Hidroponik dari botol plastik- Kalau berbicara mengenai teknik tanam hidroponik, maka tidak akan ada habisnya, lantaran teknik tanam yang satu ini mempunyai banyak sekali varian yang pastinya setiap varian mempunyai kelemahan dan keunggulan tersendiri.

Salah satu jenis teknik hidroponik yang pastinya sangat murah dan gampang untuk dipraktekkan yakni hidroponik dari botol plastik. Jenis tanaman yang sanggup anda tanam pada teknik hidroponik dari botol plastik ini antara lain selada, bayam, sawi, cabe, tomat dan lain sebagainya.
Keberadaan botol plastik kemasan air minum sanggup saja di anggap sebagai sampah oleh sebagian besar masyarakat. Namun, di tangan para orang yang mempunyai hobi berkebun, keberadaan botol minuman kemasan ini akan diubah menjadi media tanam untuk banyak sekali jenis sayuran. Tentunya dengan pemanfaatan barang bekas yang diterapkan dalam teknik hidroponik dari botol plastik semacam ini akan menunjukkan nilai dari barang bekas semakin berharga.
Bagi anda yang berniat untuk menerapkan teknik ini, maka sanggup mencoba beberapa langkah berikut ini.
Alat dan Bahan
·    Botol air minum kemasan 2 liter
·    Paku
·    Pisau
Cara Pembuatan
1.    Siapkan botol air minum tersebut dan potong menjadi dua bagian.
2.    Buatlah beberapa lubang pada tutup botol dengan paku.
3.    Lubangi leher botol dengan paku sebanyak empat kali secara merata.
4.    Tempatkan kepingan atas botol dengan posisi terbalik pada tubuh botol sehingga anda akan mendapati tutup botol menghadap dasar tubuh botol.
5.    Buatlah lubang pada tubuh botol dengan melihat batasan dari tutup botol yang akan difungsikan sebagai keluarnya air dikala over flow.
6.    Masukkan tanah yang dicampur dengan pupuk pada kepingan atas botol.
7.    Tanam beberapa biji tanaman pada wadah yang telah berisi tanah tersebut.
8.    Untuk menjaga kelembaban dari sinar matahari, maka anda sanggup mengecat dengan cat warna gelap pada sisi tubuh botol.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Supaya Tanaman Akan Tumbuh Dengan Baik
Ketika anda menerapkan teknik hidroponik dari botol plastik, maka anda harus memperhatikan banyak sekali hal demi mendapat hasil yang memuaskan. Hal yang perlu anda ketahui bahwa sebuah tanaman tersebut akan tumbuh dengan baik dikala anda tempatkan pada daerah yang cukup terkena sinar matahari, sehingga akan lebih baik bila anda berikan paparan sinar matahari secukupnya.
Selain itu, dalam teknik hydroponic dari botol plastik, anda juga harus memperhatikan penanaman tanaman yang mana akan lebih baik bila anda menanam bibit agak ke bawah mendekati lisan botol, sehingga akan menunjukkan peluang yang lebih besar dan cepat bagi akar tanaman untuk menyerap air nutrisi. Hal ini perlu dilakukan guna menghindarkan tanaman dari resiko mati.
Pada dasarnya, munculnya teknik hidroponik dari botol plastik semacam ini akan dimaksudkan untuk memanfaatkan banyak sekali barang bekas menyerupai botol air minuman. Selain itu, penerapan teknik ini juga menunjukkan fasilitas bagi mereka yang suka berkebun namun tidak mempunyai lahan yang luas. Dengan menerapkan teknik hidroponik dari botol plastik, maka anda akan tetap sanggup berkebun dan memanfaatkan banyak sekali barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top