Cara Bertanam Hidroponik 

Memiliki taman di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Tapi, bagaimana jikalau Anda tidak mempunyai lahan yang cukup untuk menciptakan taman? Jangan khawatir sebab ada cara yang gampang yaitu memakai cara bertanam hidroponik. merupakan cara bercocok tanam memakai media selain tanah. Media yang dipakai sanggup berupa cocopeat, sekam bakar, kerikil, pasir atau yang lain. Sedangkan untuk cara tanam hidroponik sanggup dilakukan di lahan yang kecil sekalipun memakai pot, bejana bekas atau botol bekas.
 Memiliki taman di rumah merupakan hal yang menyenangkan Tips Praktis Cara Bertanam Untuk Pemula

Bertanam hidroponik sangat cocok untuk tempat perkotaan, sebab minimnya lahan untuk berkebun. Manfaat dari konsep tanam ini yaitu ramah lingkungan dan ekonomis tempat. Jenis tumbuhan yang cocok untuk hidroponik yaitu jenis sayuran ibarat seledri, sawi, kol atau kangkung. Bahkan sanggup juga untuk menanam umbi-umbian ibarat wortel, ubi anggun ataupun kentang. Kemudahan cara bercocok tanam hidroponik juga harus diperhatikan dari segi perawatannya. Perhatikan pupuk yang digunakan, nutrisi dan media tanam hidroponik. Anda harus memastikan media yang dipakai terjaga porosnya sehingga tumbuhan sanggup menyerap nutrisi.

Langkah Bercocok Tanam Hidroponik

1. Menyemai benih

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cara bertanam hidroponik yaitu menyemai benih. Anda sanggup menentukan benih sesuai kebutuhan dan keinginan. Langkah pertama akan sangat menentukan hasil dari tumbuhan hidropinik Anda. Cara semai benih yaitu memakai wadah semai yang berbentuk ibarat plastik yang biasa disebut rockwool. Media semai ini sangat gampang dipakai dan menyerap air serta anti bakteri. Jika benih sudah cukup umur, sanggup dipindahkan ke media tanam hidroponik.

2. Membuat media tanam

Langkah berikutnya yang harus dilakukan yaitu menyiapkan media tanam hidroponik. Anda sanggup menentukan media dan wadah yang akan digunakan, ibarat botol bekas atau bejana bekas. Yang paling penting untuk diperhatikan yaitu poros pada media tanam biar tumbuhan gampang menyerap nutrisi. Jangan lupa beri poros dengan cara memberi lubang pada wadah tanaman. Anda sanggup melubangi dengan soldier atau paku. Pilih juga media tanam selain tanah yang sesuai dengan selera ada, media tanam hidroponik sanggup berupa pasir, kerikil, cocopeat, hidroton dan sekam. Gunakan media tanam sesuai dengan jenis tumbuhan hidroponik dan fase pertumbuhannya.

3. Nutrisi dan Perawatan

Pemberian nutrisi pada tumbuhan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Ada cara yang sanggup dipakai untuk tunjangan nutrisi. Ada sanggup memupuk tumbuhan hidroponik dua ahad sekali. Menyiram tumbuhan setiap pagi dan sore hari secara rutin juga sanggup menjaga pertumbuhan tumbuhan Anda. Agar tidak ingin repot, anda sanggup memakai sistem penyiraman wick dengan sumbu. Untuk perawatan sanggup dilakukan secara konvensional. Ada harus rajin membersihkan tumbuhan hidroponik dari hama dengan menyemprot dengan obat anti hama.Untuk memudahkan, gunakan saja pupuk atau nutrisi hidroponik yang banyak dijual. Anda sanggup membeli secara online dan sudah tersedia untk beraga jenis tumbuhan tertentu.

Itulah langkah untuk bertanam hidroponik yang lazim digunakan. Metode hidroponik sudah berubah menjadi lebih canggih namun Anda sanggup memulai dari cara yang sederhana. Anda sanggup praktekkan dengan mudah, bahkan perlengkapannya pun gampang didapat. Perlu diketahui bahwa cara menciptakan hidroponik juga sanggup dengan media air. Waspada dengan cahaya matahari dan suhu lingkungan untuk taman hidroponik. Selain memakai media yang gampang didapat, cara menciptakan tumbuhan hidroponik juga sanggup digantung ditembok.

Menanam tumbuhan hias ibarat bunga di tembok rumah sanggup menjadi hiasan unik sekaligus memperlihatkan kesan alam. Hal ini akan memudahkan anda yang tidak mempunyai lahan. Keuntungan lain yang sanggup didapat yaitu Anda sanggup menikmati hasil sayuran atau buah-buahan sehat tanpa pestisida. Apakah anda tertarik dengan cara beratanam hidroponik? Tidak ada salahnya untuk mencoba dan meningkatkan wangsit kreatif Anda.



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top