Sayuran - Sumber mineral dan vitamin yang sangat mempunyai kegunaan  untuk badan insan sanggup diperoleh terutama dari Sayuran (sayur mayur). Manusia tidak perlu mengkonsumsi sayuran terlalu banyak, sedikit saja sudah cukup. Zat vitamin dan mineral akan dibuang oleh badan jikalau jumlahnya berlebih. Pemenuhan kebutuhan sayuran yang dikomsumsi sehari – hari bias dilakukan secara gampang dan murah di pekarangan rumah. Caranya dengan menanam hidroponik sayuran di rumah.

Menanam hidroponik sayuran sanggup dilakukan di pekarangan rumah dengan lahan sempit sekalipun. Cara hidroponik sederhana sanggup diterapkan dengan keterbatasan lahan, alasannya yakni dengan hidroponik anda cukup menyediakan beberapa perlengapan sederhana, pupuk / nutrisi  dan yang utama yakni sinar matahari. Teknologi hidroponik sanggup menjadi solusi menanam beberapa jenis sayuran dengan mudah. Tanaman hidroponik sayuran yang cocok dan sanggup tumbuh optimal dengan cara hidroponik diantaranya sayuran sawi, kangkung, bayam, selada dan pakcoy. Tanaman ini tentunya merupakan sayuran yang umum dikonsumsi oleh masyarakat.

 Sumber mineral dan vitamin yang sangat mempunyai kegunaan  Teknik Menanam Sayuran

Beberapa Cara Menanam Sayuran 

Ada beberapa cara yang sanggup dipakai untuk menanam hidroponik sayuran di rumah. Mari kita simak di bawah ini.

Menanam hidroponik sayuran dengan system wick

Menanam  hidroponik dengan system wick yakni metode yang paling sederhana dan murah. Dengan beberapa perlengkapan sederhana Anda sanggup memulainya di rumah.  Untuk memakai teknik ini, perlengkapan yang diharapkan yakni botol plastic bekas air mineral, media tanam sanggup berupa cocopeat, sekam, spons  dan guntung atau cutter untuk menciptakan lubang, sumbu atau kain untuk menyerap nutrisi dan tentu air nutrisi anda sanggup memakai kain flannel.

Tahapan pembuatannya yakni sebagai berikut:

  1. Botol bekas di potong  menjadi  2 bagian
  2. Buat lubang di tutup botol untuk sumbu kain, pastikan lubangnya pas untuk menahan kain sumbu.
  3. Pasang sumbu yang menjulur dari atas hingga ke dasar botol, ini berfungsi untuk proses perembesan cairan nutrisi dari botol bab bawah ke media tanam
  4. Isi bab atas botol dengan  media tanam. Lalu masukan bibit yang sudah siap tanam.
  5. Isi bab bawah botol dengan air nutrisi, simpan botol di daerah yang terkena sinar matahari.
 Sumber mineral dan vitamin yang sangat mempunyai kegunaan  Teknik Menanam Sayuran

Menanam hidroponik sayuran dengan Sistem Kultur Air

Teknik ini yakni penanaman dengan memperlihatkan nutrisi hidroponik pada wadah yang digunakan, hal ini bertujuan semoga larutan nutrisi tersebut akan diserap oleh akar tanaman. Pada teknik ini akar tumbuhan sebagia dibiarkan terendam di dalam larutan nutrisi. Wadah yang dipakai biasanya berukuran besar menyerupai kolam misalnya. Cara menanam hidroponik sayuran ini sanggup anda jumpai pada banyak sekali jenis sayuran, menyerupai selada dan kangkung.

Penerapan skala kecil anda sanggup menggnakan wadah bak/ nampan plastic menyerupai pada gambar. Siapakan juga lembaran styrofoam atau sanggup diganti dengan lembaran kardus plastik. Untuk bibit tumbuhan gunakan net pot atau sanggup dig anti dengan cup es krim yg di lubangi di bab dasarnya. Media tanam gunakan spons atau rockwool.
 Sumber mineral dan vitamin yang sangat mempunyai kegunaan  Teknik Menanam Sayuran

Tahapan pembuatannya yakni sebagai berikut :


  1. Styrofoam/plastic dilubangi sesuai ukuran net pot, sesuaikan jarak tanamnya usahakan jangan terlalu rapat.
  2. Masuk air nutrisi kedalam wadah kolam aduk-aduk hingga rata
  3. Susun net pot yang sudah terisi bibit siap tanam pada lubang yang tersedia di styrofoam
  4. Tempatkan Styrofoam di atas bak, kemudian simpan di daerah yang terkena sinar matahari
  5. Jangan lupa untuk menyidik nutrisi dan aduk-aduk larutan setiap hari.
 Sumber mineral dan vitamin yang sangat mempunyai kegunaan  Teknik Menanam Sayuran

Menanam hidroponik sayuran dengan Nutrient Film Tehnique (NFT)

Konsep dasar sistem NFT ini yakni suatu metode budidaya tumbuhan dengan akar tumbuhan tumbuh pada lapisan nutrisi hidroponik yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tumbuhan sanggup memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Tanaman tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tumbuhan terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan pompa. Daerah perakaran dalam larutan nutrisi sanggup berkembang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga bab atas akar tumbuhan berada di permukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam, adanya bab akar dalam udara ini memungkinkan oksigen masih sanggup terpenuhi dan mencukupi untuk pertumbuhan secara normal.

Untuk menanam hidroponik sayuran dengan teknik NFT tidaklah gampang alasannya yakni diharapkan bermacam-macam peralatan teknik dan keahlian menggunakannya contohnya bor listrik. Teknik ini juga memerlukan ketelitian dalam menentukan kemiringan bed.  Hal ini akan menentukan berapa laju air dan juga tenaga pompa yang dibutuhkan. Teknik hidroponik NFT pernah diulas khusus silahkan baca selengkapnya di sini Cara Menanam Sistem NFT.

 Sumber mineral dan vitamin yang sangat mempunyai kegunaan  Teknik Menanam Sayuran

Walaupun terlihat rumit cara menanam hidroponik sayuran dengan NFT sangat efektif  bahkan di lahan sempit sekalipun. Ya teknk ini sanggup diterapakan pada sekali kecil, silahkan lihat gambar. Dalam ukuran kecil saja sanggup dibentuk banyak lubang bibit tananam yang tentunya panen yang didapat lebih banyak dibandingkan teknik lain.

Anda sanggup menentukan cara yang cocok dan sesuai dengan kondiri di rumah anda. Mulai bertanam hidroponik di rumah alasannya yakni bermanfaat dan sanggup berhemat. Demikian artikel wacana cara menanam hidroponik sayuran dirumah semoga bermanfaat bagi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top