Dasar Pertanian - Pengertian budidaya ialah suatu kegiatan berkala dalam perjuangan pemeliharaan sumber daya alam hayati yang dilakukan di suatu tempat atau areal guna di ambil hasil atau panennya. Budidaya ini mempunyai banyak cabang, salah satunya ialah budidaya tanaman. Pengertian budidaya tumbuhan yaitu kegiatan pengembangan tumbuhan yang dilakukan pada suatu lahan pertanian maupun lahan yang sanggup dijadikan sebagai tempat menanam tanamanan tersebut. Makara maksudnya budidaya tumbuhan ini tidak harus dilakukan pada lahan pertanian yang luas, namun sanggup juga dilakukan dilahan sempit, sebagai misalnya budidaya dengan memakai sistem hidroponik.

Dalam budidaya tanaman, sudah niscaya akan berkaitan dengan dunia pertanian dan perkebunan. Ada banyak jenis tumbuhan budidaya yang sanggup dijadikan sebagai media untuk meraih kesuksesan. Menjadi petani merupakan suatu pekerjaan yang mulia dan sangat bermanfaat bagi semua orang. Coba saja kita bayangkan jikalau tidak ada petani yang menanam tanaman, kemudian dari mana bahan-bahan masakan ibarat padi, jagung, atau semua jenis sayuran, buah-buahan, bumbu dan lain sebagainya. Jelas tidak akan ada semua materi tersebut. Maka dari itu kita yang bukan petani harus menghargai jasa para petani dan mendukung kegiatan pemerintah terhadap pertanian di negara kita.

Budidaya tanaman ialah sutau kegiatan kasatmata yang tidak hanya berkhasiat sebagai media untuk meraih keuntungan, namun ada sisi lain yang sanggup kita rasakan dengan adanya budidaya tumbuhan ini, salah manfaat budidaya tumbuhan ialah sanggup mencegah polusi udara dan menciptakan udara menjadi sejuk. Jika lingkungan kita banyak tumbuhan hijau sudah tentu udara akan menjadi segar. Bisa kita lihat di tempat pedesaan yang belum banyak terkontaminasi polusi alasannya ialah banyaknya tumbuhan yang tumbuh dan dibudidayakan oleh masyarakatnya. Berbeda dengan tempat perkotaan yang semakin gersang, panas, dan berpolusi alasannya ialah tumbuhan sudah di musnahkan dan dijadikan area pemukiman, pabrik, dan lain sebagainya.

Mudah-mudahan masyarakat kita sadar dan memahami betapa pentingnya budidaya tumbuhan ini, sehingga mereka semua mau melaksanakan budidaya tanaman, baik tumbuhan hias maupun tumbuhan jenis lainnya yang bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top