Tanaman hias sanggup anda tanam dengan gampang memakai teknik hidroponik. Bertanam hidroponik ini memang telah terpercaya sanggup membudidayakan banyak sekali tumbuhan hias, baik indoor maupun outdoor. Tanaman hias hidroponik dalam ruangan itu sendiri terbilang agak sulit penanamannya dibandingkan tumbuhan hias hidroponik luar ruangan. Namun kalau anda telah berhasil budidayanya, anda akan sanggup percantik ruangan dengan tumbuhan indoor tersebut.


Ada banyak tumbuhan hias dalam ruangan yang sanggup anda budidayakan secara hidroponik. Adapun tumbuhan hias yang dimaksud tersebut antara lain sirih gading, garber daisy, peace lily, dan heart leaf philodendron. Cara membudidayakan tumbuhan hias dalam ruangan rumah tersebut cukup gampang dilakukan. Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidayanya, simak saja cara budidaya tumbuhan hias hidroponik dalam ruangan dibawah ini.

Budidaya Tanaman Hias Dalam Ruangan


Berikut ini yaitu cara budidaya tumbuhan hias hidroponik dalam ruangan selengkapnya untuk anda.

Persiapan


Sebelum melaksanakan penanaman tanaman hias dalam ruangan secara hidroponik, ada baiknya anda menyiapkan alat dan materi yang dibutuhkan terlebih dahulu. Adapun alat dan materi yang perlu anda siapkan tersebut antara lain media tanam, nutrisi hidroponik khusus tumbuhan hias dalam ruangan, alat pelubang gelas plastik (gunting, paku, atau yang lainnya), tatakan gelas, dan yang terakhir tentunya bibit tumbuhan hias dalam ruangan yang akan ditanam. Media tanam yang sanggup anda gunakan nantinya yaitu sanggup pelet tanah liat, gelas plastik bekas, atau sanggup juga media tanam yang lain.

Penananam


Setelah semua alat dan materi anda siapkan, selanjutnya anda lakukan penanaman. Namun sebelumnya, gelas plastik bekas yang akan anda gunakan untuk tanam tumbuhan hias dalam ruangan secara hidroponik harus dilubangi bab dasarnya. Anda sanggup melakukannya dengan memakai paku atau alat yang lainnya. Caranya cukup mudah. Anda buat dua lubang yang sejajar. Lubang tersebut anda buat dengan diameter masing-masing lubang kurang lebih sekitar 0,5 cm dan jarak antarlubang tersebut sekitar 5 cm.

Tak hanya bab dasarnya saja, anda juga perlu buat lubang yang mempunyai diameter sama dengan lingkar gelas tanam. Jika lubang telah selesai anda buat, selanjutnya anda masukkan media tanam berupa pelet tanah liat ke dalam gelas tanam yang sudah anda lubangi tadi dengan ukuran hingga setinggi lubang yang dibentuk melingkari gelas tanam. Setelah tahap tersebut, anda tanam bibit tumbuhan hias dalam ruangan dalam gelas. Tanam bibit tersebut dengan posisi tegak.

Setelah ditanam, anda timbun kembali dengan media tanam pelet tanah liat hingga seluruh bab akar tumbuhan hias dalam ruangan tersebut tertutup. Selanjutnya, anda tempatkan gelas tanam tumbuhan hias dalam ruangan tersebut di atas tatakan gelas. Kemudian anda beri air yang sudah dicampur dengan nutrisi hidroponik khusus tumbuhan hias dalam ruangan ke dalam gelas tanam tersebut. Anda letakkan pada daerah yang teduh serta hindari dari sinar matahari secara eksklusif hingga beberapa hari agar tumbuhan hias dalam ruangan sanggup beradaptasi.

Perawatan


Setelah anda berhasil melaksanakan proses penanaman, sekarang anda lanjutkan ke tahap perawatan. Lakukan perawatan pada tumbuhan hias dalam ruangan hidroponik tersebut dengan cara mengusut larutan nutrisi yang ada di gelas tanam tumbuhan hias dalam ruangan secara rutin. Jika larutan sudah mulai berkurang, segera anda beri larutan nutrisi kembali. Pada dasarnya, cara merawat tumbuhan hias dalam ruangan hidroponik ini terbilang gampang dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top