CARA MENANAM / BUDIDAYA TERONG DI POT /POLIBAG , Menanam terong selain dilakukan diladang /sawah  atau kebun yang luas juga sanggup dilakukan dalam kantong- kantong polibag atau timba bekas .Budidaya tumbuhan terong di pot /polibag sanggup memanfaatkan daerah yang sempit disekitar rumah dan sanggup memenuhi kebutuhan sayuran harian ,selain tumbuhan terong juga sanggup menanam sayuran yang lain ibarat kacang panjang , kangkung ,buncis dan seterusnya. Tetapi kali ini akan saya sampaikan cara menanam / budidaya terong di pot /polibag.


                     



Untuk menanam / budidaya terong di pot/ polibag yang perlu disiapkan antara lain :

1.     Pot/ polibag
Pilih pot /polibag ukuran sedang diameter 25 cm dan buat lubang pada bagaian bawahnya jikalau masih utuh.

Siapkan bokashi atau kompos sebab media itu banyak mengandung materi organik yang sangat diperlukan tumbuhan . tambahkan 1 sendok makan furadan 3 g  (Insektisida ) untuk mengendalikan hama dari tanah ,lalu campur dengan tanah dengan perbandingan 1:1 kemudian aduk merata dan masukkan kedalam /pot/polibag.


            



3.     Bibit terong
Bibit terong sanggup didapatkan di kebun bibit atau daerah persemainan tumbuhan horti, atau melaksanakan persemainan sendiri dengan wadah kecil kemudian bibit terong disebar ,setelah 3 ahad sanggup dipindah ke pot/ polibag .

4.     Perlengkapan yang diperlukan lainnya : air ,selang ,sekop kecil.


Cara menanam / budidaya terong dipot/ polibag

Siram tanah di polibag /pot dengan air hingga berair merata kemudian sebar bibit terong kemudian tutup dengan tanah tipis. ( jikalau bibit terong dari pembibitan /atau sudah besar ,tinggal menancapkan kedalam tanah polibag kemudian tekan sampingnya biar rapat).


Perawatan tumbuhan terong

Penyiraman dilakukan setiap hari dengan air yang tidak deras biar biji terong tidak berpindah atau berkumpul.

Penjarangan  (untuk yang tanam dengan biji ) dilakukan dikala tumbuhan sudah tumbuh 5 cm , memindahkan tumbuhan yang padat ke pot /polibag yang lain biar tiap polibag berisi 2 batang tanaman.

Pemberian tajuk dilakukan jikalau batang tumbuhan kurang besar lengan berkuasa menahan daun dan buah , sebaiknya tajuk ditancapkan dikala tinggi tumbuhan mencapai minimal 30 cm.


                        



Pembersihan gulma dilakukan disekitar batang biar pertumbuhan tumbuhan  tidak terganggu dan pembubunan dilakukan dengan menimbun batang tumbuhan dengan tanah biar akar tidak kelihatan.

Pemupukan dilakukan mulai umur 2 ahad sekali , gunakan pupuk organik ibarat bokashi kompos atau pupuk organik cair . sehabis berbuah pemupukan dilakukan 1 ahad sekali, lakukan penyiraman sehabis pemupukan biar pupuk cepat meresap.
Pemberantasan hama dan penyakit , gunakan insektisida yang ramah linkungan ( insektisida hayati ) dilakukan jikalau ada hama menyerang tumbuhan terong.


Pemanenan terong

Buah terong sanggup dipetik jikalau sudah besar maksimal , umur tumbuhan sanggup di  panen mulai 50 hari sehabis tanam ,tergantung varietas dan cara perawatannya.


                




Demikian cara menanam / budidaya terong di pot/polibag .semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top