Membasmi hama dengan pestisida alami merupakan salah satu teknik ampuh yang bisa dilakukan oleh para petani atau pecinta acara berkebun dalam menanggulangi hama tanaman. Penggunaan pestisida alami semacam ini sangatlah aman, mengingat semua materi yang dipakai berasal dari materi alami tanpa adanya adonan materi kimia berbahaya.

Pestisida Organik untuk Menanggulagi Hama

Perlu anda ketahui bahwa jenis pestisida alami semacam ini termasuk pestisida yang gampang terurai di alam (biodegradable), sehingga pemakaian yang benar tidak akan menjadikan pencemaran.
Untuk membasmi hama dengan pestisida alami, maka anda bisa memakai limbah yang berasal dari air kencing sapi yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Penggunaan air kencing sapi dalam membasmi hama dengan pestisida alami ini dikarenakan kandungan nitrogen, fosfor, kalium dan airnya bisa untuk membasmi hama tanaman.
Selain itu, penerapan cara membasmi hama dengan pestisida alami dengan urine sapi ini juga akan menjadikan tumbuhan tumbuh subur. Untuk lebih jelasnya perihal membasmi hama dengan pestisida alami anda bisa menerapkan cara berikut ini.
Bahan
·    20 liter urine sapi
·    1 liter tetes tebu
·    Bakteri decomposer menyerupai EM 4, Mbio
·    0,5 kg empon-empon (lengkuas, kencur, kunyit, temuireng, brotowali, jahe)
·    1 gelas air rendaman kedelai
·    4 liter air
Cara Pembuatan
1.    Siapkan semua empon-empon kemudian tumbuk keseluruhannya sampai lembut
2.    Masukkan Dalam panci yang ditambah air dan masak tumbukan empon-empon dengan air selama beberapa menit sampai air mendidih
3.    Angkat dan tunggu sampai rebusan empon-empon menjadi dingin
4.    Campurkan dengan tetes tebu, urine sapi dan rendaman kedelai
5.    Aduk seluruh materi sampai rata
6.    Masukkan adonan tersebut ke dalam sebuah jerigen dan tutup jerigen tersebut
7.    Simpan jerigen di kawasan yang kondusif selama 3 minggu
8.    Pastikan untuk membuka tutup jerigen 3 hari sekali untuk membuang gas yang terkumpul dalam jerigen
9.    Setelah 3 minggu, pestisida alami bisa digunakan
Perlu anda ketahui bahwa penerapan cara membasmi hama dengan pestisida alami dengan urine sapi ini mempunyai takaran takaran yang berbeda untuk setiap tanaman. Ketika anda ingin membasmi hama pada tumbuhan padi, maka penyemprotan pada tumbuhan bisa anda lakukan ketika padi berusia 14 – 21 hari sesudah proses penanaman yang dilanjutkan 45 hari kemudian sesudah tanam.
Sedangkan bagi anda yang mempunyai tumbuhan hortikultura dan ingin membasmi hama dengan pestisida alami, maka penyemprotan bisa dilakukan ketika tumbuhan berusia 14 – 21 sesudah penanaman dan diteruskan ketika tumbuhan mencapai ekspresi dominan bunga.
 Pengaplikasian untuk pestisida semacam ini bisa pribadi disemprotkan pada tumbuhan tanpa dicampur dengan materi lain. Dengan cara membasmi hama dengan pestisida alami semacam ini, maka hama tumbuhan anda akan segera mati dan tumbuhan tumbuh subur.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top