Cabe rawit yakni salah satu materi suplemen yang sangat sering kita jumpai. Cabe rawit sanggup dipakai sebagai bumbu adonan masakan untuk membuat rasa pedas pada makanan, ataupun sebagai suplemen ketika menyantap gorengan. Harga cabai rawit sanggup di bilang sangat fluktuatif, terkadang harga cabai rawit merah sanggup membumbung sanagt tinggi pada ekspresi dominan - ekspresi dominan tertentu.

Meskipun banyak petani yang membudidayakan cabai rawit, namun terkadang masih saja dipasaran kita temukan bahwa cabai rawit langka. Kelangkaan cabai rawit sendiri disebabkan banyak faktor, ibarat serangan hama ataupun gagal pane akhir cuaaca maupun kualitas benih cabai rawit yang buruk. Nah, berbicara duduk kasus benih cabai rawit. mungkin dari anda disini banyak yang mencoba menanam cabai rawit sendiri dirumah. namun terkadang hasil yang di sanggup ketika cabai mulai tumbuh tidak sesuai harapan.

 Cabe rawit yakni salah satu materi suplemen yang sangat sering kita jumpai Cara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah Sendiri

Salah satu modal awal untuk mendapat hasil yang memuaskan ketika menanam cabai rawit dipekarangan yakni dari kualitas benih yang digunakan. Untuk mendapat benih yang berkualitas tentu saja anda cukup tiba ke toko pertanian dan membelinya sengan bermacam-macam harga benih cabai rawit.

Namun bagi anda yang ingin membuat sendiri benih cabai rawit yang berkualitas, mungkin beberapa langkah ini sanggup membantu anda dalam pembuatan bibit cabai rawit merah:

Pemilihan Buah Cabe Rawit Yang Baik

Langkah pertama yakni menentukan buah cabai rawit yang mempunyai kualitas baik dengan tingkat kematangan yang bagus. Jangan membuat bibit cabai rawit dari cabai sisa yang terdapat pada bungkus gorengan anda. Hal ini dikarenakan, cabai rawit yang dipakai tukang gorengan yakni cabai rawit yang masih muda ataupu tidak matang sempurna. Buah cabai rawit yang tidak cukup renta tidak akan anggun untuk di jadikan bibit.

Sebaiknya anda pergi ke Warung sayur ataupun membeli cabai rawit yang sudah merah pada pedagang sayur keliling. Pilihlah cabai rawit dengan warna yang merah dan bentuk buah yang bagus. Cabe rawit yang sudah merah membuktikan bahwa bauh cabai tersebut sudah dalam keadaan matang tepat dan cukup renta untuk dijadikan bibit/benih cabe.

Hal lain dalam pemilihan buah cabai untuk pembuatan bibit yang baik yakni dengan memanfaatkan buah cabai yang anda tanam langsung. Jika anda sudah mempunyai batang cabai rawit yang sudah berbuah atau pun tetangga anda ada yang mempunyai batang cabai rawit yang sudah berbuah, mintalah bebrapa buah cabai rawit yang telah matang, berwarna merah dan mempunyai bentuk buah yang anggun serta tidak terjangkit penyakit.

 Cabe rawit yakni salah satu materi suplemen yang sangat sering kita jumpai Cara Membuat Benih dan Bibit Cabe Rawit Merah Sendiri

Buah cabai rawit yang sudah dipilih tersebut selanjutnya akan dipotong menjadi 3 belahan ( ujung, tengah, pangkal ). Bagian yang diambil untuk dijadikan benih cabai yakni potongan belahan tengah buahnya. Bagian unjung danjuga belahan pangkal buahnya sanggup anda buang lantaran ini kurang anggun untuk dijadikan benih.

Bagian tengan dari buah cabai rawit tersebut kemudian dipisahkan antara biji, daging buah dan juga kulitnya. Bagian biji inilah yang nantinya akan kita olang menjadi benih cabai rawit.




