CARA MENANAM / BUDIDAYA KUNYIT DI POT / POLIBAG , Kunyit atau kunir (Curcuma longa Linn ) yaitu merupakan tumbuhan rempah yang berasal dari Asia , tumbuhan ini juga materi dasar obat herbal dan kosmetik , kunyit atau kunir memiliki banyak manfaat bagi badan kita, untuk itu perlu membudidayakan sendiri , menanam / budidaya kunyit tidak harus dilahan yang luas , menanam kunyit di pot /polibag lebih gampang dalam hal perawatannya . maka akan saya sampaikan  cara menanam / budidaya kunyit atau kunir di pot / polibag.



     




 Yang perlu disiapkan antara lain:

  Pot / polibag

 Gunakan pot atau polibag ukuran sedang , diameter kira –kira 30 cm ,lubangi bagaian bawah jika masih tertutup.

 Bibit kunyit

 Bibit kunyit diperoleh dari umbi kunyit yang sehat dan disimpan kira – kira 2 ahad dan hingga bertunas.

 Bokashi / kompos

 Siapkan kompos / bokashi dan campur dengan tanah dengan perbandingan 1: 1  kemudian tambahkan insektisida Furadan 3 g  untuk mengendalikan hama dari tanah.selanjutnya masukkan bokashi / kompos kedalam pot / polibag hingga ¾ dari tinggi pot /polibag.

Air dan sekop kecil.


 Cara menanam / budidaya kunyit di pot / polibag.

Siram pot / polibag denganair hingga lembap merata ,lalu benamkan  bibit kunyit yang telah bertunas kedalam pot /polibag sedalam 5 cm, kemudian timbun dengan bokashi.







Perawatan tumbuhan kunyit

Penyiraman dilakukan setiap hari untuk tumbuhan yang masih baru, kemudian jika telah tumbuh penyiraman sanggup dilakukan 2 hari sekali atau jika tanah terlihat kering .
 Penyulaman dilakukan jika ada tumbuhan yang mati atau kurang sehat ,diganti dengan tumbuhan yang  baru.

Pemupukkan dilakukan umur 2 ahad ,dan kemudian tiap 3 ahad sekali gunakan pupuk kompos / bokashi , jika perlu gunakan pupuk hayati /pupuk organik cair ( POC ) yang sanggup di beli di toko pertanian . kemudian lakukan penyiraman sehabis pemupukan.


Pemanenan  tumbuhan kunyit / kunir

 Tanaman kunyit atau kunir sanggup dipanen mulai umur 7  bulan atau jika umbi / rimpang kunyit telah berkembang optimal , tumbuhan yang telah siap panen  ditandai dengan berhentinya pertumbuhan vegetatif kemudian  daun dan batang yang mulai mengering. Panen kunyit dilakukan dengan cara di cabut batangnya atau di sekrop  bagaian tepi umbi / rimpang .








Demikian cara menanam / budidaya kunyit  di pot /polibag .semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top