Cara menanam sawi hidroponik - Teknik penanaman hidroponik cukup terkenal di kalangan masyarakat karena metode ini tidak hanya bisa memaksimalkan hasil pertumbuhan tumbuhan yang lebih cepat tetapi juga tidak membutuhkan banyak ketersediaan lahan di rumah.

 Teknik penanaman hidroponik cukup terkenal di kalangan masyarakat karena metode ini tida Cara Menanam Sawi Dengan Wick System

Salah satu jenis sayuran yang cocok ditanam secara hidroponik yaitu sawi. Cara menanam sawi hidroponik bisa Anda lakukan dengan sistem sumbu yang juga dikenal sebagai metode hidroponik wick system. Metode ini manfaatkan sumbu sebagai mediator tumbuhan untuk mendapat nutrisi dari larutan nutrisi.

Cara Menanam Sawi Dengan Wick System (Sistem Sumbu)

Tanaman sawi mempunyai banyak jenis diantaranya yaitu sawi putih dan sawi hijau. Sawi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya yaitu baik untuk penderita diabetes.

Sawi yang ditanam memakai metode hidroponik tentunya akan jauh lebih sehat sebab anda bisa menanamnya sendiri sekaligus memastikan tidak adanya penggunaan pestisida.

Cara menanam sawi secara hidroponik dengan sistem sumbu tidak membutuhkan banyak biaya. Berikut paparan mengenai langkah-langkah menanam tumbuhan sawi secara sederhana dengan wick system.

Anda membutuhkan materi dan alat berupa botol bekas, paku, cutter, benih sawi, rockwool, larutan nutrisi hidroponik, dan sumbu yang bisa diperoleh dari sumbu kompor maupun kain flanel.

Pertama-tama, gunakan rockwool yang telah dipotong dan dibasahi sebagai media tanam benih sawi hidroponik hingga benih mulai tumbuh yang biasanya membutuhkan waktu satu hingga dua hari.

Sawi Dengan Botol Bekas

Botol bekas yang telah disiapkan dipotong menjadi dua bagian, yaitu belahan atas dan belahan bawah. Pada potongan botol atas, beri lubang di tempat leher sebagai tempat sirkulasi udara. Kemudian pada belahan tutup juga beri beberapa lubang kecil dan satu lubang di belahan tengah tutup botol.

 Teknik penanaman hidroponik cukup terkenal di kalangan masyarakat karena metode ini tida Cara Menanam Sawi Dengan Wick System

Masukkan sumbu dari kain flanel atau sumbu kompor melalui lubang tengah pada tutup tersebut. Setelah itu, masukkan potongan botol atas ke dalam potongan botol bawah dalam posisi terbalik sehingga belahan potongan botol bawah yang diisi dengan larutan nutrisi bisa disentuh oleh sumbu yang menjadi mediator nutrisi dengan tanaman.

Selanjutnya, benih sawi yang sudah mulai tumbuh pada media tumbuhan rockwool dimasukkan ke dalam belahan atas botol. Pastikan sumbu tidak hanya menyentuh larutan nutrisi tetapi juga menyentuh ujung bawah atau akar tumbuhan sawi.

Dengan menerapkan cara menanam sawi hidroponik sistem sumbu, sawi akan memperoleh nutrisinya dengan baik melalui sumbu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top