Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat- Buah Strawberry menjadi salah satu buah-buahan yang banyak digemari masyarakat, buah yang mempunyai rasa manis keasaman ini mengakibatkan sensasi segar.. Dikutip dari Wikipedia bahwa Buah strawberry berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies menjelma merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan adonan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry". (sumber: Wikipedia).

Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat Bongkar Rahasia Cara Menanam Strawberry Agar Tumbuh Subur


Selain mempunyai rasa yang segar, buah stroberi juga mempunyai manfaat yang banyak lho bagi kesehatan...

Berikut beberapa manfaat yang dari buah strawberry yang paling banyak diketahui:
  1. Menjaga kesehatan jantung, Vitamin C dan Anthocyanidins dalam buah strawberry mempunyai kegunaan untuk menjaga arteri dari kerusakan dan mencegah pembekuan darah.
  2. Mencegah dari penyakit kanker, antioksidan yang terdapat dalam buah strawberry bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.
  3. Menurunkan kolesterol, zat pembentuk warna dan amis pada strawberry bermanfaat untuk mencegah penyakit cardiovascular
Untuk membudidayakan tumbuhan stroberi juga terbilang cukup mudah, Buah strawberry sanggup dibudidayakan di kebun, namun juga sanggup dibudidayakan di pot atau polybag. Secara garis besar cara menanamnya sama saja, hanya media tanamnya yang membedakan. Menanam strawberry dikebun memerlukan perjuangan yang lebih banyak dibanding menanam strawberry di pot atau polybag, alasannya yakni harus mempersiapkan lahan tanamnya. Berikut yakni beberapa langkah menanam strawberry yang benar: 


1. Menyiapkan Lahan Tanam

Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat Bongkar Rahasia Cara Menanam Strawberry Agar Tumbuh Subur

Persiapan lahan untuk menanam stroberi dilakukan dengan tujuan semoga tanah gembur dan bisa untuk memperlihatkan nutrisi pada tumbuhan stroberri.

Jika Anda ingin menanam Strawberry pada kebun, maka langkah yang harus dilakukan yakni dengan melaksanakan pembajakan memakai traktor atau memakai bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan memakai cangkul. Pada dikala penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.

Tegalan ini berfungsi untuk menjaga semoga tumbuhan tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan sanggup dibentuk dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.

Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.

Taburkan pupuk sangkar secara merata pada permukaan tegalan.

Jika Anda mempunyai modal lebih, Anda sanggup melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

Jika Anda ingin menanam strawberry pada polybag, maka Anda harus mengisi polybag dengan tanah subur dan gembur terlebih dahulu.

Tanah yang diisikan ke polybag juga bisa dicampur dengan pupuk sangkar dan serbuk gergaji.

Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melaksanakan persiapan yang baik untuk mendapat tumbuhan tomat yang subur dan sanggup berbuah banyak.

2. Menyiapkan Bibit Strawberry dan Melakukan Penyemaian


Menyiapkan Bibit strawberry merupakan salah satu langkah kunci dalam memilih hasil panen kemudian hari, bibit strawberry sebaiknya berasal dari bibit yang tahan terhadap hama atau penyakit, dan terbukti sudah menghasilkan.

Untuk mendapat bibit yang berkualitas, sebaiknya anda pribadi mendatangi petani strawberry. Hal ini akan memperlihatkan laba tersendiri, disamping anda bias mendapat bibit yang berkualitas, anda juga bisa pribadi tanya jawab terkait trik-trik menanam strawberry semoga sukses.

Selain dari petani, anda juga bisa mendapat bibit strawberry dari kios-kios yang menjual bibit dan obat-obatan pertanian.

Pilihlah bibit strawberry yang wadahnya masih bagus, tanggal kadaluarsanya masih lama, dan tidak ada lubang-lubang pada wadah yang memungkinkan semut atau kutu sanggup masuk dan merusak biji strawberry.

