CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH DI POT / POLIBAG, Bawang putih ialah jenis tumbuhan hortikultura  yang di manfaatkan umbinya sebagai bumbu penyedap kuliner dan juga materi obat herbal . bawang putih ditanam pada kawasan pegunungan  dilahan sawah atau ladang yang luas ,untuk kebutuhan rumah tangga kita sanggup menanam bawang putih disekitar rumah dengan menggunakan pot/ polibag.


              



Untuk menanam / budidaya  bawang putih dipot/ polibag yang harus dipersiapkan antara lain:


Pot / polibag

Pot / polibag yang dibutuhkan untuk budidaya ukuran sedang berdiameter minimal 15 cm ,kemudian pilih yang berlubang sedikit pada bagain bawahnya ,atau sanggup diganti dengan timba / kaleng bekas .



Bokashi / kompos dipakai sebab memiliki unsur – unsur hara yang lengkap yang dibutuhkan tanaman,


 Bibit bawang putih

Bibit bawang putih berasal umbi bawang yang telah berumur minimal 3 bulan sehabis panen dan disimpan ditempat yang kering dan teduh,tetapi juga harus melalui proses pemilihan yang sempurna supaya diperoleh bibit bawang putih yang berkualiatas.
Yang diharapkan lagi selain diatas antara lain : air ,sekop kecil, selang , Furadan 3 g / (Insektisida).


Cara menanam / budidaya bawang putih di pot /polibag

Masukkan bokashi / kompos kedalam kantong polibag / pot hingga agak penuh,(sebelumnya tambahkan furadan 3 g dahulu dua sendok makan),kemudian siram hingga berair merah ,selanjutnya benamkan  bibit bawang putih ¾ dari panjang bibit dan sudah di potong ujung nya supaya tunas cepat tumbuh. Satu pot / polibag diberi 3 - 4 bibit ,jarak tanam  diatur sendiri.



                        




Perawatan tumbuhan bawang putih

Penyiraman tumbuhan yang masih gres dilakukan 2 hari  sehari ,kemudian sehabis tumbuh sanggup dikurangi menjadi 5 hari sekali dan sehabis pemupukan atau jikalau tanah di pot / polibag terlihat kering .

Penyulaman dilakukan jikalau ada tumbuhan yang mati  diganti dengan bibit yang gres dan sehat.

Pemupukan tumbuhan bawang putih , sebab tanah yang di gunakan ialah bokashi / kompos maka pemupukan kimia tidak perlu dilakukan ,hanya jikalau kurang vigor ,gunakan pupuk organik cair dan kalium cair, (pemupukan dilakukan pada umur 15 , 30 dan 45 hst )

Pembubunan yaitu menimbun kembali akar tumbuhan yang kelihatan akhir air siraman supaya akar tumbuhan tidak kelihatan dan pencucian gulma dilakukan 10 – 15 hari sekali supaya rumput tidak memakan unsur hara pada tanah.


Hama dan penyakit

Hama dan penyakit bawang putih hampir sama dengan hama dan penyakit pada tumbuhan bawang merah ,bisa di lihat disini dan disini


Pemanenan bawang putih

Panen bawang putih sanggup dilakukan dikala umur tumbuhan sudah mencapai 100 -120 hst .ditandai dengan ciri fisik antara lain : daun sudah mengering 50 % , batang tumbuhan sudah mengeras ,umbi sudah besar maksimal.



                





Demikian cara menanam / budidaya  bawang putih di pot/polibag .semoga bermanfaat .


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top