun dalam proses penanaman, ada beberapa hambatan yang niscaya dihadapi, salah satunya ialah serangan hama dan penyakit. Apa saja jenis hama dan penyakit pada flora sengon yang sering menjadi pengganggu? Nah pada postingan kali ini dasar-pertanian akan membahasnya secara singkat.

Sebelum kita membasmi hama dan penyakit pada flora sengon, tentu yang harus kita lakukan ialah mengenali terlebih dahulu jenis-jenis hama dan penyakit pada flora sengon. Berikut ini ialah hama dan penyakit yang paling sering mengganggu flora sengon.

 Tanaman sengon atau albasia ialah homogen flora penghasil kayu yang sanggup tumbuh di da Inilah Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon Yang Perlu Anda Tahu


Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon


1. Hama Boktor ( Xystrocera festiva )

Jenis hama ini berjulukan boktor atau biasa juga disebut kumbang, yang mana kumbang boktor ini sering kali menyerang flora sengon pada ketika flora berumur sekitar 3 tahun. Akibat serangan boktor ini sanggup mengakibatkan batang sengon menjadi ringkih dan lama-lama mati. Ciri-ciri batang kayu sengon terjangkit boktor ialah adanya serbuk halus yang melekat pada kepingan permukaan kulit batang sengon. Lubang kecil pada batang kayu merupakan tempat larva bersarang dan jikalau dibiarkan lama-lama akan merusak batang tanamans sengon.

Cara pengendalian hama boktor pada flora sengon ini sanggup dilakukan dengan beberapa tahap:
  1. Menangkap secara pribadi kumbang boktornya
  2. Memusnahkan seluruh larva yang ada pada batang tanaman
  3. Menyayat kepingan kulit batang sengon yang terkena hama boktor.

2. Penyakit pada flora sengon

  • Jamur upas

Jamur upas ialah homogen jamur kulit kayu yang ganas, jikalau flora sudah terjangkit jamus upas ini akan mengalami pecah kulit dan lama-lama mengelupas. Cara pengendalian jamur upas pada flora sengon ialah dengan memusnahkan seluruh jamur dan juga mengoleskan obat khusus jamur pada kulit tanaman.

  • Penyakit karat tumor

Jenis penyakit flora sengon yang selanjutnya ialah karat tumor yang juga penyebab awalnya ialah jamur. Penyakit ini sanggup berdampak jelek pada daun tanaman, batang tanaman. Cara pengendalian penyakit karat tumor pada pohon sengon sanggup dengan memotong kepingan flora yang terkena saja.

Itulah beberapa Jenis Hama dan Penyakit Pada Tanaman Sengon yang sanggup admin bagikan, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top