Ada banyak laba yang bisa anda ambil saat bertanam dengan cara hidroponik. Selain sanggup memanfaatkan lahan terbatas, anda juga akan memanen tumbuhan hidroponik tersebut lebih awal. Dengan masa panen yang lebih cepat ini tentu saja sangat menguntungkan anda. Terlebih lagi jikalau yang anda tanam tersebut merupakan tumbuhan hidroponik bernilai hemat tinggi. Apabila anda benar dalam bertanam hidroponik tersebut tentunya anda akan untung berlipat ganda.


Tanaman hidroponik yang mempunyai nilai hemat tinggi ini mencakup aneka macam jenis sayuran, buah, dan bahkan tumbuhan hias. Akan menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan jikalau anda berhasil mengelola tumbuhan mahal cepat panen tersebut. Adapun cara bertanam hidroponik tumbuhan bernilai hemat tinggi ini sama menyerupai halnya bertanam hidroponik tumbuhan lainnya. Sedangkan jikalau anda ingin mengetahui apa saja tumbuhan hidroponik yang mempunyai nilai jual tinggi tersebut, pribadi saja simak tumbuhan hidroponik bernilai hemat tinggi berikut ini.

Tanaman Bernilai Ekonomis Tinggi


Dibawah ini ialah beberapa tumbuhan hidroponik bernilai hemat tinggi yang perlu untuk anda ketahui.

1. Melon


Melon ialah salah satu tumbuhan buah bernilai ekonomi tinggi yang bisa anda tanam secara hidroponik. Proses menanam melon secara hidroponik ini dimulai dengan menentukan bibit yang unggul. Setelah itu, anda lakukan pembibitan, penyemaian, dan penanaman. Setelah proses penanaman selesai, anda lanjutkan dengan proses sumbangan larutan nutrisi serta perawatan hingga buah melon iap dipanen.

2. Anggur


Anda sanggup menanam buah anggur secara hidroponik di pot (tabulampot). Dalam menanam buah anggur secara hidroponik ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Beberapa hal tersebut ialah tempat yang kering (25-31 derajat celcius), kelembaban udara 40-60 persen, dan intensitas matahari penuh di sepanjang hari. Tanaman buah anggur ini sanggup tumbuh di tempat yang mencapai ketinggian 1-800 mdpl. Fase panen buah ini akan terjadi sehabis 90-100 hari semenjak pembungaan. Adapun gejala buah anggur siap panen ialah warnanya telah merata serta butirannya yang gampang lepas.

3. Paprika


Jika anda memperlihatkan perawatan intensif saat melaksanakan budidaya paprika secara hidroponik, anda akan mendapat hasil pertanian 2,5 kg buah per tanaman. Hasil ini lebih banyak dibandingkan menanam paprika di tanah yang hanya bisa menghasilkan 1 kg buah per tanaman. Salah satu perawatan intensif yang bisa anda lakukan semoga mendapat hasil yang memuaskan tersebut ialah memperhatikan konsentrasi nutrisi hidroponiknya.

4. Timun Jepang


Timun Jepang merupakan salah satu jenis sayuran yang sulit untuk didapatkan. Jenis sayuran ini hanya bisa anda temukan di supermarket kota-kota besar. Sayuran berbentuk panjang berwarna hijau ini juga bisa anda tanam secara hidroponik. Adapun proses menanamnya sama menyerupai halnya menanam tumbuhan hidroponik lainnya. Untuk nutrisinya, anda bisa memakai larutan nutrisi hidroponik buatan sendiri dengan memanfaatkan materi organik di sekitar anda atau bisa juga mencampurkan pupuk organik yang telah siap pakai.

5. Tomat


Menanam tomat dengan cara hidroponik sangat gampang untuk dilakukan. Untuk memulai menanam tomat secara hidroponik ini, anda harus menentukan bibit tomat yang berkualitas baik. Bibit tomat ini bisa anda beli di toko pertanian terdekat anda. Dengan memakai bibit tomat unggulan tentu saja memudahkan anda untuk mendapat hasil panen yang memuaskan. Langkah selanjutnya ialah penyemaian. Anda semai benih tomat tersebut. Gunakan media tanam menyerupai halnya serbuk sabut kelapa dan jangan lupa berikan perawatan secara rutin hingga berumur hampir satu bulan. Saat itulah tomat telah siap ditanam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top