Cara Menanam Pohon Mangga 
Syarat penting yang harus diperhatikan sebelum menanam pohon mangga yaitu iklim dilingkungan yang akan ditanam buah mangga.

 Syarat penting yang harus diperhatikan sebelum menanam pohon mangga yaitu iklim dilingkun Cara Menanam Pohon Buah Mangga


Mangga sanggup tumbuh dengan baik di daratan rendah ataupun tinggi, kawasan panas atau dingin, kawasan yang sedikit hujan atau banyak hujan. Temperature dan curah hujan tertentu  sangat kuat terhadap produktifitas mangga.

Namun alangkah baiknya kita menanam pohon mangga ini sesuai dengan iklim yang dikehendaki pohon mangga tersebut.

1.    Temperature optimum
Mangga masih sanggup hidup dengan sehat pada temperature 4°C-10°C. Namun kondisi itu bukan temperature yang baik untuk pertumbuhan dan produksi.

Temperature pertumbuhan optimum untuk mangga berkisar antara 24-27°C.Pada kondisi ini pertumbuhan mangga sangat baik dan produktifitasnya tinggi.

Kalau temperature naik menjadi 46-49°C dengan disertai angin kencang, akan menimbulkan luka terbakar sinar matahari pada buah. Untuk mengatasinya, tepi perkebunan mangga yang sering ditiup angin ribut diberi tumbuhan pematah angin. Misalnya sengon maritim (Albizzia falcate Back).

Pada temperature 44°C dengan kelembaban 15% di tempat terlindug, daun dan buah mangga yang masih kecil akan rontok yang berkembang besar akan menjadi buah tidak berbiji.

Pada temperature 42°-44°C mangga masih sanggup hidup tetapi produktifitasnya rendah.

2.    Curah hujan
Banyak sedikitnya curah hujan mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan dan terbentuknya bunga atau buah. Kalau pada masa berbunga banyak turun hujan atau kabut, terbentuknya buah akan terganggu dan banyak gangguan penyakit.

Kalau tidak ada hujan pada animo bunga dan massanya buah mulai masak, mangga akan sehat dan produksinya jadi lebih baik.

Didaerah-daerah yang curah hujannya tinggi, mangga hanya akan membentuk daun saja. Tanaman tidka membentuk bunga sehingga tidka sanggup berbuah sama sekali.

a.    Pengaruh hujan terhadap bunga
Hujan pada waktu animo pembungaan pada mangga sanggup kuat sebagai berikut.
1)    Hujan lebat menimbulkan luka pada bunga atau malah merontokkannya.
2)    Air hujan akan mencuci butir-butir tepung sari sehingga jatuh bersama air hujan
3)    Selama hari-hari hujan serangga penyerbuk bermalas-malasan, tidak terbang mengadakan penyerbukan.

4)    Banyak hujan menimbulkan udara menjadi lembap. Dampaknya sanggup timbul serangan andal dari cendawan dan wereng pada bunga dan buah mangga.

3.    Ketinggian untuk tumbuhan mangga
Di kawasan tropis mangga sanggup tumbuh hingga kawasan pegunungan setinggi 1.300 m dpl. Namun pertumbuhan dan produksinya jelek.

Hasil terbaik , mangga di tanam di dataran rendah hingga pada ketinggian 500 m dpl.
Pembungaan mangga dipengaruhi  dari ketinggian tanah dari permukaan laut. Setiap naik 130 m, waktu pembungaan mangga akan tertunda 4 hari.

4.    Angin
Angin mempengaruhi produktivitas mangga. Adanya angin ribut akan mempercepat penguapan air dari tanah.

Air yang dibutuhkan banyak berkurang sehingga pertumbuhan mangga tidak sanggup optimal. Dampak lain, buah muda banyak yang rontok, cabang dan ranting banyak yang patah.
Kadang-kadang alasannya ialah kerasnya angin bertiup, pohon mangga sanggup tumbang.

Sumber: Bertanam Mangga, Penerbit: Penebar Swadaya

Kalau artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter dengan cara mengklik tombolnya di potongan bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya.


Budidaya jamur     Budidaya jamur tiram    Cara budidaya jamur    Budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya ajmur            budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        budidaya jamur        hama tumbuhan mangga        penyakit tumbuhan mangga        hama mangga        penyakit mangga        budidaya tumbuhan mangga        penyakit pohon mangga

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top