Cara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar - Makanan olahan kangkung menjadi masakan yang banyak dijumpai di Nusantara ini, Sayur kangkung banyak digemari masyarakat alasannya mempunyai rasa yang nikmat.. selain rasa yang enak,,ternyata kangkung mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut manfaat sayuran kangkung bagi kesehatan badan :
  1. Mengatasi Insomnia, Kandungan selenium dan zinc pada kangkung sanggup menjadikan efek mengantuk dan terlelap pada orang yang mengkonsumsinya.
  2. Mengatasi sembelit, kangkung dipercaya mempunyai banyak kandungan serat yang berkhasiat untuk memperlancar pencernaan.
  3. Mencegah anemia, kandungan zat besi yang terdapat pada kangkung sanggup menambah hemoglobin pada badan insan sehingga mencegah terjadinya anemia.
  4. Menjaga daya tahan badan dan kesehatan mata, kandungan Vit C dan Vit A sangat berkhasiat bagi kekebalan badan dan kesehatan mata.
Itulah beberapa manfaat yang diberikan dari tumbuhan kangkung bagi kesehatan, selain itu juga kangkung juga dipercaya sanggup menjaga kesehatan hati (liver) dan menjaga usus dari parasit.

Cara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar  Hebat Dengan Cara Menanam Ini, Kangkung Tumbuh Subur dan Panen Banyak

Untuk membudidayakan tumbuhan tomat juga terbilang cukup mudah, tumbuhan yang satu ini cukup baik adaptasinya terhadap lingkungan. Jika Anda berminat untuk berkebun tomat, Anda sanggup melaksanakan beberapa hal berikut ini.


1. Menyiapkan Lahan Tanam Kangkung Dengan Menggemburkan dan Membentuk Tegalan

Cara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar  Hebat Dengan Cara Menanam Ini, Kangkung Tumbuh Subur dan Panen Banyak

Persiapan lahan untuk menanam kangkung dilakukan dengan tujuan biar tanah gembur dan bisa untuk menunjukkan nutrisi pada tumbuhan kangkung.

Jika Anda ingin menanam kangkung pada kebun, maka langkah yang harus dilakukan ialah dengan melaksanakan pembajakan memakai traktor atau memakai bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan memakai cangkul. Pada ketika penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.

Tegalan ini berfungsi untuk menjaga biar tumbuhan tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan sanggup dibentuk dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.

Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.

Taburkan pupuk sangkar secara merata pada permukaan tegalan.

Jika Anda mempunyai modal lebih, Anda sanggup melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

Jika Anda ingin menanam kangkung pada polybag, maka Anda harus mengisi polybag dengan tanah subur dan gembur terlebih dahulu.

Tanah yang diisikan ke polybag juga bisa dicampur dengan pupuk sangkar dan serbuk gergaji.

Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melaksanakan persiapan yang baik untuk mendapat tumbuhan kangkung yang subur dan sanggup berbuah banyak.

2. Menyiapkan Bibit Kangkung dari Biji Pilihan dan Melakukan Penyemaian


Menanam kangkung sebetulnya sanggup secara langsung dengan menanam biji kangkung di area tanam, namun juga bisa dilakukan penyemaian terlebih dahulu. Bibit kangkung sanggup diperoleh dari toko pertanian.
Cara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar  Hebat Dengan Cara Menanam Ini, Kangkung Tumbuh Subur dan Panen Banyak
Biji Kangkung


Jika anda menentukan untuk menyemai bibit terlebih dahulu, anda harus menciptakan area semaian dengan menggemburkan Tanah dengan luasan tertentu sesuai kebutuhan tanam dan jumlah bibit.

Bentuk area semaian menjadi guludan atau tegalan. Setelah itu taburkan pupuk sangkar atau pupuk kompos, biarkan 1 hari area semaian. Setelah satu hari taburkan biji kangkung yang telah dibeli secara merata dan tutup dengan Tanah secara merata dan tipis.

Tutup area semaian dengan jarring atau daun-daun dengan jarak 20 cm-30cm dari permukaan semaian. Lakukan penyiraman secara teratur pagi dan sore, biasanya benih kangkung akan tumbuh sehabis 5 -7 hari dari penaburan. Bibit hanya bisa dipindah kalau sudah mempunyai daun 3 - 4 helai atau tinggi 10-15 cm..

3. Pemindahan Bibit Semaian Ke Lahan Tanam


Jika pada tahap penyiapan bibit Anda pilih dengan menciptakan semaian, maka Anda harus memindahkan bibit kangkung semaian sehabis mencapai tinggi sekitar 10cm - 15 cm. Pemindahan sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari,,,

Sebelum dipindahkan, sebaiknya lakukan penyiraman terlebih dahulu pada area semaian..hal ini berfungsi biar akar kakngkung bisa ikut tercabut...

Untuk melaksanakan penanaman kangkung pada lahan yang telah disiapkan sanggup dilakukan dengan mambuat lubang tanam dengan jarak tanam sekitar 15cm -20cm....