Setelah mendapat bibit, langkah selanjutnya yakni melaksanakan penyemaian bibit-bibit strawberry. Buatlah kawasan penyemaian dengan menggemburkan Tanah memakai cangkul dan dibentuk bedengan atau galengan.

Luas lahan persemaian diubahsuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Campurkan pupuk sangkar pada Tanah yang telah digemburkan, aduk kembali dan bentuk lahan semai hingga permukaannya rata.

Taburkan biji-biji strawberry secara merata, dan tutup dengan memakai Tanah yang halus secara merata dan lapisan penutupnya jangan terlalu tebal.

Buatlah peneduh dengan memakai daun-daun atau memakai jaring pertanian. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari.

3. Pemindahan Bibit Strawberry Semaian Ke Lahan Tanam


Pemindahan bibit Strawberry ke lahan tanam permanen dilakukan sehabis bibit Strawberry sudah mempunyai tinggi sekitar 10 - 15cm.

Penanaman Strawberry sebaiknya dilakukan pada sore atau pagi hari, hal ini bertujuan semoga bibit tomat tidak layu terkena terik matahari. Jika pada oagi hari usahakan jangan hingga matahari sudah naik tinggi..

Sebelum bibit dicabut dari lahan semaian, sebaiknya siram terlebih dahulu semoga bibit segar dan usahakan mencabut dengan tetap mengikutkan tanah semaian....

Penanaman dilakukan dengan jarak 40 cm x 40cm atau bisa lebih rapat dengan jarak tanam 30cm x 30cm. Jika Anda memakai mulsa, maka Anda harus menciptakan lubang terlebih dahulu.

Setelah penanaman dilakukan perlu disiram untuk menjaga semoga tanah tetap lembab sehingga bibit Strawberry tidak layu.


4. Melakukan Perawatan Pada Tanaman Buah Strawberry


Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat Bongkar Rahasia Cara Menanam Strawberry Agar Tumbuh Subur

Cara perawatan tumbuhan strawberry yang benar akan sangat membantu keberhasilan budidaya strwberry...

Perawatan juga bisa mengakibatkan tumbuhan tomat Anda menjadi tumbuhan organik atau non organik itu semua tergantung Anda memakai pemupukan jenis apa.

Beberapa perawatan yang biasa dilakukan dalam membudidayakan tomat yakni sebagai berikut:

a. Pemupukan

Pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik jikalau Anda menginginkan tumbuhan strowberi organik.

Taburkan pupuk sangkar pada usia tanam sekitar 1 bulan...
Namun jikalau Anda ingin menanam tomat non organik maka pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai pupuk kimia.

Pupuk diberikan pada umur 1,5 – 2 bulan sehabis tanam dengan NPK (16-16-16) sebanyak 5 kg yang dilarutkan dalam 200 liter air, kemudian dikocorkan sebanyak 350-500 cc/ tanaman.

b. Penyiangan Rumput Pada Budidaya Strowberi

Penyiangan rumput liar dilakukan jikalau Anda tidak memakai pelatik mulsa, jikalau Anda memakai mulsa pertumbuhan rumput sanggup ditekan.

Pembersihan bertujuan untuk membasmi gulma yang sanggup mengganggu pertumbuhan tumbuhan Strawberry Anda..

c. Pembasmian Hama Pada Tanaman Strawberry

Beberapa jenis hama dan penyakit yang kerap menyerang budidaya strawberry antara lain kutu daun, kutu putih, lalat buah, tungau, nematoda, dan lain sebagainya

Kutu Daun (Chaetosiphon fragaefolii)
Kutu berwarna kuning-kuning kemerahan, kecil (1-2 mm), hidup bergerombol di permukaan bawah daun. Tanda-tanda tumbuhan strowberry diserang kutu daun yakni pucuk/daun keriput, keriting, pembentukan bunga/buah terhambat. Untuk Pengendalian sanggup dilakukan dengan penyemprotan memakai insektisida Fastac 15 EC & Confidor 200 LC.

