Dengan waktu panen yang lebih cepat, teknik bertanam hidroponik banyak digemari masyarakat. Teknik hidroponik menciptakan proses pertumbuhan tumbuhan menjadi sangat cepat sehingga sanggup dipanen lebih awal. Bertanam dengan menerapkan teknik hidroponik ini memakai air sebagai media utamanya dan tanpa membutuhkan tanah. sanggup digunakan untuk menanam bermacam jenis sayur dan buah, tak terkecuali dengan anggur. Tanam anggur hidroponik ini gampang untuk dilakukan.


Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menanam buah anggur secara hidroponik, diantaranya yaitu santunan nutrisi dan intensitas cahaya. Bagi anda yang ingin menanam anggur namun hanya mempunyai lahan yang terbatas, teknik hidroponik ini sangat sempurna untuk anda. Pasalnya, bertanam hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas. Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana menanam anggur dengan teknik hidroponik ini, simak saja cara tanam anggur hidroponik berikut ini.

Tanam Anggur Hidroponik


Berikut ini yakni cara tanam anggur hidroponik selengkapnya untuk anda.

1. Wadah


Ada beberapa hal yang harus untuk anda perhatikan dalam menentukan wadah sebagai kawasan tanam hidroponik. Beberapa hal tersebut yaitu wadah harus sanggup menahan tumbuhan anggur dan jangan gunakan wadah yang terlalu kecil. Selain itu, pilihlah wadah yang berwarna gelap serta tidak transparan supaya tidak ditumbuhi lumut. Sebaiknya anda menghindari penggunaan wadah yang memakai materi dasar besi. Hal ini dikarenakan memakai materi besi sebagai wadah media hidroponik akan membuatnya cepat berkarat yang nantinya juga akan kuat pada pertumbuhan tumbuhan itu sendiri.

2. Media Tanam


Isi wadah hidroponik dengan batu-batuan atau pasir. Batu-batuan ataupun pasir ini sanggup digunakan untuk menahan akar dan juga batang tumbuhan anggur supaya kokoh berdiri. Anda sanggup juga menambahkan arang untuk menjaga air tetap jernih serta menghilangkan bau.

3. Nutrisi Tanaman


Dalam menanam hidroponik, penting untuk melaksanakan santunan nutrisi pada tumbuhan yang akan ditanam. Dalam hal ini yakni nutrisi untuk buah anggur. Nutrisi tumbuhan yang dicampurkan dengan air sebagai media hidroponik sanggup anda buat sendiri dengan mudah. Anda sanggup menciptakan nutrisi tersebut dengan mencampurkan pupuk KCL, pupuk urea, pupuk NPK, dan pupuk daun kedalam air sebanyak 20 L. Bahan-bahan tersebut akan menjadi larutan kental. Anda sanggup melarutkannya kembali kedalam air sebanyak 100 L. Jika anda tidak mau repot membuatnya, anda sanggup membeli nutrisi tumbuhan tersebut di toko pertanian terdekat anda.

4. Pemilihan Bibit Tanaman


Budidaya buah anggur secara hidroponik akan menunjukkan hasil yang memuaskan jikalau anda sempurna dalam menentukan buah anggur yang akan ditanam nantinya. Setelah anda menentukan buah anggur unggulan, anda tempatkan buah anggur yang sudah dipindahkan tersebut pada media hidroponik yang telah disiapkan tadi. Langkah yang terakhir ialah anda hanya perlu merawatnya secara rutin.

5. Perawatan


Cara budidaya anggur biar cepat berbuah secara hidroponik selanjutnya ialah perawatan. Lakukan perawatan dengan mengganti nutrisi dan larutan air yang digunakan dalam media tanam hidroponik tersebut secara berkala. Kebutuhan nutrisi akan habis diserap oleh tumbuhan dan anda harus rutin mengganti nutrisi supaya tumbuhan tidak mati.

Hidroponik memanfaatkan media air untuk mengalirkan nutrisi. Hal ini berbeda dengan media tanah. Selain mengganti nutrisi, anda juga perlu membersihkan wadah yang digunakan supaya tidak gampang kotor dan rusak. Lumut maupun kotoran lain yang melekat pada wadah harus anda bersihkan. Jika tidak anda bersihkan maka akan menghambat perkembangan tanaman.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top