Pengertian Hidroponik 


Bagi anda yang hobi bercocok tanam tapi mempunyai lahan sempit, itu bukan masalah. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, maka ada tanggapan untuk memecahkan dilema lahan sempit untuk bercocok tanam yaitu dengan cara hidroponik. Hidoponik ialah teknik bercocok tanam yang memakai air tanpa media tanah. Dari pengertian hidroponik tersebut, Anda niscaya masih mempertanyakan  bagaimana konsep hidroponik. Beberapa manfaat yang sanggup didapat dari cara tanam hidroponik antara lain tumbuhan bebas dari hama, perawatan lebih mudah, tumbuhan cepat berkembang dan irit lahan tanam.

 Bagi anda yang hobi bercocok tanam tapi mempunyai lahan sempit Memahami Pengertian dan Prinsip Dasar Hidroponik

Metode bertanam hidroponik merupakan teknik penanaman yang gres di dunia pertanian. Belum begitu banyak masyarakat yang paham dengan konsep tanam ini. Seperti yang disebutkan di atas bertanam hidroponik tidak memakai tanah, melainkan memakai air, pasir, watu atau sekam. Tempat tanamnya juga memakai botol bekas, baskom bekas, poly bag atau pipa. Cara menanamnya terbilang mudah. Untuk mendapat tumbuhan yang tumbuh dengan baik maka daerah tanam harus diberi lubang sebagai alat nafas untuk akar tanaman. Perhatikan suhu dan cahaya matahari jenis tumbuhan hidroponik dihentikan terlalu banyak terkena sinar matahari alasannya ialah akan menghambat pertumbuhan tanaman. 

Jenis Tanaman Hidroponik 


Setelah diuraikan mengenai pengertian hidroponik, maka saatnya Anda tahu perihal tumbuhan hidroponik. Tanaman hidroponik ialah jenis tumbuhan yang cocok untuk ditanam di lahan kecil. Tanaman yang dipilih juga tidak sanggup sembarangan alasannya ialah jenisnya harus gampang berkembang di daerah yang sempit. Jenis tumbuhan hidroponik yang sanggup Anda tanam antara lain; buah-buahan. bagi Anda penikmat buah sanggup mencoba menanam jenis buah-buah menjalar pada hidroponik. Jenis tumbuhan menjalar tidak terlalu sulit untuk ditanamdan sangat cocok untuk konsep hidroponik yang tidak memakai tanah dan memanfaatkan lahan sempit. Jenis buah yang dimaksud menyerupai tomat, semangka, mentimun atau strawberry. Anda juga sanggup menanam sayuran, pilihlah jenis sayuran yang gampang ditanam untuk hidroponik menyerupai sawi, brokoli, bayam, kangkung, bawang, seledri dan beberapa jenis tumbuhan lain. 

Selain buah dan sayuran, Anda juga sanggup menanam tumbuhan hias. Memanfaatkan hidroponik untuk menghias rumah. Jenis tumbuhan hias yang cocok ditanam menyerupai kaktus, anggrek atau kristan. Pastikan, pilihlah jenis tumbuhan hias yang tidak terlalu besar alasannya ialah terbatas dengan lahan tanam. Konsep hidroponik sanggup menjadi jenis dekorasi yang unik alasannya ialah sanggup digantung di tembok rumah Anda. 

Bertanam hidroponik juga akan melatih kreativitas Anda. Ada sanggup bercocok tanam di waktu senggang dan tidak akan menyita waktu. Dari pengertian hidroponik yang telah diuraikan, Anda niscaya sudah paham bahwa perawatan yang dilakukan tidak akan sulit. Anda cukup menyiram tumbuhan hidroponik setiap pagi dan sore hari secara rutin serta menyiangi tumbuhan dari parasit. Keuntungan lain ialah hasil tumbuhan hidroponik terbebas dari pestisida. Anda tertarik dengan konsep tanam hidroponik? Selamat mencoba. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top