Cara Menanam Sayuran Gambas - Buah Gambas atau sering disebut dengan oyong mungkin sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, jenis sayuran yang satu ini paling banyak dimanfaatkan untuk menciptakan sayur bening....

Buah Gambas atau oyong yang dimanfaatkan yaitu buah yang masih muda, alasannya yaitu buah gambas kalau sudah renta akan keras dan daging di dalamnya akan banyak mengandung serat-serat....

Jika Anda berminat untuk membudidayakan tumbuhan gambas, maka Anda tidak perlu khawatir,, sayuran yang merambat ini sangat gampang hidup....


Cara bercocok tanam gambas atau oyong ini sanggup dilakukan dengan cara yang sama ibarat cara menanam labu siam atau cara menanam pare, berikut langkah-langkah cara menanam gambas atau oyong yang baik dan benar.


1. Lakukan Pemilihan Bibit Gambas dari Oyong Yang Sudah Tua dan Kering di Pohonnya


Menyiapkan bibit gambas dilakukan dengan mengambil biji gambas atau oyong dari buah gambas yang renta di pohon, biarkan buah hingga mengerin di pohon. Setelah itu petiklah, belah kulit buah gambas dan ambil bijinya. Jemur biji diterik matahari selama 1hari dan angkat, kemudian letakkan pada wadah dan tempatkan di area yang teduh.

Jika anda tidak mau repot, bibit gambas juga sanggup dibeli di kios-kios pertanian. Lihat tanggal kadaluarsanya, pilih bibit yang mempunyai tanggal kadaluarsa masih lama. Dan pastikan kemasan bibit masih utuh dan tidak ada bolong-bolong sekecil apapun. Karena dikhawatirkan ada semut atau kutu yang memakan biji yang ada dalam kemasan.

2. Menyiapkan Lahan Tanam Yang Gembur dan Subur Agar Oyong Praktis Tumbuh dan Berbuah



Persiapan lahan untuk menanam gambas dilakukan dengan tujuan semoga tanah gembur dan bisa untuk memperlihatkan nutrisi pada tumbuhan stroberri.

Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan melaksanakan pembajakan memakai traktor atau memakai bajak sapi.

Setelah dibajak, tanah digemburkan dengan memakai cangkul. Pada ketika penggemburan ini dilakukan juga pembentukan tegalan.

Tegalan ini berfungsi untuk menjaga semoga tumbuhan tomat tidak tergenang air dan juga berfungsi mengatur drainase air.

Ukuran tegalan sanggup dibentuk dengan lebar sekitar 80 - 100 cm, ketebalan 20 - 25 cm, serta panjang menyesuaikan ukuran lahan Anda.

Buatlah tegalan serupa disebelah tegalan pertama dengan jarak 40 cm.

Taburkan pupuk sangkar secara merata pada permukaan tegalan.

Jika Anda mempunyai modal lebih, Anda sanggup melapisi tegalan dengan pelatik mulsa yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan rumput.

Sampai dengan langkah ini, Anda sudah melaksanakan persiapan yang baik untuk mendapat tumbuhan gambas atau oyong yang subur dan sanggup berbuah banyak.

3. Menanam Biji Gambas dengan Menggunakan Tugal


Tidak ibarat jenis tumbuhan lainnya, untuk menanam gambas tidak perlu dilakukan penyemaian. Biji-biji oyong yang dijadikan bibit eksklusif ditanam ke lubang tanam buatan dengan memakai tugal (Kayu yang diruncingkan) atau bisa memakai cangkul.

Penanaman dilakukan dengan jarak 100 cm x 100cm. Jika Anda memakai mulsa, maka Anda harus menciptakan lubang terlebih dahulu.

Setelah penanaman dilakukan perlu disiram untuk menjaga semoga tanah tetap lembab sehingga bibit tomat tidak layu.

Masukkan 2 buah biji gambas pada setiap lubang, kemudian tutup memakai tanah. Bibit Gambas atau oyong akan mengeluarkan tunas pada umur 5 hari sesudah tanam.


4. Lakukan Perawatan Pada Tanaman Gambas/Oyong dengan Benar Agar Mendapatkan Buah Yang Lebat


Cara merawat tumbuhan gambas sanggup dilakukan dengan membersihkan rumput-rumput yang tumbuh di area penanaman, dan buatlah para-para sebagai rambatan pohon gambas kalau sudah mulai menjulur. Ukuran antar tiang pancang 2m x 2m sesuai dengan jarak tanam dengan tinggi sekitar 200cm. Untuk anyaman para cuilan atas sanggup memakai kawat atau juga bisa memakai bambu.
 Buah Gambas atau sering disebut dengan oyong mungkin sudah banyak dikenal di kalangan mas 5 Cara Ini Membuat Petani Sukses Menanam Gambas atau Oyong

Jika tumbuhan gambas diserang kutu daun atau hama lainnya maka lakukan penyemprotan dengan memakai insektisida secukupnya sesuai dosis yang dianjurkan (baca hukum pakai pada kemasan). Jika anda tidak ingin memakai materi kimia, belilah obat semprot organik yang dijual di kios-kios pertanian.

5. Masa Panen Gambas / Oyong yaitu 3 Bulan dari Penanaman

 
Masa panen gambas yaitu pada umur 3 bulan dari penanaman. Panen sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk mendapat buah gambas yang segar dan yang perlu diperhatikan bahwa buah gambas atau oyong yang yummy yaitu buah yang muda. 
 
Jangan terlalu usang membiarkan buah gambas di pohonnya alasannya yaitu akan menyebabkan tidak yummy dikonsumsi.,
 
Demikian panduan menanam gambas yang sangat gampang dilakukan, Cara perawatan memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan budidaya gambas atau oyong.. Mari dukung untuk menghijaukan bumi dengan Membudayakan Menanam. Anda sanggup menanam apa saja di lahan yang Anda miliki ibarat menanam Cabe Rawit atau menanam Bunga Matahari..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top