Teknik hidroponik banyak dipilih masyarakat yang mempunyai lahan terbatas. Pasalnya, teknik hidroponik ini sanggup dibentuk secara bertingkat sehingga tidak membutuhkan banyak lahan. Anda sanggup memakai teknik hidroponik ini untuk menanam banyak sekali sayuran dan juga buah. Tak hanya itu saja, hidroponik juga sering dipakai untuk menanam tumbuhan hias. Budidaya tumbuhan hias hidroponik ini gampang untuk dilakukan. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan pun gampang ditemukan.

Cara menanam bunga hidroponik sanggup anda lakukan di halaman depan, samping, maupun belakang rumah anda. Mengingat tak memerlukan lahan yang luas, anda sanggup menanam hidroponik di lahan manapun. Dibutuhkan ketelatenan kalau anda ingin melaksanakan budidaya tumbuhan hias dengan teknik hidroponik tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya tersebut, simak saja budidaya tumbuhan hias hidroponik pada ulasan berikut ini.

Budidaya Tanaman Hias Hidroponik


Berikut ini ialah budidaya tumbuhan hias hidroponik selengkapnya untuk anda.

  • Persiapan

Anda mulai budidaya tanaman hias secara hidroponik dengan menyiapkan media tanam serta tumbuhan hiasnya. Media tanam yang dibutuhkan yakni pot plastik, watu kecil-kecil, dan juga arang. Pemakaian pot plastik ini bertujuan agar pot tidak berkarat. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan nutrisi tumbuhan hias yang berupa nutrisi AB mix.

  • Penanaman

Langkah selanjutnya ialah proses menanam tumbuhan hias pada media tanam yang telah disiapkan. Caranya, anda posisikan tumbuhan hias pada pot plastik. Lalu susun watu kecil-kecil serta arang untuk menjaga tumbuhan hias tersebut agar tidak roboh. Setelah itu, siram larutan nutrisi yang terdiri dari adonan nutrisi A dan B pada pot plastik. Anda harus memastikan bahwa larutan nutrisi tersebut mencapai ketinggian sampai 4/5 tinggi pot.

  • Perawatan

Setelah semua langkah anda lakukan, sekarang anda hanya perlu melaksanakan perawatan. Dalam perawatannya, anda hanya perlu mengganti larutan nutrisi tersebut 1 bulan sekali. Selain itu, anda harus mengawasi pertumbuhan gulma (lumut, rumput) yang sanggup mengganggu pertumbuhan tumbuhan hias.

Jenis Tanaman Bunga Hidroponik


  • Anggrek

Anggrek termasuk jenis tumbuhan hias bunga yang sanggup ditanam dengan teknik hidroponik. Caranya, anda hanya perlu memindah anggrek pada media hidroponik dalam pot agregat yang berpori. Namun sebelumnya, pot agregat tersebut harus telah diisi dengan larutan nutrisi khusus anggrek.

  • Suplir (Adiantum)

Suplir termasuk jenis tumbuhan hias daun yang sanggup dikembangkan melalui teknik hidroponik. Lahan terbaik untuk menanamnya ialah lahan yang mempunyai sifat basah. Jika ditanam di lahan berair tersebut, suplir sanggup tumbuh dengan subur. Anda sanggup meletakkan suplir di dalam ruang sebab ia tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Jangan lupa untuk menawarkan larutan hidroponik pada wadah atau pot tumbuhan hias suplir tersebut.

  • Keladi Red Star

Jenis tumbuhan hias daun ini sanggup dibudidayakan secara hidroponik. Keladi Red Star membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga anda harus menempatkannya di luar ruangan dikala bertanam hidroponik. Jika anda meletakkannya di dalam ruang, warna daunnya sanggup berkembang menjadi pucat dan kusam.

  • Aglaonema (Sri Rejeki)

Aglaonema merupakan jenis tumbuhan hias daun yang sanggup anda tanam dengan teknik hidroponik. Saat menanam Aglaonema secara hidroponik, anda harus meletakkannya di luar ruangan agar mendapat pasokan sinar matahari dan udara yang cukup. Teknik perawatan dan pemeliharaan Aglaonema terbilang sulit. Apabila larutan nutrisi dan kandungan air pada medianya berlebihan, Aglaonema gampang bacin dan menjadi layu sampai kesudahannya mati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top