MENANAM / BUDIDAYA JAGUNG MANIS TUMPANG SARI DENGAN SAWI, Tanaman sawi yakni jenis sayuran yang mempunyai  umur relatif pendek yaitu 30 – 38 hari,di kawasan saya  menanam / budidaya sawi sama menyerupai main rolercoster ,yaitu harganya , terkadang sanggup untung yang banyak dan di lain kesempatan tidak laris sama sekali alasannya yakni sangat melimpahnya hasil panen alasannya yakni pasar sudah tidak sanggup menyerap hasil panen.



       



Untuk mensiasati keadaan itu para petani menanam sawi dilakukan tumpang sari dengan jagung manis, mereka berasumsi jikalau tumbuhan sawi tidak laris maka masih ada cita-cita panen jagung bagus yang memiliki umur pendek yaitu di panen ketika umur 68 – 74 hari.Bila tumbuhan sawi untung dan jagung bagus juga berhasil maka petani akan menerima hasil panen 2 kali atau dobel. lihat disini http://bit.ly/2kqdUO3

Dalam penanam antara sawi dan jagung bagus tidak bersamaan ada tenggang 10-15 hari ( penanaman sawi dahulu sehabis 10-15 hari gres jagung bagus ditanam) ,mengapa demikian alasannya yakni jikalau  penanaman bersamaan ,tanaman sawi tidak sanggup berkembang dan kalah dengan pertumbuhan jagung manisnya.

Berikut ini langkah –langkahnya:

Mempersiapkan lahan

Tanah di gemburkan dengan bajak atau traktor ,selanjutnya dihaluskan dan lalu disebar bokashi beberapa zak per petak atau bokasi disebar sehabis bedengan setengah jadi ,kemudian buat bedengan dengan lebar 80 cm , tinggi  20 -25 cm .

Penaman sawi

Lakukan pengairan hingga merata lalu sisakan ¾ dari tinggi bedengan, selanjutnya buat 2 alur memanjang  di tengah bedengan ,jarak dari tepi 25 cm dan jarak antar alur /larikan 30 cm ,alur ini untuk tempat biji sawi,selanjutnya sebar biji sawi pada alur / larikan dengan jimpitan jari supaya tidak bergerombol. kebutuhan bibit sawi sekitar 14 kemasan kaleng per hektar ( 1 kaleng 100 gram).setelah final penanaman sawi ,air bekas pengairan di buang.


Perawatan tumbuhan sawi

Setelah 1 ahad tanam dan sudah tumbuh daun 2 harus segera di semprot insektisida untuk pencegahan ulat dan serangga ( menyerupai ampal ,kepik dll) supaya tidak terlanjur masuk hama nya. Kemudian pada umur 10 – 14 hari ,semprot dengan fungisida Rumpas untuk mengendalikan gulmanya dengan dosis 2 tutup kemasan tiap 1 tangki sprayer (17 liter air) sebelumnya pada umur 12 hari dilakukan pemupukan tumbuhan sawi dengan ditebar disampingnya lalu lakukan pengairan merata.pupuk yang dipakai Urea + Phonska perbandingan 2:1.


Untuk penanaman jagung manisnya

Setelah tumbuhan sawi umur sekitar 10-14 hari , jagung bagus gres ditanam di tepi bedengan dengan jarak 5 cm dari samping bedengan dan  20 cm dari larikan tumbuhan sawi , buat lubang / tugal sedalam 5 cm ,jarak lubang 20-25 cm ,kemudian masukkan biji jagung bagus dan selanjutnya tutup dengan bokashi ,pengairan tidak perlu dilakukan jikalau tanah sudah berair atau ketika trend hujan.


Perawatan kedua-duanya.

Pemupukan jagung bagus dilakukan 15 hari sekali dan untuk tumbuhan sawi 1 ahad sekali , pemupuykan jagung bagus dilakukan hingga 4 kali untuk tanah yang kesuburanya sedang jikalau tanah yang sangat subur ,pemupukan jagung bagus dilakukan 3 kali,( melihat kondisi tumbuhan ) .


Pembersihan gulma

 Setelah di lakukan penyemprotan dengan herbisida pada umur 10 -14 hari ,misalnya masih ada sisa-sisa gulma yang tumbuh harus dibersihkan dengan mencabut beserta akarnya supaya tidak mengganggu kedua tumbuhan itu.


Panen sawi

Setelah umur 30 hari tumbuhan sawi sanggup mulai di panen dengan memotong pangkal batang tumbuhan , dalam memanen tumbuhan sawi ,harus berhati –hati kerena tumbuhan sawi diapit tumbuhan jagung bagus setinggi 40 -50 cm supaya tumbuhan jagung bagus tidak roboh atau patah.
hasilnya lihat di sini http://bit.ly/2kqdUO3


Perawatan selanjutnya  untuk jagung manis.


                




Pembubunan dilakukan pada tengan bedengan (bekas tumbuhan sawi )dan parit supaya rumput penggangu tidak tumbuh .

Pemupukan dilanjutkan untuk jagung bagus pada umur 30 hst , 45 –50hst .pupuk yang di gunakan Urea /ZA dan Phonska serta TSP (SP).

Setelah jagung bagus umur 65 – 72 hst (hari sehabis tanam) ,tanaman jagung bagus sanggup dipanen ditandai, kulit buah sudah berwarna hijau bau tanah ,buah jagung bagus sudah kekuningan .


                               



Demikian cara menanam atau budidaya jagung bagus tumpang sari dengan sawi . semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top