CARA MENANAM / BUDIDAYA KUBIS /KOL DI POT /POLYBAG , Kubis atau kol yaitu tumbuhan hortikultura yang memiliki umur relatif pendek yaitu 55- 60 hst  sudah sanggup dipanen . untuk menanam / budidaya kubis atau kol sanggup dilakukan di dataran tinggi maupun rendah alasannya yaitu kini sudah ada varietas yang cocok ditanam di dataran rendah.



                




Kubis / kol selain dibudidayakan dilahan yang luas ,juga sanggup di budidaya kan dilahan sempit ,di pot /polybag yang diletakkan di samping atau belakang rumah , selain untuk tumbuhan hijau juga dimanfaatkan sebagai sayuran konsumsi untuk memenuhi kebutuhan sayuran rumah tangga .untuk membudidayakan kubis atau kol di pot/ polybag sangan gampang . lihat dibawah ini:


Cara menanam / budidaya kubis /kol di pot/polybag


Bahan yang perlu disiapkan antara lain:

1.     Pot atau polibag
Sediakan pot /polibag ukuran sedang dimeter sekitar 25 cm , tinggi 30 cm sanggup juga memakai kaleng / timba bekas kalau mengunakan kaleng / timba bebas ,bagaian bawahnya harus di lubangi untuk membuang air penyiraman.

2.     Bokashi atau kompos
Sedikan bokashi atau kompos alasannya yaitu bokashi atau kompos mengandung unsur hara lebih lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tumbuhan ,dan bokashi telah higienis dari gas amoniak  kotoran hewan.

3.     Bibit kubis
Pilih bibit kubis yang berkualitas baik, genjah dan sesuai impian ,bibit kubis  sanggup di beli di toko / kios pertanian

4.     Air ,Furadan, selang ,sekop kecil.


Menanam / budidaya kubis / kol di pot /polibag


Bokashi dan tanah dicampur perbandingan 1:1 kemudian tambahkan furadan 4-5 sendok makan sesuaikan dengan besar kecilnya pot / polibag , selanjutnya aduk dengan cangkul /sekop kecil hingga merata, kemudian masukkan ke pot /polibag. selanjutnya siram dengan dengan air hingga merata.
kemudian ,tabur beberapa  benih kubis pada  pot /polibag  atau benamkan biji kubis ketanah di pot sedalam 3 cm kemudian tutup dengan sedikit tanah. Atau dengan cara disemaikan dulu benihnya ibarat disini gres sesudah tumbuh dipindah ke pot /polibag.



    




Perawatan tumbuhan kubis / kol

Penyiraman tumbuhan yang masih gres dilakukan 2 hari sekali dengan semprotan air yang tidak deras dan jangan hingga hiperbola airnya apabila  telah tumbuh penyiraman dilakukan  3  hari sekali dan sesudah pinjaman pupuk.

Penjarangan dilakukan untuk yang cara tanamanya disebar ,bila tumbuhan kubis / kol terlalu rapat ,tanaman kubis dicabut dan dipindahkan ke pot /polybag yang lain.

Pemupukan tumbuhan pada umur 10 hari untuk pemupukan pertama, pupuk yang digunakan jenis NPK takaran pemakaian 2 sendok makan dan tambahkan bokashi ,bila sudah tumbuh ,tambahkan hingga 3 sendok makan. Kemudian pemupukan dilakukan satu ahad sekali kalau denga cara kocor , kalau ditebar pemupukan dilakukan 2 ahad sekali. Pemupukan  terakhir pada umur 35- 40 hari .Cara pemupukan : buatkan parit melingkar kemudian taburkan pupuk dan ditutup dengan tanah selanjutnya disiram hingga merata.

Penyiangan /pembersian gulma dilakukan 2 ahad sekali atau kalau rumput liar telah tumbuh, ini dilakukan biar tumbuhan kubis  tidak terganggu.



             




Penanggulangan Hama dan penyakit kubis /kol

Untuk menanggulangi hama pakailah insektisida hayati alasannya yaitu lebih ramah dan buah kubis sehat untuk di konsumsi , atau pasang jaring halus  ( net ) pada tumbuhan kubis biar kaper / hama pembawa telur bakal ulat daun tidak sanggup masuk .
Penanggulangan penyakit juga gunakan fungisida yang ramah lingkungan yaitu fungisida hayati .


Penen tumbuhan kubis / kol

Tanaman kubis sanggup dipanen mulai umur 55-60 hst, ciri buah kubis yang siap dipanen antara lain ukuran buah sudah maksimal ,bulat padat, buah terlihat mongkle  ( menggelantung ).cara panen dengan memotong tangkainya.


               




Demikian cara menanam / budidaya kubis di pot / polybag. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top