CARA MENANAM / BUDIDAYA JERUK PURUT DI POT ATAU POLIBAG, Jeruk Purut  adalah tumbuhan perdu yang dimanfaatkan buah dan daunnya untuk bumbu penyedap masakan .


                  



Tanaman jeruk Purut  mudah tumbuh dan dibudidayakan , untuk kebutuhan kecil contohnya rumah tangga kita dapat menanam / budidaya di pot-pot atau plastic polibag dan diletakkan di sekitar rumah juga untuk tumbuhan hijau penghias halaman.
Berikut ini materi – materi yang diharapkan untuk budidaya jeruk purut di pot atau polibag:


Bahan –bahan yang di butuhkan  antara lain :


1.         Pot atau polibag

Siapkan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm dapat juga memakai kaleng / timba bekas, dengan syarat bagaian bawah harus dilubangi untuk drainase.



                     




2.     Bokashi atau kompos

Siapkan bokashi atau kompos ,karena bokashi atau kompos mengandung unsur – unsur atau zat yang lebih lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tumbuhan ,dengan Bokashi pertumbuhan tumbuhan akan cepat .


3.     Bibit jeruk Purut

Pilih jeruk purut yang memiliki tinggi minimal 30 cm , sehat dan batang yang kokoh serta bakal cabang yang baik. Bibit ini dapat di beli di daerah pembibitan pertanian .

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.

Menanam / budidaya jeruk Purut di pot atau polibag
Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 atau hanya bokashi saja lebih baik kemudian tambahkan furadan 2- 3 sendok makan, sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil hingga merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. Kemudian siram dengan dengan air hingga lembap merata.

Selanjutnya buat lubang pada tanah di pot atau polibag untuk penanaman jeruk Purut, sebelumnya siram dengan air hingga lembap merata ,masukkan bibit jeruk purut dan buang plastik polibag usahakan semoga tanah tidak terlepas caranya : balikkan bibit jeruk purut kemudian tarik perlahan plastik polibag keatas ,kemudian balik dengan cepat ketika memasukkan ke lubang penanaman.kemudian tutup dengan tanah dan rapatkan ,bila perlu pasang ajir atau tajuk semoga jeruk Purut tidak bergeser.


Perawatan tumbuhan

Penyiraman dilakukan setiap hari pagi atau sore hari untuk tumbuhan yang masih gres , selanjutnya kalau tumbuhan telah tumbuh penyiraman dilakukan 2- 3 hari sekali atau kalau diharapkan saja dan sehabis pemupukan.

Pemupukan pertama dilakukan 3 ahad sehabis tanam pupuk yang digunakan, Npk atau pupuk organik cair ,atau kalau tidak ada dapat gunakan Vietsin berikan 1 sendok makan kemudian siram hingga pupuk meresap ke tanah.

Pemupukan selanjutnya 1-1,5 bulan kemudian ,gunakan pupuk menyerupai diatas dan tambahkan takaranya kalau tumbuhan jeruk Purut tumbuh berkembang .


Pengendalian hama dan penyakit:

Biasanya hama yang menyerang yaitu ulat daun ,jenis kutu putih dan cabuk (kutu hitam ) cara pengendalianya : dengan memetik daun yang diserang ulat dan kutu putih dan hitam,atau gunakan Insektisida hayati.

Penyakit yang menyerang antara lain bercak daun, layu ,busuk buah.pengendaliannya gunakan fungisida hayati semoga buah atau daun tidak berbahaya untuk di konsumsi.



            




Demikian cara menanam / budidaya jeruk Purut di pot atau polibag ,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top