Pengertian Hidroponik 

Menyempitnya lahan hijau yang sanggup ditanami tanaman, terutama di tempat perkotaan, menciptakan para pencinta lingkungan harus menempuh beberapa alternatif lain untuk mencegah, memperlambat, dan jikalau memungkinkan, memperbaiki kerusakan lingkungan. Salah satunya yaitu dengan cara menanam hidroponik. Apakah pengertian hidroponik? Mengapa hidroponik sanggup menjadi alternatif yang sangat penting bagi kesehatan lingkungan dan masyarakat?



Menurut website Tips Berkebun (dari http://www.tipsberkebun.com/apa-itu-hidroponik.html), hidroponik yaitu teknologi bercocok tanam yang memakai air, nutrisi, dan oksigen. Hidroponik sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu hydroponic. Pengertian hidroponik berdasarkan bahasa tersebut harus dibagi dua, yaitu hydro yang berarti air dan ponous yang berarti kerja. Dengan kata lain, flora yang ditanam dengan sistem tersebut membutuhkan air yang harus diperkaya dengan bermacam-macam nutrisi, semoga sanggup tumbuh dengan sehat, segar, dan bermanfaat bagi manusia.

Pengertian lain dari hidroponik yaitu bercocok tanam yang ramah lingkungan, alasannya yaitu cara tanam ibarat ini tidak membutuhkan pestisida atau herbisida yang sanggup meracuni hasil tanaman.

Bagi Anda yang bahagia dengan acara berkebun, hidroponik yaitu hobi yang menyenangkan. Anda sanggup bereksperimen dengan flora yang ingin Anda budidayakan, meski dengan lahan yang seadanya (tidak luas). Bagi yang ingin memiliki bisnis sampingan di bidang holtikultura, hidroponik yaitu lahan yang amat menjanjikan. Tidak hanya kesannya sanggup dinikmati sendiri, Anda juga sanggup menjualnya kepada mereka yang tertarik atau membutuhkan. Misalnya: Anda ingin menanam sayur atau buah-buahan. Anda suka paprika, timun, tomat, dan sayuran hijau? Selain sanggup menghemat uang belanja bulanan, Anda juga sanggup menambah penghasilan.

Namun, bagi mereka yang kurang tertarik dan bahkan skeptis, hidroponik dianggap acara yang merepotkan, terutama bila pelakunya tidak suka bermain dengan bahan-bahan bercocok tanam alasannya yaitu kotor. Padahal, dengan semakin menyempitnya lahan untuk bercocok tanam, hidroponik justru menjadi solusi ampuh bagi kesehatan lingkungan, alternatif budidaya pangan, sampai peningkatan ekonomi lewat acara agraria. Pemerintah Bandar Lampung (menurut Republika, dari
http://belajarberkebun.com/pengertian-tanaman-hidroponik.html
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/02/06/o24vi3284-warga-didorong-kembangkan-tanaman-hidroponik

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top