Gelombang cinta atau Anthurium yakni salah satu jenis tumbuhan hias yang banyak disukai sebab tampilannya yang indah. Nama tumbuhan hias ini sempat melejit dan bahkan harganya pernah mencapai ratusan juta. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang ingin membudidayakannya. Cara menanam gelombang cinta sanggup menerapkan teknik hidroponik. Cara budidaya tumbuhan hidroponik gelombang cinta ini sanggup dikatakan gampang bahkan untuk pemula sekalipun.


Gelombang cinta mempunyai peluang bisnis yang bagus. Tanaman hias ini sanggup tumbuh dengan baik di tempat tropis ibarat Indonesia. Perawatan gelombang cinta ini juga mudah. Anda tak perlu memperlihatkan perlakukan khusus pada tumbuhan hias yang satu ini. Tak heran jikalau banyak pemula yang telah berhasil membudidayakan jenis tumbuhan hias ini. Untuk anda yang ingin tau dengan bertanam hidroponik gelombang cinta ini, anda simak saja cara budidaya tumbuhan hidroponik gelombang cinta dibawah ini.

Budidaya Tanaman Gelombang Cinta


Berikut ini yakni cara budidaya tumbuhan hidroponik gelombang cinta selengkapnya untuk anda.

1. Persiapan


Sebelum anda melaksanakan bertanam hidroponik tumbuhan hias gelombang cinta tersebut, anda siapkan media tanam gelombang cinta, alat, dan juga tanamannya terlebih dahulu. Ketika menentukan tumbuhan hias gelombang cinta yang akan ditanam dengan teknik hidroponik, anda jangan hingga menentukan tumbuhan yang mempunyai batang terlalu tinggi. Pasalnya, dikhawatirkan nantinya tumbuhan akan gampang roboh. Perlu diingat, dalam bertanam hidroponik ini anda hanya memakai watu dan arang sebagai penyangga tumbuhan biar tidak roboh.

Sementara untuk alat yang dipakai yaitu pot atau wadah (bisa memakai baskom). Akan lebih baik jikalau anda memakai pot yang berbahan plastik dan juga transparan. Hal ini dilakukan biar wadah tumbuhan tersebut tidak gampang ditumbuhi lumut. Anda jangan memakai pot atau wadah yang berbahan logam. Pasalnya, saat terkena air dan panas akan membuatnya gampang berkarat. Hal ini tentu saja akan berdampak pada tumbuhan yang akan anda tanam.

2. Penanaman


Setelah menyiapkan semua alat maupun bahannya, sekarang anda beralih ke tahap penanaman. Dalam tahap ini, anda hanya perlu meletakkan tumbuhan hias gelombang cinta ke dalam pot yang telah anda siapkan tadi. Setelah itu, anda jepit atau pasok dengan memakai batu-batu kecil dan arang. Penggunaan arang ini mempunyai tujuan untuk menghilangkan aroma tak sedap dari nutrisi tumbuhan hias gelombang cinta. Setelah tumbuhan hias gelombang cinta bangkit dengan tegak dan kokoh, anda masukkan nutrisi tumbuhan hidroponik yang telah dilarutkan dengan air secukupnya.

Anda sanggup memperoleh nutrisi hidroponik khusus tumbuhan hias gelombang cinta di toko pertanian sekitar tempat tinggal anda. Selain membelinya, anda juga sanggup membuatnya sendiri. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan 1 kg pupuk urea, pupuk npk, pupuk kcl, dan juga pupuk daun ke dalam air sebanyak 20 liter. Anda campur semua materi tersebut hingga membentuk cairan yang kental. Setelah itu, anda larutkan kembali cairan kental dengan 100 liter air. Larutan nutrisi pun sudah siap digunakan.

3. Perawatan


Tanaman hias gelombang cinta tidak memerlukan perawatan yang khusus. Anda hanya perlu mengganti larutan nutrisi hidroponik tadi secara terpola atau sekitar 1 bulan sekali. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan pertumbuhan tumbuhan hias gelombang cinta dengan membuang daun-daun yang sudah mulai layu. Hal ini dikarenakan daun tumbuhan yang terlalu banyak tidak baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan tumbuhan itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top