Tungau (Tetranychus sp. & Tarsonemus sp.)
Tungau berukuran sangat kecil, betina berbentuk oval, jantan berbentuk agak segi tiga & telur kemerah-merahan. Tanda-tanda tumbuhan strowberry diserang Tungau yakni daun berbercak kuning hingga coklat, keriting, mengering & gugur. Untuk Pengendalian sanggup dilakukan dengan penyemprotan memakai insektisida Omite 570 EC, Mitac 200 EC atau Agrimec 18 EC.

Kumbang penggerek bunga (Anthonomus rubi), kumbang penggerek akar (Otiorhynchus rugosostriatus) & kumbang penggerek batang (O. sulcatus). Tanda-tanda tumbuhan strowberry diserang Kumbang yakni di kepingan tumbuhan yg digerek terdapat tepung. Untuk Pengendalian sanggup dilakukan dengan penyemprotan memakai insektisida Decis 2,5 EC, Perfekthion 400 EC atau Curacron 500 EC pada waktu menjelang fase berbunga.

Kutu putih (Pseudococcus sp.)
Tanda-tanda tumbuhan strowberry diserang Kutu putih yakni kepingan tumbuhan yg tertutupi kutu putih akan menjadi abnormal.Untuk Pengendalian sanggup dilakukan dengan penyemprotan memakai insektisida Perfekthion 400 EC atau Decis 2,5 EC.

Nematoda (Aphelenchoides fragariae atau A. ritzemabosi) Hidup di pangkal batang tumbuhan stroberi bahkan hingga pucuk tanaman.
Tanda-tanda tumbuhan strowberry diserang Nematoda yakni tumbuhan tumbuh kerdil, tangkai daun kurus & kurang berbulu. Untuk Pengendalian sanggup dilakukan dengan penyemprotan memakai nematisida Trimaton 370 AS, Rugby 10 G atau Nemacur 10 G..

d. Penyulaman Strawberry

Penyulaman dilakukan untuk mengganti bibit Strawberry yang mati sehabis ditanam, atau bibit yang mempunyai pertumbuhan yang kurang.
Penyulaman dilakukan secepatnya jikalau sudah ada indikasi tumbuhan mati, sehingga bibit hasil sulaman sanggup mengejar petumbuhan Strawberry awal.

e. Penyiraman

Pemberian air sangat mendukung pertumbuhan tumbuhan Strawberry Anda, pohon Strawberry memerlukan air yang banyak namun tidak berlebihan.
Lakukan penyiraman secukupnya pada pagi dan sore hari, namun dikala kondisi ekspresi dominan hujan penyiraman sanggup dikesampingkan..


5. Masa Panen Tomat

Cara Menanam Buah Strawberry Agar Berbuah Lebat Bongkar Rahasia Cara Menanam Strawberry Agar Tumbuh Subur

Tanaman stroberi mulai berbunga pada umur 2 bulan sehabis tanam. Namun pembuahan atau pembungaan pertama sebaiknya dibuang atau dipangkas alasannya yakni belum bisa berproduksi secara optimum.

Setelah tumbuhan berumur 4 bulan mulai diarahkan untuk lebih produktif berbunga dan berbuah.Panen dilakukan dengan dipetik atau digunting kepingan tangkai buah beserta kelopaknya, dan dilakukan secara periodik dua kali seminggu,,

Itulah 5 langkah cara menanam strawberry semoga menghasilkan buah yang banyak, biasanya yang sering dilupakan yakni bagaimana cara melaksanakan perawatan pada tumbuhan strowberi yang baik dan benar sehingga tumbuhan kekurangan nutrisi..

Mari untuk membudidayakan tumbuhan tomat dan tumbuhan lainnya ibarat menanam cabai rawit semoga sanggup menunjang perekonomian Indonesia serta budayakan menanam untuk mengakibatkan bumi tetap hijau....

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top