Bagi anda yang suka dengan tanaman hias tentunya tertarik untuk menanamnya. Adapun salah satu tanaman hias yang mempunyai banyak penggemar ialah bunga anggrek. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menanam bunga anggrek tersebut, salah satunya ialah dengan teknik hidroponik. ini tidak memerlukan tanah, melainkan memakai air yang bercampur nutrisi khusus sebagai media tanamnya. Cara menanam tanaman hidroponik anggrek ini tidak sulit untuk anda lakukan.


Dengan memakai teknik hidroponik ini, bunga anggrek anda akan terlihat lebih subur. Bahkan tanaman anggrek ini dapat lebih cepat berbunga. Alat dan materi yang perlu anda siapkan untuk budidaya tanaman anggrek secara hidroponik ini gampang untuk ditemukan. Anda bahkan dapat memakai barang-barang bekas yang sudah tak terpakai di sekitar anda. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja cara menanam tanaman hidroponik anggrek dibawah ini.

Cara Menanam Tanaman Anggrek


Tanaman hias terbilang gampang untuk ditanam secara hidroponik. Ada banyak tanaman hias yang dapat anda tanam secara hidroponik tersebut. Salah satu tanaman hias tersebut ialah bunga anggrek. Bunga yang dihasilkan oleh tanaman anggrek hidroponik ini akan lebih banyak kalau dibandingkan tanaman anggrek yang ditanam biasa. Anda pun tak membutuhkan waktu usang untuk melihat tanaman anggrek anda menghasilkan bunga. Berikut ini ialah cara menanam tanaman hidroponik anggrek yang perlu untuk anda ketahui.

Persiapan Alat dan Bahan


Alat dan materi yang perlu anda siapkan untuk melaksanakan budidaya tanaman anggrek diantaranya yaitu pelet tanah liat, nutrisi hidroponik khusus tanaman bunga, gelas plastik bekas atau yang lainnya, alat pelubang gelas plastik (paku, gunting), tatakan gelas, dan bibit bunga anggrek. Dalam menentukan benih bunga anggrek, anda harus benar-benar teliti. Jangan anda pilih bibit bunga anggrek yang rusak. Anda harus pandai-pandai menentukan bibit bunga anggrek unggulan. Anda dapat mendapat bibit bunga anggrek berkualitas di toko pertanian ataupun toko bunga terdekat anda.

Penanaman


Cara menanam anggrek media air selanjutnya ialah tahap penanaman. Sebelumnya, anda lubangi bab dasar gelas plastik bekas dengan memakai paku. Anda buat dua lubang secara sejajar dengan diameter sekitar 0,5 cm. Anda beri jarak antar lubang sekitar 5 cm. Selain bab dasar gelas tanam, anda juga perlu melubangi gelas tanam secara melingkar. Apabila lubang telah simpulan anda buat, selanjutnya anda masukkan media tanamnya. Adapun media tanam tersebut yaitu pelet tanah liat.

Anda masukkan materi tersebut ke gelas tanam tadi dengan ukuran setinggi lubang yang melingkari gelas tanam tadi. Lalu anda tanam bibit bunga anggrek ke gelas dalam posisi tegak. Setelah itu, timbun kembali memakai media tana, pelet tanah liat hingga semua bab akar anggrek tertutup. Anda kemudian letakkan gelas tanam di atas tatakan gelas. Beri air yang telah dicampur dengan nutrisi hidroponik. Tempatkan di daerah yang teduh.

Perawatan


Setelah anda melaksanakan tahap penanaman tanaman bunga anggrek, anda selanjutnya beralih ke tahap perawatan. Bunga anggrek tidak membutuhkan perawatan ataupun perlakukan yang khusus. Yang perlu anda lakukan ialah dengan mengusut larutan nutrisi yang ada di gelas tanam anggrek secara berkala. Apabila larutan nutrisi tersebut telah berkurang, anda harus segera memperlihatkan atau menambahkan nutrisi lagi ke dalamnya. Hal ini dilakukan biar tanaman anggrek yang anda tanam secara hidroponik ini tidak layu atau bahkan mati.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top