musim hujan, sanggup saja pohon tumbang dan mengakibatkan kerusakan pada area sekitarnya baik bangunan, kendaraan maupun keselamatan jiwa.

Masalah lain dari keberadaan pohon besar biasanya yakni sampah yang awut-awutan dari dedaunan sehingga sanggup menyumbat drainase, serta akarnya yang menjalar yang mungkin sanggup merusak bangunan sekitarnya. Walaupun sebaiknya kita merawat dan menjaga pohon biar senantiasa bermanfaat, namun ada kalanya kita tidak punya pilihan lain selain menyingkirkan pohon besar tersebut. Nah untuk sanggup menyingkirkan pohon besar tanpa harus menebangnya, berikut langkah-langkahnya.

 dengan ukuran besar memang bukanlah suatu perkara yang gampang Cara Mematikan Pohon Yang Besar Tanpa Harus Menebangnya

Cara Membunuh Pohon Besar Tanpa Harus Ditebang

Mematikan pohon besar dengan tidak menebang sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara. Namun pada artikel kali ini saya akan berikan cara mematikan pohon besar dengan memakai racun/herbisida.
Herbisida sendiri yakni racun kimia yang biasanya dipakai untuk pembasmi  gulma maupun tumbuhan pengganggu. Herbisida tergolong cukup gampang ditemukan, hampir sebagian besar toko pertanian menjual Herbisida dengan banyak sekali merk.

Alat dan Bahan yang diharapkan :

  • Air
  • Herbisida
  • Ember
  • Kantong 
  • Plastik
  • Tali/karet pengikat
  • Pisau

Langkah-langkan untuk membunuh pohon dengan Herbisida

  1. Siapkan air didalam baskom sebagai materi adonan Herbisida. Takaran untuk pencampuran sanggup diadaptasi dengan label yang tertera pada kemasan. Mungkin akan ada sedikit perbedaan dari masing-masing brand Herbisida.
  2. Setelah dicampur dengan air dan diaduk rata, cairan ini sudah sanggup diaplikasikan untuk mematikan pohon besar.
  3. Ambil kantong plastik kemudian tuangkan cairan Herbisida kedalamnya hingga terisi kira-kira setengah bagian. Cairan ini sanggup didiamkan terlebih dahulu dengan menyimpannya di kawasan yang kondusif dan jauh dari jangkauan anak-anak.
  4. Langkah selanjutnya yakni dengan menggali tanah disekitar akar pohon hingga terlihat akar dari pohon yang akan diracun. Pilihlah akar dengan ukuran kecil kemudian potong akar tesebut.
  5. Akar yang sudah terpotong tersebut selanjutnya dimasukan ujungnya kedalam plastik yang sudah berisi cairan Herbisida. Pastikan ujung potongan akar terendam dengan baik kemudian ikat ujung plastik dengan karet/tali untuk mencegah cairan tumpah dan terbuang.
  6. Untuk mempercepat proses ulangi langkan ke 4 dan ke 5 pada bagian-bagian akar pohon yang lain.
  7. Akar pohon yang terpotong tersebut nantinya akan menyerap cairan Herbisida dan menyalurkannya ke seluruh penggalan pohon tersebut. Proses inilah yang akan mematikan pohon besar sebab racun yang terkandung dalam Herbisida.
  8. Setelah beberapa hari, anda akan melihat pohon tersebut perlahan akan mati. Hal ini ditandai dengan daun-daun yang muai menguning dan berguguran. Proses ini akan terus berlangsung hingga pohon benar-benar mati.
Cara lain yang sanggup dipakai untuk mematikan pohon besar yakni dengan menyuntikan pribadi cairan Herbisida kedalam batang pohon. Cara ini dilakukan dengan menciptakan lubang pribadi pada batang pohon dengan dibor. Lubang-lubang itulah yang natinya akan disuntikan cairan Herbisida yang akan diserap pribadi oleh batang pohon.

Baca Juga : Insektisida alami untuk tanaman

Walau bagaimanapun, menebang/membunuh pohon bukanlah perbuatan yang bijak. Sejatinya pohon yakni salah satu makhluk yang banyak menawarkan manfaat kepada makhluk lainnya. Mulai dari memproduksi oksigen biar udara menjadi lebih segar, maupun sebagai  pelindung dari panasnya sinar matahari. Langkah-langkah dalam mematikan pohon besar tanpa ditebang ini hanya boleh dilakukan kalau memang sudah tidak ada pilihan lain selain menyingkirkan pohon tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top