Cara menyemaikan biji palem di polibag ,Tanaman palem yakni jenis tumbuhan hias dari suku Arecaceae ,Tanaman  ini memiliki banyak macam  ada palem Ratu,palem Botol ,palem Putri ,palem Jenggot,palem Phonix dan masih banyak lagi.tanaman ini memiliki bentuk yang sangat indah ,sehingga banyak orang yang menyukainya untuk tumbuhan hias yang diletakkan di taman  rumah .



                             



Tanaman palem gampang hidup dan  di kembangbiakan ,untuk memgembang biakkan ada dua cara yaitu  dengan generatif dan vegetatif ,kali ini saya akan memberikan cara generatif yaitu  biji dengan menyemaikan di polibag biar memudahkan untuk memindahkannya dan juga mencegah tumbuhan stes ketika di tanam .


Bahan yang perlu disiapkan antar lain:

1.     Polibag
Sediakan plastik polibag ukuran sedang diameter 30 cm ,tinggi 15 cm,plastik ini tersedia di toko bunga atau toko pertanian.
2.     Bokashi
Bokashi yakni pupuk dari kotoran ternak yang sudah di fermentasi sehingga sudah tidak mengandung gas amoniak yang menjadikan tumbuhan mati . Pupuk bokashi sudah mengandung unsur hara lengkap yang di butuhkan untuk pertumbuhan tanaman.
3.     Bibit palem

                            


Bibit palem di peroleh dari buah  palem yang sudah bau tanah lalu di jemur hingga kering ,kemudian gres sanggup di semaikan ,lebih baik biji palem di rendam dulu 24 jam kemudain di tiriskan dan di bungkus dengan kain kira kira 2-3 hari biar tunasnya cepat tumbuh ,pilih jenis palem yang diinginkan untuk disemaikan.
4.     Keperluan lainnya ( air ,sekop kecil ,dll)

Cara menyemaikan bibit palem di polibag

Bokashi di masukkan ke dalam polibag hingga penuh dan sisakan sedikit plastik untuk menahan air jikalau dilakukan penyiraman, lalu siram hingga berair merata ,selanjutnya benamkan biji palem kedalam bokashi kira kira 3 cm lalu di tutup dengan  tanah.

Perawatan tumbuhan palem di polibag

Lakukan penyiraman dengan rutin tiap 2 hari sekali atau jikalau tanah di polibag terlihat agak kering.


                      



Bersihkan rumput pengganggu yang tumbuh di dalam polibag,agar pertumbuhan bibit palem tidak terganggu.
Gunakan pupuk kimai ibarat Npk untuk starter biar pertumbuhan cepat dan vigor . takarannya 1 sendok makan untuk tiap polibag atau diubahsuaikan dengan tinggi dan besar tanaman.


Untuk penanggulangan hama dan penyakit

 Di persemaian biasanya juga ada hama yang  menyerang daun palem ulat dan jenis serangga ,semprot dengan insektisida kimia biar cepat pulih.sedangkan untuk mengendalikan penyakit dan basil gunakan fungisida yang ada kandungan bakterisida.

Tanaman palem sanggup di pindah dari persemaian sebaiknya yang  mempunyai tinggi minimal 1 meter .


                                    



Demikian wacana cara menyemaikan biji palem di polibag,semoga bermanfaaat dan selamat mencoba.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top