Palawija berasal dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti tumbuhan kedua. Tanaman kedua disini maksudnya ialah tumbuhan pengganti padi. Penanaman palawija dilakukan biasanya ketika sesudah panen padi dimana sawah mempunyai sedikit air. Palawija dipilih sebab tumbuhan ini termasuk jenis tumbuhan yang tidak perlu disiram setiap hari. Perawatan palawija sendiri tidaklah rumit, cukup menjaga dari serangan hama dan gulma saja palawija sanggup tumbuh dengan baik.

Namun tetap saja tingkat kesuburan tanah menjadi salah satu faktor untuk menentukan  hasil yang didapat ketika panen. Tumbuhan palawija pun beraneka ragam jenisnya, namun ada beberapa tumbuhan palawija yang umum ditanam untuk menggantikan padi.

Baca Juga : Jenis Tanaman Palawija Yang Menguntungkan

Macam-macam jenis tumbuhan palawija

Jagung

Jagung merupakan salah satu tumbuhan penghasil karbohidran selain dari gandum dan padi. Jagung banyak menjadi pilihan petani untuk palawija sebab gampang untuk ditanam. Untuk sanggup tumbuh, jagung memerlukan sinar matahari eksklusif serta tingkat kadar air yang tidak terlalu banyak. Selain itu jagung juga termasuk tumbuhan yang sanggup tumbuh diberbagai jenis tanah.

Perawatan yang cukup gampang serta seruan cukup tinggi dipasaran menciptakan jagung menjadi pilihan para petani untuk palawija. Penanaman jagung biasanya dengan cara menciptakan bedengan dengan parit-parit disampingnya. Hal ini dimaksudkan sebab jagung termasuk tumbuhan yang tidak bisa bertahan terhadap genangan air. Oleh sebab itu, bedengan dan parit akan menciptakan air mengalir dan tidak menggenangi batang jagung.

Kacang Hijau



Kacang hijau juga merupakan jenis palawija favorit sebab kaya akan manfaat serta nikmat ketika diolah. Selain untuk diambil bijinya untuk diolah menjadi bermacam-macam makanan, kacang hijau juga sering dibudidayakan untuk menjadi sayuran touge. Kacang hijau mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh.

Di Indonesia sendiri kacang hijau sering diolah menjadi bubur kacang hijau yang merupakan masakan yang sangat sering kita jumpai.

Kedelai



Kedelai temasuk jenis polong-polongan yang sangat sering dipakai untuk bermacam-macam materi makanan. Di Indonesia sendiri kedelai bisa dimanfaatkan sebagai materi pembuatan Tempe, Tahu dan kecap. Selain itu kedelai pun banyak diolang menjadi minuman sehat yang dikenal sebagai susu kedelai.

Pada 2013 kemudian harga kedelai dunia sempat melambung sangat tinggi, ini menciptakan banyak pengusaha tempe dan tahu mengalami kerugian bahkan melarat sebab tidak bisa membeli materi baku. Pemanfaatan kedeleai ialah dari bijinya, dan kedelai merupakan salah satu jenis masakan yang cukup digemari di Indonesia

Singkong



Singkong merupakan sumber masakan yang dijadikan materi pokok bagi beberapa daerah di Indonesia sebab kandungan karbohidratnya yang tinggi. Selain umbinya, flora singkong juga sering diambil daun mudanya untuk dijadikan sayuran. Tumbuhan yang bisa mencapai tinggi 7 meter mempunyai umbi yang sangat kaya akan karbohidrat tapi sangat miskin protein. Protein yang tinggi justru bisa didapat memalui pucuk daunnya.

Nutrisi daun singkong

Nutrisi Satuan Kadar
Protein gram 6.8
Kalsium mg 165
Fosfor mg 54
Besi mg 2.0
Vitamin A IU 11000
Vitamin C mg 275


Mentimun

Mentimun atau ketimun juga merupakan salah satu jenis palawija yang diambil buahnya. Tumbuham merambat ini biasanya dipanen ketika buahnya masih muda. Buah timun muda inilah yang biasanya dijadikan sayuran ataupun minuman. Mentimun sangat gampang dijumpai diberagam jenis hidangan-hidangan di Indonesia.

Selain itu mentimun juga banyak dimanfaatkan industri kecantikan sebagai materi bagu kosmetik.Mentimun bersifat mendinginkan dan juga membersihkan, yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, menyerupai magnesium, kalium, mangan, dan silika; menciptakan mentimun menjadi serpihan penting dalam perawatan kulit.

Oyong

Penanaman oyong biasanya dilakukan di pekarangan atau pada serpihan ladang yang tidak dipakai untuk tumbuhan lain. Oyong dipanen ketika buahnya masih muda dan diolah sebagai sayur.

Oyong dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Tak hanya berkasiat bagi diabetes, oyong juga sanggup menyembuhkan aneka macam penyakit seperti, Radang usus, asma sampai meningkatkan air susu ibu (ASI). Oyong juga dikonsumsi untuk mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi. Daging buahnya bisa digosokkan ke kulit untuk membuang sel mati. Namun manfaat ini belum diteliti terlalu jauh.

Untuk setiap 100 gram, oyong mengandung 1.09 g protein, 17 mg calcium,1.6 mg iron, 5.6 lU vitamin A, 7 mg vitamin C.

Kacang Panjang



Kacang panjang merupakan flora yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan ialah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini gampang didapati di daerah panas di Asia. Daunnya disebut dengan lembayung dan sanggup dijadikan sayuran hijau. Cara menanam tumbuhan kacang panjang ialah tanam eksklusif dengan memasukan 2-3 biji kedalam lubang sedalam 1- 2 cm kemudian ditimbun tanah, berbunga pada umur 30 hari dan mulai panen umur 45 hari.

Sebenarnya masih banyak jenis tumbuhan yang sanggup dikategorikan sebagai jenis tumbuhan palawija. Namun beberapa pola diatas ialah jenis tumbuhan palawija yang umun ditemui dan ditaman para petani. Beberapa jenis flora palawija pun tidak melulu ditanam ketika sesudah panen, terkadang banyak juga para petani yang menanam palawjia diantara flora padi mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top