Di benua Asia, masyarakat Cina, jepang, India, dan Indonesia banyak yang memanfaatkan tumbuhan obat guna memenihu kebutuhan kesehatan. 

Menurut Kong (2003), sekitar 7300 spesies tumbuhan telah dimanfaatkan oleh masyarakat Cina sebagai obat tradisional.

Hal ini menimbulkan Cina sebagai Negara terdepan dalam pemanfaatan tumbuhan obat.

 dan Indonesia banyak yang memanfaatkan tumbuhan obat guna memenihu kebutuhan kesehatan Bunga Anggrek Tanaman Ini Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan & Kesehatan


Anggrek yakni jenis tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga Orchidaceae yang  telah    usang dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat antara lain Dendrobium, malaxis, Gastrodia, Bletilla, dan Anoectochillus. 

Beberapa genus tersebut telah dideskripsikan dalam buku Materia Medica yang ditulis di masa Kaisar Shen-Nung pada masa ke-28 SM.Bahkan, produk obat-obatan tradisional yang berasal dari Denrobium telah usang diperdagangkan di Cina.

Alasan Dendrobium dijadikan obat adalah  alasannya yakni menghasilkan banyak sekali senyawa metabolit penting, di antaranya yakni alkaloid.

Alkaloid yang  paling banyak dijumpai pada anggrek  jenis Dendrobium yakni C 16H 25O2N. Ekstraksi pada tumbuhan anggrek jenis ini sering dilakukan pada bab batangnya. 

Nobilonine, dendrine, dendroxime, dan dendramine yakni jenis metabolit lain yang ditemukan pada tumbuhan anggrek jenis ini.

Indonesia mempunyai  kekayaan tumbuhan yang sangat besar. Kekayaan spesies anggrek  yang ada di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia, jauh melebihi Cina. 

Salah satu spesies anggrek di Indonesia yakni anggrek merpati. Di Indonesia, anggrek merpati termasuk spesies yang tumbuh secara liar, namun banyak dijumpai sebagai tanaman  hias di rumah, kampus, sampai tepi jalan. 

Selain sebagai tumbuhan hias, potensi anggrek di Indonesia sanggup terus dikembangkan dengan cara mengoptimalkannya sebagai tumbuhan obat.

Anggrek Bermanfaat Untuk Kecantikan & Kesehatan
Khasiat yang terkandung di dalam anggrek sanggup dipakai sebagai materi baku dalam pembuatan produk kosmetik dan obat-obatan. Berikut yakni beberapa manfaat dari tumbuhan anggrek, baik sebagai obat herbal maupun untuk kesehatan dan kecantikan.

1.    Sebagai Simbol dan aroma Pengharum

Anggrek sering dipergunakan sebagai symbol dari  rasa cinta, kemewahan, dan keindahan. Bahkan, orang Yunani menggunkan anggrek sebagai symbol kejantanan. Sedangkan, orang Cina mempercayai bahwa anggrek yakni tumbuhan yang mengeluarkan aroma harum dari badan kaisar Cina.

2.    Bahan baku parfum

Ekstrak dari bunga anggrek sanggup dijadikan sebagai materi aroma dalam pembuatan minyak wangi

3.    Tanaman herbal
Beberapa masa yang lalu, anggrek mempunyai tugas penting dalam pengembangan tekhinik pengobatan herbal. Penggunaan anggrek sebagai obat telah dipakai dalam pengobatan tradisional guna mengobati banayk penyakit. Gastrodia elata merupakan satu dari tiga jenis anggrek yang tercantum dalam buku Materia Medica.

4.    Sebagai materi makanan
Vanili (Vanilla plafonia) merupakan anggota dari  suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini sanggup dimanfaatkan buahnya guna penyedap pada kue, pembuatan parfum, dan aromaterapi. Sedangkan, umbi dari anggrek Orchis mascula yang sudah dijadikan debu berguna untuk adonan bumbu dalam memasak. Sementara itu, daun kering dari anggrek jumellea fragrans sanggup diguanakn sebagai perasa pada minuman dan biasa dipakai di Pulau Reunion.

5.    Obat sesak napas

Guna mengatasi penyakit tuberculosis, bisul paru-paru, dan penyakit terusan pernapasan, gunakan ramuan obat dari materi tumbuh-tumbuhan, salah satunya yakni anggrek tanah (Bletilla striata). Bunga anggrek ini berwarna merah muda keunguan dan bertangkai panjang. Biasanya, anggrek tanah tumbuh diberbagai kondisi tanah.

6.    Sebagai obat kanker
Senyawa-senyawa aktif yang terdapat di dalam anggrek sanggup mempunyai kegunaan sebagai obat antikanker. Sedangkan, kandungan zat dendrobine dan alkaloid pada tumbuhan anggrek mempunyai kegunaan guna pengobatan impotensi dan menurunkan kadar gula darah (Bulpitt,2007).

7.    Sebagai antibiotik

Tanaman anggrek mempunyai kandungan zat yang cukup banyak. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa tumbuhan ini sanggup dimanfaatkan sebagai materi antibiotik yang bermanfaat bagi penyembuhan, contohnya sebagai penawar luka akhir serangan lebah.

Sumber: Tanaman-Tanaman Hias Ajaib untuk Kecantikan dan Kesehatan, Penulis Yusef N.  Jatmika,  Penerbit BUKUBIRU


Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di bab bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top