Cara Menanam Labu Kabocha Agar Tumbuh Subur - Labu Kabocha merupakan jenis labu yang berasal dari Jepang, bentuk labu Kabocha sama dengan labu kuning yang ada di Indonesia. Namun warna kulit dari labu kabocha lebih merah dan ukuran labu kabocha lebih kecil dibanding dengan labu kuning.
 
Labu Kabocha banyak mempunyai manfaat pada kesehatan diantaranya menurunkan risiko osteoporosis, mencegah hipertensi, memperlancar pencernaan, mencegah kanker, menyehatkan jantung, dan mencegah penuaan dini. Cara tanam labu kabocha juga terbilang mudah, tumbuhan ini menjalar sehingga memerlukan anjir untuk menjalar.

 Cara Menanam Labu Kabocha Agar Tumbuh Subur  Anda Tahu Labu Kabocha? Begini Cara Menanamnya
 
Cara bercocok tanam labu kabocah yang benar sanggup dilakukan dengan cara yang sama dengan cara menanam semangka atau blewah, namun perlu dibentuk anjir menyerupai cara menanam kacang panjang sebagai kawasan rambatan. Berikut beberapa langkah cara menanam labu kabocha yang baik dan benar.

1. Menyiapkan Lahan Tanam Dengan Menggemburkan dan Dibentuk Tegalan

 Cara Menanam Labu Kabocha Agar Tumbuh Subur  Anda Tahu Labu Kabocha? Begini Cara Menanamnya

Persiapan lahan untuk menanam labu Kabocca dilakukan dengan tujuan biar tanah gembur dan bisa untuk menunjukkan nutrisi pada tumbuhan labu Kabocca.

Jika Anda ingin menanam labu Kabocca pada kebun, maka langkah yang harus dilakukan yakni dengan melaksanakan pembajakan memakai traktor atau memakai bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan memakai cangkul. Pada ketika penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.

Tegalan ini berfungsi untuk menjaga biar tumbuhan tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan sanggup dibentuk dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.

Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.

Taburkan pupuk sangkar secara merata pada permukaan tegalan.

Jika Anda mempunyai modal lebih, Anda sanggup melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

 Cara Menanam Labu Kabocha Agar Tumbuh Subur  Anda Tahu Labu Kabocha? Begini Cara Menanamnya
.

2. Menyiapkan Bibit Labu Kabocha


Bibit labu kabocha ketika ini sudah banyak dijual di toko-toko online yang menjual bibit tanaman, atau juga sanggup diperoleh di kios-kios pertanian, baca dan periksa kemasan bibit dengan benar. Jangan hingga ada kerusakan kemasan dan kadaluarsa.
 
Jika anda mempunyai rekan atau saudara yang pernah membudidayakan labu kabocha, anda bisa meminta biji labu kabocha yang berasal dari bua labu yang sudah cukup tua.

Cara menanam bibit labu Kabocha dilakukan dengan cara menanam eksklusif biji-biji labu kabocah ke lahan tanam yang telah disiapkan.


3. Melakukan Penanaman Bibit Labu Kabocha


Seperti halnya menanam kedelai di sawah atau menanam jagung, biji labu kabocha ditanam dengan tunjangan tugal (kayu yang diruncingkan). Buatlah lubang dengan cara menghujamkan tugal ke tanah dengan jarak 40 cm x 40cm antar lubang tanam. Jika anda memakai pelastik mulsa, maka sebelum menciptakan lubang tanam sebaiknya anda menciptakan lubang pada mulsa terlebih dahulu dengan memakai besi lingkaran yang dipanaskan.

Isikan 2 biji labu kabocha pada setiap lubang tanam yang dibuat, lalu lakukan penutupan dengan menginjak lubang secara perlahan..


4. Melakukan Perawatan Pada Labu Kabocha Agar Tumbuh Subur dan Bebas Hama


Cara merawat tumbuhan labu kabocha sanggup dilakukan dengan penyulaman kalau biji yang ditanam tidak tumbuh, bersihkan rumput-rumput yang tumbuh di sekitar tanaman. Dan lakukan pemupukan dengan pupuk sangkar pada umur 3 minggu, kalau diharapkan lakukan pemupukan dengan pupuk kimia yaitu pupuk NPK secukupnya.

Seiring pertumbuhannya, batang labu kabocha akan menajalar. Tanaman ini bekerjsama juga bisa menghasilkan buah kalau dibiarkan menjalar di tanah menyerupai semangka. Namun hasil panennya tidak akan maksimal, oleh alasannya itu perlu dibuatkan anjir atau para-para untuk menopang dan sebagai rambatan batang labu kabocha.

Pembuatan para-para sebaiknya dari bambu yang kokoh, alasannya para-para atau anjir ini akan menahan beban yang besar dari buah labu kabocha. 
 
5. Masa Panen Untuk Labu Kabocha
 
Masa Panen Budidaya labu kabocha terbilang cukup singkat, tumbuhan ini biasanya akan menghasilkan buah yang siap panen pada umur 3 bulan dari penanaman. Pemetikan dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan pisau atau gunting. 

Buah labu kabocha juga tidak gampang busuk, buah ini bisa bertahan hingga 1 tahun sesudah dipanen asalkan tangkainya disisakan di labunya ketika pemanenan.

Itulah beberapa langkah cara menanam labu kabocha biar menghasilkan buah yang banyak. Labu kabocha sendiri selain sanggup dibudidayakan di kebun, tumbuhan ini juga bisa di tanam di dalam pot atau polybag. Cara menanam labu kabocha di pot atau polybag tentunya hampir sama dengan menanam blewah di kebun, hanya saja lahan tanam yang perlu disiapkan yakni pot atau polybag. Mari untuk membudidayakan tumbuhan tomat dan tumbuhan lainnya menyerupai menanam cabai rawit biar sanggup menunjang perekonomian Indonesia serta budayakan menanam untuk menimbulkan bumi tetap hijau....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top