Setelah bibit kangkung tamat dipindahkan ke lahan tanam, maka perlu dilakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban tanah dan menjaga biar bibit kangkung yang gres ditanam tidak layu..

Langkah termudah ialah dengan menanam biji kangkung eksklusif ke lahan tegalan yang sudah disiapkan sebelumnya...

Anda hanya cukup menciptakan lubang dengan memakai tugal (kayu yang diruncingkan) dengan jarak tanam 15cm - 20cm.

Masukkan 3 bulir biji kangkung pada setiap lubangnya,,,dan lakukan penutupan dengan menekan lubang secara perlahan..

Cara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar  Hebat Dengan Cara Menanam Ini, Kangkung Tumbuh Subur dan Panen Banyak

4. Melakukan Perawatan Terbaik Pada Tanaman Kangkung Agar Tumbuh Subur dan Bebas dari Hama

Perawatan memegang peranan penting juga terhadap keberhasilan dalam budidaya kangkung, perawatan sangat diharapkan untuk menjadikan tumbuhan kangkung tumbuh dengan subur dan mendapat nutrisi untuk mengeluarkan banyak buah.
Perawatan juga bisa menjadikan tumbuhan kangkung Anda menjadi tumbuhan organik atau non organik itu semua tergantung Anda memakai pemupukan jenis apa.
Beberapa perawatan yang biasa dilakukan dalam membudidayakan Kangkung ialah sebagai berikut:

a. Pemupukan Pada Tanaman Kangkung

Pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik kalau Anda menginginkan tumbuhan kangkung organik.

Namun kalau Anda ingin menanam tomat non organik maka pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai pupuk kimia.

Pemupukan dengan pupuk kimia dilakukan pada usia satu ahad berikan adonan urea dan KCl dengan perbandingan 1:1 sebanyak 1-2 gram per tanaman. Kemudian sehabis umur 2-3 ahad berikan kembali urea dan KCl sebanyak 5 gram per tanaman.

Bila pada umur lebih dari 4 ahad tumbuhan masih terlihat kurang gizi berikan urea dan KCl sebanyak 7 gram per tanaman. Perhatikan, dukungan urea dan KCl jangan hingga mengenai tumbuhan alasannya bisa merusak tumbuhan kangkung Anda.

Berikan jarak 5-7 cm dari tumbuhan


b. Penyiangan Rumput


Penyiangan rumput liar dilakukan kalau Anda tidak memakai pelatik mulsa, kalau Anda memakai mulsa pertumbuhan rumput sanggup ditekan.

Pembersihan bertujuan untuk membasmi gulma yang sanggup mengganggu pertumbuhan tumbuhan kangkung Anda..


c. Penyulaman Kangkung


Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit kangkung yang mati sehabis ditanam, atau bibit yang mempunyai pertumbuhan yang kurang.

Penyulaman dilakukan secepatnya kalau sudah ada indikasi tumbuhan mati, sehingga bibit hasil sulaman sanggup mengejar petumbuhan kangkung awal..

d. Pembasmian Hama
Apabila serangannya parah, hama dan penyakit tersebut bisa disemprot dengan pestisida. Gunakan obat pembasmi hama secara bijak,sesuaikan dengan dosis yang tertera pada label. Apabila kangkung yang akan dipakai untuk pasar organik, sebaiknya memakai pembasmi hama yang berbahan alami.

e. Penyiraman

Pemberian air sangat mendukung pertumbuhan tumbuhan kangkung Anda, pohon kangkung memerlukan air yang banyak namun tidak berlebihan.

Lakukan penyiraman secukupnya pada pagi dan sore hari, namun ketika kondisi animo hujan penyiraman sanggup dikesampingkan..

5. Masa Panen Untuk Tanaman Kangkung
Cara Menanam Kangkung Yang Baik dan Benar  Hebat Dengan Cara Menanam Ini, Kangkung Tumbuh Subur dan Panen Banyak


Masa panen kangkung darat ialah 25-30 hari dari penanaman. Kangkung darat sebaiknya dipanen dengan cara mencabut kangkung dengan akarnya. Namun kalau anda menginginkan biar bisa dipanen 2 kali, pemanenan kangkung sanggup dilakukan dengan memotong kangkung memakai pisau.

Kangkung yang segar hasil panen sendiri dengan penanaman secara organik siap untuk dijadikan sayur bagi keluarga, selain menambah rasa yummy bagi masakan anda, kangkung juga akan menghasilkan banyak manfaat bagi kesehatan keluarga anda.
Itulah 5 langkah cara menanam kangkung yang baik dan benar biar tumbuh subur, biasanya yang sering dilupakan ialah bagaimana cara melaksanakan perawatan pada tumbuhan kangkung yang baik dan benar sehingga tumbuhan kangkung kekurangan nutrisi.. Mari untuk membudidayakan tumbuhan kangkung dan tumbuhan lainnya ibarat menanam cabai rawit biar sanggup menunjang perekonomian Indonesia serta budayakan menanam untuk menjadikan bumi tetap hijau....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top