CARA MENANAM / BUDIDAYA BUNGA KAMBOJA, Bunga kamboja ialah jenis tumbuhan hias yang memiliki nama latin Plumeria .Tanaman ini gampang tumbuh di segala daerah ketinggian baik dataran rendah maupun tinggi. Untuk membudidayakan sangat gampang dengan biji maupun setek batangnya berikut ini cara membudidayakan bunga kamboja dengan setek batang


  



Pilih batang / cabang  yang sehat ,dan sudah cukup  berumur dan  yang lurus ,kemudian potong beberapa cm dan tancapkan pada plastik polibag yang sudah berisi  bokashi sedalam 10 cm, kemudian pindahkan ketempat yang agak teduh supaya gampang perawatannya.

Penyiraman dilakukan setiap hari untuk tumbuhan yang masih gres dan jikalau sudah tumbuh penyiraman dilakukan dua hari sekali .

PEMINDAHAN TANAMAN

Pemindahan tumbuhan dilakukan jikalau tumbuhan sudah hidup dan memiliki beberapa helai daun apabila kita ingin menanam di halaman atau samping rumah, jikalau ingin tetap di polibag tinggal merawatnya saja.

Untuk memindah tumbuhan bunga kamboja perlu diingat yaitu dikala pemindahan tumbuhan ,tanah yang menempel pada akar jangan hingga lepas supaya tumbuhan tidak mengalami stagnan dan stress.

Buat lubang tanam diameter 30 cm dan kedalam 30 cm kemudian masukkan bokashi setengahnya dan sedikit obat pencegah hama yaitu Furadan 2 sendok makan kemudian siram dengan air hingga lembap merata

Penanaman bunga kamboja , lepaskan plastik polibag dengan cara tumbuhan dibalik dan ditahan tanahnya supaya tidak lepas kemudian plastik di ditarik keatas kemudian masukan ke lubang tanam dan tambahkan tanah bokashi hingga penuh ,kemudian siram dengan air hingga lembap merata dan pasang ajir / tajuk supaya batang tidak bergoyang.


Perawatan tanaman

 Penyiaman dilakukan setiap hari ,pagi atau sore hari, jikalau tumbuhan sudah tumbuh penyiraman dilakukan 2- 3 kali sehari ,melihat kondisi tanah pada batang tanaman.

Pemupukan ,untuk mempercepat pemupukan tumbuhan ini perlu di pupuk , gunakan pupuk cair organik 2- 3 sendok makan atau 30ml tiap tanam kemudian siram hingga pupuk hilang larut. Pemupukan juga dapat dipakai sedikit pupuk kimia untuk merangsang pertumbuhan daun dan batang ( Urea + Phonska 1-2 sendok makan tiap batang) tetapi lebih baik tambahkan bokashi setiap pemupukan. sehabis tumbuh tinggi ,pemupukan dengan memakai bokashi atau pupuk kompos saja dengan cara menggali parit disekitar batang tumbuhan kemudian pupuk di timbun dan ditutup dengan tanah kembali selanjutnya dilakukan penyiraman merata.

Pemangkasan dilakukan untuk membentuk cabang yang diinginkan atau memangkas cabang yang tidak sehat dan terkena penyakit.ini dilakukan jikalau tumbuhan telah tumbuh rimbun dan bercabang banyak.






Demikian cara menanam / budidaya bunga kamboja .semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top