Penggunaan greenhouse ketika ini sudah sangat luas untuk diterapkan dalam dunia pertanian. Greenhouse itu sendiri merupakan sebuah sebuah bangunan yang terstruktur yang dibentuk dengan mempertimbangkan aneka macam faktor yang mencakup suhu, kelembaban, intensitas cahaya, ventilasi, irigasi serta beberapa faktor lainnya.

Penerapan teknik hidroponik dalam greenhouse untuk menanam aneka macam macam sayuran semacam ini ternyata memperlihatkan laba dan kelebihan sebagai berikut.

Kelebihan hidroponik dalam greenhouse
Pada dasarnya, keputusan beberapa petani yang menerapkan greenhouse sebagai sarana penunjang untuk menerapkan teknik hidroponik, di dasarkan atas manfaat yang ditawarkan oleh greenhouse sebagai berikut.

a.    Hasil produksi yang meningkat
Hidroponik dalam greenhouse memperlihatkan manfaat yang sangat besar bagi petani lantaran dalam prakteknya, segala tumbuhan yang ditanam dalam greenhouse akan berada di bawah control pemiliknya, sehingga ketika tumbuhan kekurangan unsur hara, pemilik tersebut akan melaksanakan tindakan demi menjaga keseimbangan unsur hara tersebut. Dengan menerapkan cara ini, maka hasil panen juga akan meningkat.

b.    Kualitas produksi yang jauh lebih baik
Ketika anda menerapkan sistem hidroponik dalam greenhouse, bisa dipastikan bahwa tumbuhan yang anda miliki akan terhindar dari sinar ultra-violet, kelebihan suhu, atau polutan. Hal ini dikarenakan bahwa pinjaman nutrisi serta perawatan yang yang terencana memperlihatkan dampak positif pada peningkatan kualitas produksi tumbuhan anda.

c.    Mengurangi penggunaan pestisida
Ternyata, hidroponik dalam greenhouse ibarat ini juga memperlihatkan manfaat dari segi peminimalisiran penggunaan pestisida yang dipakai untuk menjaga pertumbuhan tanaman. Dengan memakai greenhouse, maka anda bisa memasang insec-screen pada dinding greenhouse sehingga kutu loncat ataupun kutu daun tidak bisa masuk ke dalam greenhouse.

d.    Sebagai sarana agrowisata
Perlu anda ketahui bahwa di beberapa tempat yang mencoba memakai teknik hidroponik dalam greenhouse semacam ini bisa dijadikan sebagai lahan bisnis agrowisata. Dalam hal ini, greenhouse bisa anda jadikan tempat untuk akal daya aneka macam tumbuhan langka yang mencakup tumbuhan anggrek, buah dan beberapa tumbuhan lainnya.

Kekurangan hidroponik dalam greenhouse
Dari sekian banyak laba yang ditawarkan oleh penerapan teknik tanam hidroponik dalam greenhouse, ternyata ada beberapa kerugian yang pastinya harus dipertimbangkan juga. Dalam hal ini, kerugiannya mencakup biaya pembuatan yang sangat tinggi, lantaran materi pembuatnya yang sangat mahal. Selain itu, diharapkan perawatan ekstra serta sumber daya yang terampil dalam merawat tumbuhan hidroponik demi mendapat hasil tanam yang baik.


Penerapan sistem tanam hidroponik dalam greenhouse ternyata memperlihatkan imbas positif dan negatif bagi pemiliknya. Dalam hal ini, dengan laba yang sangat menggiurkan, tentunya juga ada resiko yang ditanggung. Untuk itu, sangat diharapkan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk menerapkan teknik hidroponik memakai greenhouse semacam ini. Perhitungan yang sempurna pastinya bisa menghasilkan hasil yang maksimal pula.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top