Tanaman Cabe dalam Pot atau Polybag

Tanaman Cabe - Anda mungkin atau niscaya pernah menanam cabai di rumah secara konvensional. Cabe merupakan komoditi yang dibutuhkan oleh setiap ibu-ibu di rumah untuk keperluan memasak. Tidak ada salahnya menanam cabai di rumah alasannya ialah sanggup mengurangi pengeluaran belanja, apalagi jikalau harga cabai di pasar sedang melonjak naik tak terkira. Kali ini kami akan mencoba share cara menanam tanaman hidroponik cabe sederhana dengan memakai pot yang sanggup diterapkan di rumah.

 Tanaman Cabe dalam Pot atau Polybag Cara Menanam Tanaman Cabe Sederhana

Tahap Awal Menanam Tananam Cabe Rawit

Langkah awal yang harus dilakukan ialah persiapan baik persiapan ilmu dan persiapan alat dan perlengkapan hidroponik. Langkah persiapan awal dalam menanam tanaman hidroponik cabai yaitu persiapan benih atau biji, penyemaian biji, transplanting, perawatan serta  pemberian nutrisi dan pembuahan.

Persiapan Benih Tanaman Cabe Rawit

Untuk menumbuhkan tanaman hidroponik cabai anda perlu benih Ada banyak varietas cabai yang tersedia untuk dipilih mulai dari cabai lokal ataupun cabai import. Tetapi untuk pemula dengan tingkat kesulitan relatif gampang dan tidak mau menunggu terlalu usang panen kami menyarankan memakai benih cabai rawit.  Jika anda ingin sedikit repot anda sanggup mengambil cabai rawit dapur pilih yang sudah matang sempurna, keluarkan bijinya kemudian jemur dengan cara diangin-anginkan saja hingga kering dan simpan selama beberapa hari di kawasan yang kering. Atau anda sanggup membeli bibit dari toko pertanian di lingkungan anda dan sanggup juga membeli secara online. Untuk membeli biji tumbuhan cabai hidroponik silahkan baca tipsnya di artikel ini Benih atau Bibit Tanaman Hidroponik.

Penyemaian Benih Tanaman Cabe

Setelah benih tumbuhan cabai hidroponik sudah anda terima langkah selanjutnya ialah penyemaian. Alat dan materi yang dibutuhkan dalam penyemaian biji cabai hidroponik yaitu

  • Benih cabe
  • Air hangat
  • Kain flanel atau kertas koran
  • Plastik
  • Netpot 
  • Rockwool

Langkah penyemaian biji cabai hidroponik ialah merendam biji/benih cabai di air hangat selama kurang lebih 10 menit. Ambil biji cabai yang karam saja untuk disemai. Selanjutnya biji cabai yang sudah diambil di letakan di atas lembaran kain flanel lembap atau koran yang telah dilembabkan. Lalu lipat kain atau koran tersebut dalam beberap lipatan dan masukan ke dalam plastik. Simpan dan tunggu beberapa hari. Dalam 3-5 hari biasanya biji sudah berkecambah. Ambil biji yang sudah berkecambah dan  pindahkan ke rockwool kemudian masukan ke netpot. Jika langkah penyemaian biji tumbuhan hidroponik cabai sudah dilakukan selanjutnya tahap transplanting.

video cara semai benih tumbuhan cabai hidroponik



Transplanting Tanaman Cabe 

Transplating ialah proses pemindahan bibit dari media semai ke pot atau media pertumbuhan. Benih cabai yang sudah disemai dalam media rockwool di dalam netpot harus di beri nutrisi hidroponik ABmix dengan takaran normal sayuran daun. Tempatkan benih di kawasan yang tidak kena cahaya matahari langsung. Secara normal benih akan tumbuh menjadi bibit dan muncul daun semu beberapa pasang kemudian beberapa hari berikutnya tumbuh daun sejati. Jika daun sejati sudah muncul maka bibit cabai hidroponik harus dipindahkan ke pot atau polybag.

 Tanaman Cabe dalam Pot atau Polybag Cara Menanam Tanaman Cabe Sederhana

 Tanaman Cabe dalam Pot atau Polybag Cara Menanam Tanaman Cabe Sederhana


Media Tanaman Cabe

Saat bibit sudah sanggup di pindahkan siapkan pot atau polybag ukuran sedang atau ukuran besar kemudian isi dengan media porous menyerupai sekam atau sekam bakar dicampur dengan hidroton, pasir kerikil, pecahan genting, zeolit gunakan saja salah satunya. Sistem penanaman sanggup memakai sistem wick, deep water culture atau sanggup juga pot / polybag biasa dengan penyiraman setiap hari.

Perawatan Dan Pemberian Nutrisi Hidroponik

Faktor penting dalam cara menanam tumbuhan hidroponik cabai ialah nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik. Nutrisi hidroponik sebagian besar berisi dengan gabungan NPK yang nitrogen, fosfor, kalium. Terlalu banyak nitrogen dan tumbuhan Anda akan menjadi semua daun dan buah tidak, tidak cukup dan tumbuhan Anda mungkin kuning dan layu. Anda tidak perlu repot alasannya ialah nutrisi hidroponik sanggup dibeli di toko pertanian atau via internet. Saat ini sudah tersedia nutrisi hidroponik khusus tumbuhan cabe. Yang perlu diperhatikan ialah takaran penggunaan nutrisi. Baca petunjuk pemakaiannya dan gunakan takaran yang sesuai dangan tahap pertumbuhan cabe.

 Tanaman Cabe dalam Pot atau Polybag Cara Menanam Tanaman Cabe Sederhana

Demikian informasi singkat wacana cara menanam tumbuhan hidroponik cabai sederhana. Semoga sanggup memberi manfat untuk anda semua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top