CARA MENANAM / BUDIDAYA JERUK MANIS DI POT, Menanan jeruk cantik selain di kebun yag luas atau lahan perbukitan juga dapat menanam di kantong kantong  pot /polibag, akan tetapi pot  harus lebar sebab tumbuhan jeruk yakni jenis tumbuhan tahunan semoga merawatnya atau proteksi pupuk dapat maksimal, tumbuhan jeruk dilahan perkebunan maupun di pot  juga dapat sama berbuah lebat, asalkan perawatannya maksimal.


        



Berikut ini hal yang perlu dipersiapkan dalam  menanan / budidaya jeruk cantik dipot .

bahan yang perlu disiapkan antara lain:


Pot

 Pilih pot / polibag yang ukuran besar yang berdiameter 50 cm dan tinggi minimal 75 cm sebab tumbuhan jeruk cantik dapat tinggi dan rindang  kalau pot /poliobnagnya kurang besar akan menghambat pertumbuhannya.



Bokashi / kompos sebagai media tumbuhan dipilih sebab memiliki nutrisi yang lengkap yang diharapkan tumbuhan untuk hidup dan berkembang.


Bibit jeruk cantik

Bibit jeruk manis  dipilih dari bibit yang unggul hasil dari perbanyak vegetatif ( cangkok , sambung pucuk ,tempel ) sebab memiliki keunggulan cepat berbuah ,dan  masih terjaga varietasnya. Pilih bibit jeruk cantik yang memiliki tinggi 1 meter.



                    



Keperluan lainya yakni cangkul ,air ,selang air, tajuk dan tali serta obat anti hama materi aktiof Karbosulfan ( Furadan ,Gentafur,dll)


Cara penanaman jeruk cantik

Bokashi dicampur dengan tanah ,perbandingan 2 : 1 ,yaitu bokashi 2, tanah 1, kemudian tambahkan Furadan 3g ke adonan tanah dan bokashi dengan dosis 50 gram aduk hingga bercampur merata ,selanjutnya masukkan ke dalam pot setinggi 50 cm, selanjutnya siram hingga lembap merah.
Langkah selanjutnya masukkan bibit jeruk cantik kedalam pot  sedalam 25 cm jangan hingga tanah diakar bibit lepas semoga tanaaman tidak strees dan timbun dengan tanah campur bokasi dan rapatkan dengan di injak llalu pasang tajuk dan ikat dengan tali semoga tumbuhan tidak bergerak.


Perawatan tumbuhan jeruk cantik

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tumbuhan yang masih gres ,kemudian sesudah hidup penyiraman dilakukan 2 hari sekali dan sesudah pemupukan.bila telah tumbuh tinggi penyiraman dilakukan 4-5 hari sekali tergantung kebutuhan airnya atau kalau tanah di pot / polibag terlihat kering.

Pemyulaman dilakukan kalau ada tumbuhan yang mati atau kerdil /kurang sehat ,yang terjangkit penyakit di ganti tumbuhan yang gres yang sehat.

Pemupukan pada tumbuhan yang masih masih gres  dilakukan 15 hari kemudian tambahkan pupuk yang memiliki unsur Nitrogen tinggi ibarat NPK /Urea 3 sendok makan tiap batang dan di campur dengan bokashi selanjutnya lakukan penyiraman. Untuk pemupukan selanjutnya umur 2 bulan ,juga tambahkan pupuk kimia semoga pertumbuhan dapat cepat, kalau sudah besar pemupukan dilakukan 4 bulan sekali gunakan pupk bokashi / kompos tambahkan pupuk cair kalau perlu.

Pemangkasan dilakukan untuk membentuk cabang yang ideal , buang cabang yang tidak perlu atau kurang sehat ,ini dilakukan kalau tumbuhan sudah tumbuh  dan bercabang banyak serta tidak teratur.

Penanggulangan hama dan penyakit ,ini perlu lakukan pengamatan semenjak dini lakukan pencegahan hama dan penyakit sebelum terjadi serangan yang parah. Untuk hama dan penyakit jeruk cantik baca di artikel sebelumnya.


Pemanenan jeruk manis

Tanaman jeruk cantik dapat dipanen dikala tumbuhan telah mulai masak di pohon 70 % cirinya buah sudah berubah warna dari hijau muda menjadi agak kekuninganan, pada tumbuhan jeruk cantik yang bibitnya berasal dari cangkokan  biasanya umur 1 tahun sudah mulai berbunga dan 6 bulan kemudian dapat dipetik. Untuk bibit dari sambung pucuk atau okulasi umur panen lebih panjang dari bibit cangkokan.



                                    




Demikian cara menanan / budidaya jeruk cantik di pot . Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top