Palawija ialah sebutan bagi tumbuhan pengganti padi atau tumbuhan pendamping yang biasanya ditanam diantara sela-sela tumbuhan utama. Kata palawija identik dengan tumbuhan suplemen semoga sanggup mengisi kekosongan pada lahan. Biasanya hasil palawija hanya dimanfaatkan petani untuk konsumsi sediri atau pemasaran terbatas. Namun beberapa jenis palawija berikut ini ternyta mempunyai nilai hemat yang cukup tinggi. Bahkan beberapa jenis tumbuhan palawija yang menguntungkan ini bisa mengalahkan nilai dari tumbuhan utama. Apa saja jenis palawija yang menguntungkan tersebut ?

Palawija ialah sebutan bagi tumbuhan pengganti padi atau tumbuhan pendamping yang biasanya  Beberapa Jenis Tanaman Palawija Yang Menguntungkan

Tanaman Palawija Yang Menguntungkan


Keuntungan dari tumbuhan palawija berikut ini bukan hanya dari segi harga, namun juga dari pangsa pasar yang luas serta kecepatan masa panennya. Beberapa jenis palawija tersebut juga cukup gampang dalam perawatan dan pembudidayaanya. Berikut ini ialah beberapa jenis palawija yang menguntungkan untuk ditaman :

Sayur Bayam

Sayur bayam memang mempunyai harga yang cukup murah. Namun sayur bayam mempunyai nilai bisnis yang cukup menguntungkan. Jenis palawija ini sanggup dipanen setiap hari alasannya ialah pertumbuhannya yang amat cepat. Bayam juga termasuk sayuran yang cukup laku dipasaran, sayur ini banyak sekali dijadikan banyak sekali macam olahan sehari-hari. Bayam juga termasuk sayuran yang sangat kaya akan manfaat.

Sayur kangkung

Berikutnya hampir sama dengan bayam, yaitu sayur kangkung. Kangkung juga mempunyai pertumbuhan yang cukup cepat. Kangkung bisa menjadi pilihan jenis palawija yang cukup menggiurkan. Kangkung sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia, sayuran ini juga amat digemari dalam banyak sekali masakan. Kangkung layak menjadi palawija menguntungkan alasannya ialah sayuran ini termasuk gampang perawatannya, selain itu ia juga bisa hidup diberbagai tempat.

Sayur Pare

Masih dari keluarga sayuran, kali ini ialah pare. Sayur ini mempunyai rasa yang pahit dan mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan. Walaupun pahit, ternyata sayur ini cukup laku dipasaran, selain dijadikan olahan kuliner menyerupai siomay, pare juga dipakai sebagai obat herbal bahkan untuk perawatan kecantikan. Tanaman yang mempunyai banyak sekali nama ini layak masuk dalam kategori palawija yang menguntungkan.

Tomat

Tanaman yang satu ini juga masuk dalam daftar palawija yang menguntungkan. Bagaimana tidak, harga tomat perkilonya cukup tinggi selain itu biaya dan perawatanya cukup mudah. Budidaya tomat juga termasuk cepat, biasanya tomat sudah mulai bisa dipanen ketika umur 3 bulan.

Parika

Anda niscaya tahu paprika kan? papri juga termasuk dalam jenis palawija bernilai hemat tinggi. Harga palawija yang satu ini termasuk dalam kategori mahal. Di pasaran harga paprika bisa mencapai 50.000/kg nya, bahkan jikalau di jual di pasar modern harganya paprika hijau bisa mencapai 15.000 per Buah !. Bagaimana tertarik membudidayakan paprika?

Jahe

Nah yang satu ini merupakan tumbuhan multi fungsi yang kaya khasiat. Jahe umumnya dipakai sebagai bumbu memasak, namun selain itu jahe juga dikenal mempunyai sifat menyembuhkan. Jahe sudah usang dipercaya sebagai obat herbal untuk banyak sekali keluhan. Selain itu jahe juga sering dimanfaatkan untuk pembuatan minuman hangat menyerupai wedang jahe yang sangat digemari pada ketika isu terkini hujan. Dengan segala manfaat yang dimilikinya, tak heran jahe menjadi salah satu komoditi yang cukup menguntungkan.

Itulah beberapa jenis palawija yang menguntungkan untuk ditanam. Nilai hemat dari tanaman-tanaman tersebut bukan hanya dari harga jualnya, namun juga dari fasilitas perawatan dan waktu panen yang singkat. Tertarik menanam salah satu jenis palawija tersebut?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top