Menentukan Kualitas Benih Cabe Rawit Yang Layak Tanam


  • Biji buah yang sudah kita siapkan sebelumnya tidak sanggup eksklusif ditanam begitu saja. Tidak semua biji cabai tersebut layak untuk dijadikan benih. Perlu dipisahkan antara biji yang layak tanam maupun biji yang tak layak tanam.
  • Untuk memisahkan kualitas biji tersebut, pertama anda sanggup menyiapkan sebuah wadah ibarat gelas plastik. tapi jangan gunakan wadah yang terlalu kecil serta tidak bocor. Karena ukuran wadah yang terlalu kecil hanya akan menyulitkan anda pada proses selanjutnya nanti.
  • Setelah itu siapkan satu siung bawang merah kemudian tumbuk atau giling bawang merah tersebut hingga benar - benar halus. Gilingan bawang merah ini nantinya dipakai sebagai materi adonan untuk media pemisah kualitas biji cabai untuk dijadikan benih.
  • Selanjutnya siapkan air hangat - hangat kuku kemudian masukan kedalam wadah gelas plastik yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Lalu campurkan air tersebut dengan gilingan bawang merah yang sudah kita haluskan sebelumnya dan aduh hingga merata.
  • Biji cabai yang sudah disiapkan selanjutnya di masukan kedalam larutan air bawang dalam wadah gelas plastik. Pastikan semua biji cabai terendam secara merata, kemudian biarkan semalaman.
  • Setelah satu malam, biji cabai yang diremdam dalam air larutan bawang tersebut sebagian akan terapung dan sebagian lagi akan terbenam. ini merupakan cara sederhana untuk menentukan mana benih yang layak tanam dan yang tidak layak tanam.
  • Benih cabai yang layak tanam yakni biji cabai yang dalam kondisi terbenam, sedangkan yang terapung merupakan biji yang tak layak tanam sehingga tidak terpakai dan sanggup dibuang. Sedangkan biji cabai yang terbenam selanjutnya ditiriskan sebentar.
  • Biji cabai yang sudah di tiriskan selanjutnya di jemur hingga benar - benar kering. Tapi perlu diperhatikan dalam proses penjemuran jangan dibawah sinar matahari langsung. sinar matahari secara eksklusif hanya akan membuat benih menjadi mati dan tidak mau tumbuh ketika di tanam.
  • Biji cabai rawit yang sudah kering ini merupakan benih cabai yang siap tanam dan mempunyai kualias yang baik.




gambar : berkahpertanian.blogspot.com




Cara Menyemai Benih Cabe Rawit

Peratalan yang diperlukan:


  • Beberapa lembar tisu / kapas
  • Air bersih
  • Wadah berupa pot / ember
  • Penutup wadah

Proses penyemaian benih cabai rawit


  1. Siapkan beberapa lembar tisu atau kapas sebagai alas, kemudian basahi dengan air higienis secukupnya.
  2. Sebarkan beberpa benih cabai pada bantalan dari tisu atau kapas yang dibasahi sebelumnya.
  3. Setelah benih tersebar pada alas, selanjutnya ambil beberapa lembar tisu dan gunakan untuk menutupi benih yang sudah disebar sebelumnya.
  4. Tisu yang dipakai sebagai epilog benih tersebut kemudian dibasahi lagi dengan air bersih
  5. Tisu atau kapas yang berisi benih cabai rawit sebagai media semai selanjutnya diletakan kedalam bejana / pot kemudian di tutup rapat.
  6. Dalam beberapa hari biasanya benih yang disemai akan mulai berkecambah dan siap ditanam ke media tanam berupa pot maupun pekarangan rumah.


Tahapan pembuatan bibit cabai rawit dari buah ini sanggup anda praktekan sendiri dirumah. Proses pembuatan yang tidak terlalu sulit serta dengan berbekal materi - materi yang cukup gampang ditemui disekitar kita. Bagaimana, tertarik untuk mulai menanam cabai rawit dipekarangan rumah sendiri? atau anda ingin Menanam Cabe Rawit Dalam Polybag?


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top