CARA MENANAM / BUDIDAYA CABAI MERAH DI POT / POLIBAG , Cabai merah yaitu jenis tumbuhan hortikultura yang memiliki nilai irit yang tinggi ,tanaman ini dibudidayakan di sawah atau tegalan yang luas dan menghasilkan buah cabai merah yang melimpah , selain dibudidaya kan di lahan sawah atau tegalan ,tanaman cabai merah juga sanggup di budidayakan di pot –pot atau polibag dengan perawatan yang intensif dan sempurna , hasil panen juga sanggup melimpah.

                        
  

Selain itu bagi para penghobi tumbuhan yang tempatnya terbatas  juga bisa menyalurkan hobinya dan memenuhi kebutuhan bumbu rumah tangga dengan menanam di pot / polibag.

Berikut ini  cara menanam / budidaya cabai merah di pot / polibag

Bahan –bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.        Pot atau polibag
Sediakan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm biasanya berwarna hitam ,bisa juga memakai kaleng / timba bekas jika mengunakan kaleng / timba bebas ,bagaian bawahnya harus di lubangi untuk membuang air penyiraman (drainase ).


2.        Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos alasannya yaitu bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih baik yang di butuhkan untuk pertumbuhan,dan bokashi telah higienis dari gas amoniak  kotoran hewan.dengan bokashi petumbuhan tumbuhan sanggup cepat .


3.        Bibit cabai merah

                   
        

Pilih bibit cabai merah yang berkualitas baik, genjah dan sesuai impian ,bibit cabai merah bisa diperoleh di toko / kios pertanian ,atau menciptakan sendiri yaitu buah cabai merah yang matang di petik dan di potong belah dikeluarkan bijinya,lalu dijemur beberapa hari sehabis itu gres  bisa dipakai ,langsung di tanam atau disemaikan dahulu di persemaian untuk persemaian , lihat di cara menciptakan persemaian.            

4.        Air ,Furadan, selang ,sekop kecil, ajir / tajuk dan tali.


Menanam cabai merah di pot /polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 kemudian tambahkan furadan 3-4 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil hingga merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. kemudian siram dengan dengan air hingga merata. 

Selanjutnya ,benamkan benih /biji cabai merah   5-6  biji tiap pot /polibag sedalam 2 cm kemudian tutup dengan sedikit tanah. Atau jika memakai bibit yang telah disemaikan tinggal merobek polibag tapi tanah yang melekat pada akar jangan hingga lepas  kemudian tanah di lubangi selanjutnya bibit di masukan ,ditutup dengan tanah  dan ditekan untuk merapatkan .

            
                  

 Perawatan tanaman 

Penyiraman untuk tumbuhan yang masih gres dilakukan 2 hari sekali, kemudian jika telah bertunas baru, penyiraman dilakukan  5 – 7  hari sekali dan sehabis pemupukan.

Penyulaman dilakukan jika ada tumbuhan mati /dan penjarangan dilakukan jika tumbuhan terlalu rapat .

Pemupukan pertama dilakukan umur 2 ahad sehabis tanam ,gunakan pupuk Npk ½ sendok makan atau pupuk organik cair ½ tutupnya tiap polibag. Atau gunakan vietsin 1 sashet kecil untuk 1 polibag .Selanjutnya ,pemupukan dilakukan  2 minngu sekali untuk tabur dan 1minggu sekali untuk pupuk kocor /cair, takaran pemakain diubahsuaikan dengan tinggi dan besar tanaman.setelah pemupukan  dilakukan penyiraman merata.

Pembersihan rumput dilakukan 2 ahad sekali dengan mencabut rumput di sela –sela batang tanaman.

Pemasangan ajir / tajuk dilakukan jika tumbuhan tumbuh tinggi dan berbuah lebat biar tidak roboh ,bila di perkirakan tumbuhan cabai merah besar lengan berkuasa menopang  buahnya ,tak perlu dipasang ajir /tajuk ,perlu juga dilakukan penimbunan tanah pada akar biar kokoh.


Penanggulangan hama dan penyakit cabai merah

Hama penyakit ditanggulangi dengan insektisida hayati biar buah  sehat dikonsumsi atau jika sudah tidak bisa gres dipakai insektisida kimiawi.

Penyakit cabai merah jika masih tanda-tanda bisa diatasi dengan fungisida hayati dan jika serangan telah menyebar banyak gres gunakan insektisida kimiawi.

Panen cabai merah

Tanaman cabai merah mulai berbunga umur 1 bulan ,dan pada umur 2,5 bulan sudah mulai masak berwarna hijau kemerahan untuk jenis tertentu ibarat varietas Gada F1  sudah bisa dipanen .






Demikian cara menanam / budidaya cabai merah di pot / polibag  .semoga bermanfaat.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top