CARA MEMBUAT BIBIT GAMBAS SENDIRI, Bibit gambas atau biji gambas mempunyai  bentuk yang besar ,bila kita menanam gambas akan memerlukan biji yang banyak, dalam satu kemasan 10 gram hanya berisi beberapa butir saja dan hanya cukup untuk tanam beberapa lubang saja sehingga untuk menanam gambas satu petak saja memerlukan beberapa sachet / kemasan yang harganya tidak mengecewakan mahal ,dan itu akan  mengeluarkan banyak uang.


                  



 Untuk mengatasi persoalan tersebut ada beberapa cara untuk menekan biaya pembelian bibit flora gambas ialah dengan menciptakan bibit gambas sendiri atau penangkaran sendiri. Caranya sebagai berikut :

Seperti biasa, kita menanam gambas untuk keperluan konsumsi dan yang lebih utama pilih  bibit gambas  yang unggul /F1, perawatan ibarat biasa pada budidaya gambas pada umumnya akan tetapi pada dikala panen ke -3 ,sisakan beberapa buah gambas yang super ( bentuknya panjang, sehat ,tidak terjangkit penyakit ) biarkan buah gambas hingga menjadi bau tanah di pohon dan lalu kering atau setengah kering.


                        



Selanjutnya petik buah gambas yang sudah bau tanah dan jemur beberapa hari di terik matahari hingga benar- benar kering, lalu bibit gambas sanggup disimpan atau di tanam , bibit gambas ini ( biji masih dalam buah gambas yang kering ) sanggup disimpan hingga 1 tahun (pengalaman aku ) cara menyimpanya dengan cara di tempatkan pada daerah yang kering .


       



Bila ingin ditanam ,tinggal dikeluarkan bijinya dari buah gambas dengan cara menyobek /menekan bagaian ujungnya , lalu dijemur di terik matahari 2-3 hari, selanjutnya biji gambas sanggup di tanam atau disemaikan.


Demikian cara menciptakan bibit gambas sendiri ,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top