CARA MENANAM / BUDIDAYA BUAH MULWO DI POT , Buah mulwo  ( Anona retiiculata L )  mempunyai nama yang berbeda disetiap tempat antara lain : srikaya doke ,srikaya susu,buah nona, buah unah, manowa,anano dan lainnya. Tanaman ini termasuk dalam keluarga tumbuhan srikaya ,mempunyai bentuk buah dan daging seakan-akan srikaya tetapi agak kecil dan berasa anggun . membudidayakan buah mulwo bisa dilakukan di kebun yang luas atau bisa juga di pot–pot atau drum dan timba bekas.
  




Berikut ini saya sampaikan cara menanam / budidaya buah mulwo di pot 

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain :

     1.   Pot yang besar / drum bekas

Pilih pot atau drum bekas yang besar yang memiliki diameter minimal 40 cm dan tinggi 50 cm ,karena tumbuhan mulwo ialah tumbuhan buah  yang memiliki perakaran yang besar lengan berkuasa dan banyak , sanggup berkembang besar maka memerlukan media tanam yang cukup luas ,maka pot yang besar  / drum bekas cocok untuk tempat menanam.


2.        Bokashi atau kompos

Bokashi atau kompos diharapkan untuk media tanam alasannya ialah mengandung unsur hara yang lebih lengkap  untuk pertumbuhan tanaman. Bokashi sudah tidak mengandung gas amoniak yang menyebabkan tumbuhan layu dan mati .


3.        Bibit mulwo



                
Bibit mulwo berasal dari biji buah mulwo yang sudah masak di pohon ,berwarna hitam ,di ambil dan di kumpulkan kemudian dijemur 2 hari kemudian disemaikan .atau membeli  bibit mulwo yang genjah bersertifikat dan terjamin kualitasnya , bibit ini sanggup diperoleh di sentra pembibitan,


4.        Bahan yang diharapkan lainnya :Air ,selang ,cangkul, furadan 3g.



Cara menanam / budidaya mulwo  di pot / drum bekas

Bokashi / kompos di campur dengan tanah perbandingan 1:1 ,kemudian tambahkan  Furadan 3g  4 sendok makan  atau tergantung jumlah tanah / bokashinya selanjutnya aduk dengan cangkul hingga bercampur merata .

Siapkan pot ukuran sedang /  besar atau drum bekas dan pada bagaian bawahnya di beri lubang untuk drainase. Selanjutnya masukkan bokashi bercampur dengan tanah kira –kira 20 cm kemudian dengan air siram hingga merata ,kemudian  masukkan bibit mulwo   dan jangan lupa lepas plastik polibagnya supaya pertumbuhan tidak terganggu, kemudian timbun dengan bokashi campur tanah hingga 40 cm selanjutnya siram merata padatkan dengan ditekan dan pasang tajuk di ikat dengan  tali supaya tumbuhan tidak bergoyang. 

Letakkan tumbuhan ditempat yang teduh selama 2 ahad ,kemudian sehabis tumbuh tunas  baru dipindah ke tempat terbuka , Bila menanam dengan bijinya ,masukkan / benamkan biji mulwo 3-4  biji  sedalam 3 cm kemudian tutup dengan tanah.


Perawatan tumbuhan mulwo

Penyiraman dilakukan tiap hari pagi atau sore hari ,agar tumbuhan tetap segar dan tercukupi kebutuhan airnya.penyiraman jangan terlalu banyak ,cukup berair saja  ,sedangkan jikalau telah tumbuh penyiraman dilakukan 2 hari sekali pagi atau sore hari.
 
Pemupukan dilakukan pada umur 2 bulan pupuk yang dipakai bisa pupuk cair organik atau  jenis NPK  100 gram per batang dan bokashi , pemupukan selanjutnya dilakukan 3 bulan sekali dengan takaran ditambahkan sesuai tinggi dan besar batang tumbuhan . cara pemupukan di buatkan parit melingkar dan ditutup kembali sehabis pupuk di berikan kemudian dilakukan penyiraman dan jangan lupa tambahkan bokashi.

 Pembersihan gulma dilakukan dua ahad sekali atau jikalau telah tumbuh tumbuhan pengganggu,sedangan pembubunan dilakukan saat tanah yang ada di batang tumbuhan longsor / tergerus akhir penyiraman

Pemangkasan dilakukan saat tumbuhan sudah rimbun kira –kira umur 2 tahun berfungsi untuk membentuk tumbuhan , supaya tumbuhan tidak terlalu tinggi bagain atasnya di potong  dan cabang yang tidak produktif di hilangkan.

Seleksi buah dilakukan untuk mendapat buah yang memiliki ukuran seragam yaitu mengurangi buah / membuang buah yang cacat atau terjangkit penyakit  dan juga yang padat bergerombol di kurangi.

    
                  

Hama dan penyakit mulwo

Hama yang menyerang antara lain lalat buah, kutu putih,cabuk ,ulat daun cara penanggulangan gunakan insektisida hayati .atau jikalau tidak bisa gunakan insektisida kimia materi aktif Imidakloprit ( Interprit, confidor ) sipermetrin ( buldog, )

Penyakit yang menyerang antara lain : jamur upas ,kanker batang ,busuk buah gunakan juga fungisida hayati atau kimia materi aktif iprodium, mancozeb.


Panen mulwo

Tanaman mulwo yang berasal dari perbanyak vegetatif ( cangkok , setek, sambung pucuk ) mulai berbunga umur 2 tahun dan 3,5 -4 bulan sudah masak dan dipetik atau tergantung perawatannya. Ciri –ciri buah yang telah masak ditandai dengan warna buah kekuningan ,buah terasa lunak ,beraroma harum. Cara panen dengan dipotong tangkai buah memakai gunting / pisau.
     


Demikian  cara menanam / budidaya buah mulwo di pot / drum bekas . semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top