CARA MEMBUAT BIBIT JAGUNG MANIS SENDIRI, Bibit jagung cantik dari pabrik yang dikemas, memiliki berat sekitar 100 gram bila dihitung ada beberapa puluh biji saja dan bila ditanam hanya beberapa bedeng kecil. Untuk satu hektar lahan di butuhkan bibit jagung cantik sekitar 42-49 bungkus,kalau per bungkusnya 65rb ,bisa dihitung  sendiri uang yang dikeluarkan untuk bibit saja.


                                        



Kalau ketika panen harga jagung cantik pas tinggi ,pengeluaran untuk biaya tanam sanggup di tutup dan masih menerima keuntungan. Bila ketika panen harganya murah / jatuh akan terasa sekali kerugian yang di terima petani.

 Untuk solusi duduk kasus ini terutama bibit jagung cantik ,kita sanggup menciptakan sendiri bibitnya . Ada pengalaman sendiri yang tidak sengaja ketika itu, ketika jagung cantik harganya murah sekali, ( jenis Talenta )  pada ketika tumbuhan jagung cantik akan panen ,ditunda beberapa hari dan berasumsi bahwa harga jagung cantik akan naik, eh ternyata tidak naik –naik, sehabis dilihat buahnya , kok makin menyusut / kisut ,dan sehabis di tawarkan ke pedagang ,tidak mau membeli sebab ketika panen terlambat tiga hari dan buahnya sudah tidak segar lagi. Ya, sudahlah karenanya dibiarkan hingga bau tanah ,berfikir untuk makanan ayam saja dari pada dibuang.

Pada ketika tumbuhan jagung cantik umur 100 -an hari ,batang jagung ,klobot / pembungkus buah jagung telah kering dan biji jagung makin menyusut ,tanaman jagung cantik di panen dan dijemur di halaman rumah ,setelah kering di kumpulkan dan ditaruh disak/ dikarung dan untuk makanan ayam.

Beberapa bulan lalu ,pada ketika tanam jagung manis kekurangan bibit hampir 1 petak, dan teringat dirumah ada jagung cantik yang sudah kering maka di cobalah jagung masih hasil panen sendiri untuk ditanam di satu petak tadi, eh, ternyata sehabis tumbuh kok menyerupai dengan bibit kemasan pabrik, lalu dirawat menyerupai biasanya dan terus diamati hingga panen ,pada ketika panen diamati dan dibandingkan antara buah  dari bibit kemasan pabrik dan bibit dari panen sendiri, ternyata hasil nya tidak jauh berbeda ,mungkin hanya ada perbedaan sedikit pada buahnya yang sanggup penuh hingga menutup janggelnya.



                            



Setelah itu , aku menanam sendiri bibit jagung cantik untuk bibit , cara tanamnya harus di pisah dari tumbuhan jagung lainnya biar nanti bibitnya tetap murni tidak tercampur/ kawin silang dengan tumbuhan jagung lainnya. Kalo aku menanam bibit jagung cantik ini pada ketika tanam padi atau trend tanam padi , bibit jagung cantik ditanam di galengan / parit  . Setelah bau tanah dipanen dan dijemur hingga kering ,kemudian dipipil dan dicampur insektisida Mashall dan acrobat, sirkus ( materi aktif Dimertomorf ) lalu sanggup ditanam atau disimpan.lihat di http://bit.ly/2ovGlwp

Demikian pengalaman cara menciptakan bibit jagung manis  sendiri .semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Untuk lebih jelasnya sanggup lihat di http://bit.ly/2ovGlwp.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top