CARA MENANAM / BUDIDAYA KENIKIR DI POT / POLIBAG, Kenikir atau Ulam Raja yaitu jenis tumbuhan perdu yang di manfaatkan daun dan batang mudanya untuk sayuran atau lalapan. Tanaman ini gampang di budidayakan di mana saja di daerah yang luas menyerupai sawah atau kebun ataupun yang tidak memiliki tanah yang luas , sanggup membudidayakan di pot-pot atau polibag untuk kebutuhan sayuran rumah tangga .Cara budidaya ada sedikit perbedaan menanam  disawah dan di pot / polibag.


                     
  


Cara menanam / budidaya kenikir di pot / polibag

 Bahan –bahan yang di butuhkan  antara lain :

1.         Pot atau polibag
Siapkan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm sanggup juga memakai kaleng / timba bekas.

                     



2.     Bokashi atau kompos
Siapkan bokashi atau kompos ,karena bokashi atau kompos mengandung unsur – unsur atau zat yang lebih lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman

3.     Bibit kenikir
Bibit kenikir diambil dari tumbuhan kenikir yang sudah tua, diambil bagaian bunganya kemudian di gosok –gosak dengan tangan biar bijinya terpisah dari kulitnya, kemudian ditempat kan di wadah, jemur 2 hari kemudian sanggup di tanam

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.



Menanam / budidaya kenikir di pot /polibag

Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 atau hanya bokashi saja lebih baik kemudian tambahkan furadan 2- 3 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil hingga merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Kemudian siram dengan dengan air hingga lembap merata.
Selanjutnya ,rendam dahulu bibit kenikir selama 2-3 jam biar cepat tumbuh ,selanjutnya penanaman ,sebarkan benih ke pot / polibag merata tak perlu di tutup tanah.

Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan 3 hari kemudian dengan pancaran air yang tidak deras biar biji tidak loncat,penyiraman selanjutnya 3-4 hari sekali.

Penjarangan dan penyulaman dilakukan kalau tumbuhan kenikir tumbuh terlalu rapat ,di pindah ke pot / polibag lain biar pertumbuhannya merata, umur pemindahan 1  ahad sesudah sebar benih atau tinggi tumbuhan sudah mencapai 3 cm ,pemindahan keadaan tanah harus lembap biar waktu di pindah tidak ada akar yang putus.

Pemupukan tumbuhan kenikir dilakukan 10 hari sekali ,untuk pemupukan pertama, tambahkan unsur N ( nitrogen ) biar cepat tumbuh berkembang, sesudah itu gunakan pupuk organik baik yang cair maupun yang homogen kompos. Lakukan penyiraman sesudah pemupukan biar cepat meresap.

Penyiangan dan pembubunan dilakukan 2 ahad sekali biar rumput tidak menggangu tumbuhan , serta pembubunan /menimbun tanah pada batang tumbuhan biar akar tumbuhan tidak kelihatan dan bekerja dengan baik.



        
       



Hama dan penyakit

,untuk menaggulangi hama dan penyakit gunakan insektisida dan fungisida hayati biar daun kenikir tetap sehat untuk di konsumsi.


Pemanenan daun kenikir

Daun kenikir sanggup di petik dikala daun sudah rimbun atau umur 35 hari dan tidak akan terganggu pertumbuhannya kalau dipetik. Tanaman kenikir sanggup dipanen selama berkali –kali tergantung perawatannya.


Demikian  cara menanam / budidaya kenikir di pot / polibag. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top