Selada hidroponik merupakan sayuran yang gampang ditanam dan cepat panen. Selada hidroponik bisa dipanen dalam waktu 30 hari. Kebutuhan sayur selada ini juga sangat banyak, mulai untuk lalapan di restoran ataupun untuk sayur isi hamburger dan kebab yang dijual di pinggir jalan. Namun sayangnya banyaknya kebutuhan selada ini kurang diimbangi dengan adanya stok sayuran selada untuk memenuhi kebutuhan sayur selada di pasaran.

Saya sering menjumpai ketika berjalan-jalan ke sebuah departemen store, di kepingan sayuran terdapat selada yang jumlahnya sedikit dan kualitasnya pun kurang bagus, aneka macam bercak-bercak coklat dan hitam pada kepingan daunnya.
Hidroponik merupakan sistem menanam sayur yang kini mulai menjamur di seluruh pelosok negeri. Hidroponik sudah banyak berkembang namun masih sedikit yang menggunakannya untuk mensuplai sayur di pasaran. Selada bisa ditanam dengan sistem hidroponik, dan yang paling gampang ialah dengan memakai sistem NFT.

Untuk memulai bisnis selada hidroponik, langkah pertama Anda harus menyiapkan lahan untuk menanam hidroponik. Jika anda tidak mempunyai lahan yang luas anda bisa berhubungan dengan beberapa teman Anda untuk menanam sayur selada ini di halaman rumah mereka. Yang paling penting ialah Anda harus bisa menciptakan siklus panen selada sehingga tidak pernah putus.

Biasanya alasannya ialah selada berumur sekitar 4 Minggu maka paling gampang ialah membagi lahan menjadi 4 kepingan bagian. Pertama ialah persemaian selada, kemudian kepingan kedua ialah pada ketika umur selada memasuki ahad kedua yaitu ketika selada mulai tumbuh. Kemudian kepingan yang ketiga ialah ketika selada memasuki umur ahad ke-3. Yang terakhir ialah ketika selada memasuki masa panen yaitu Minggu ke-4. Minimal Anda bisa memanen selada seminggu sekali itu sudah cukup untuk memulai bisnis selada.

Kemudian hal yang perlu diperhatikan lagi ialah pengemasan sayur selada. Produk yang dikemas dan yang tidak dikemas mempunyai harga jual yang berbeda, untuk itu Anda harus menciptakan kemasan khusus untuk produk selada anda. Kemasan harus tertuliskan nama kebun anda, nomor kontak anda, dan yang paling penting harus tertuliskan bahwa itu ialah selada hidroponik non pestisida.
Tentang marketing, yang paling sederhana ialah mengatakan sampel atau teladan selada kepada teman Anda ataupun tetangga anda. Pemasaran jenis ini sudah banyak yang berhasil, namun sekali lagi anda harus mengatakan sampel selada anda di dalam kemasan yang bertuliskan nama kebun anda dan nomor kontak anda.

Selanjutnya marketing di sosial media. anda bisa mengatakan isu perihal keunggulan selada hidroponik ke sosial media. Setelah anda mengatakan informasi, anda bisa mengatakan produk Anda. Kunci sukses dari marketing ialah acara yang bersiklus dan tidak pernah putus. Anda harus konsisten melaksanakan penawaran setiap hari melalui sosial media, ataupun eksklusif kepada calon pembeli anda. Sekali lagi acara marketing dilarang putus dan menyerah, Anda harus melakukannya secara terjadwal.

Analisa Usaha Selada Hidroponik untuk 1 kali masa panen

Aset
Pembuatan NFT 100 titik tanam x 4 lahan x @ 1.500.000 = 6.000.000

Pengeluaran 1 kali panen
Listrik 1 bulan x 4 lahan x @ 25.000 = 100.000
Benih dan rockwool 1 kali masa panen = 100.000
Nutrisi AB Mix 1 kali masa panen = 90.000
Kemasan = 100.000
TOTAL =  390.000

Pemasukan 1 kali panen
Penjualan 400 selada x @ 3.000 = 1.200.000

Keuntungan 1 kali panen = 810.000

Catatan :
  • Tenaga untuk menanam, perawatan, dan marketing tidak dihitung biayanya, alasannya ialah dianggap memakai tenaga sendiri.
  • Penghasilan berbeda-beda tergantung kondisi pasar masing-masing tempat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top