CARA MENANAM / BUDIDAYA POHON TURI, Tanaman Turi atau Sesbania grandiflora tumbuhan ini dipercaya berasal dari Asia Selatan atau Asia Tenggara dimanfaatkan bunganya untuk sayuran ,daunnya yang memiliki nutrisi yang tinggi untuk kuliner ternak .



         





Menanam atau membudidayakan sangat gampang ,bisa dilakukan disamping rumah atau di pinggir –pinggir sawah dan di manfaatkan bunganya untuk sayuran .

Berikut ini cara menanam atau budidaya pohon Turi

Persiapan lahan

Tanah digemburkan ( di buat bedengan jikalau menanam di sawah ) jikalau menanam di parit atau di pekarangan cukup di gemburkan saja dengan cangkul

Bibit Turi disiapkan
Bibit Turi berasal dari buah turi yang berupa polong bau tanah yang kering kemudian dikeluarkan bijinya dan dijemur beberapa hari supaya kering,setelah itu biji Turi siap di tanam.


                            





Penanaman pohon Turi

Siram tanah yang akan ditanaman dengan air hingga berair merata, kemudian buat lubang dengan tugal sedalam 5 cm,selanjutnya masukkan biji Turi 2 biji tiap lubang dan tutup dengan komposatau bokashi kemudian siram dengan air lagi .


Perawatan tanaman

Penyiraman dilakukan 2 hari sekali dan jikalau telah tumbuh penyiraman sanggup di kurangi di sesuaikan kebutuhan ( jikalau tanah terlihat kering).

Pemupukan perlu dilakukan untuk menciptakan tumbuhan vigor , gunakan pupuk sangkar atau kompos supaya tumbuhan berbunga banyak dan sanggup dimanfaatkan bunganya.

Pemangkasan dilakukan pada ranting yang kering  atau yang terjangkit penyakit .
Pemanfaat dari tumbuhan Turi.



              



Setelah tumbuhan tumbuh agak tinggi ,bunganya sanggup di petik tiap hari untuk sayuran,sedangkan daunnya untuk makanana ternak.


Demikian cara menanam/ budidaya  pohon Turi. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top