PENYAKIT TANAMAN JAGUNG , Penyakit yang sering menyerang tanaman jagung sanggup mengurangi hasil panen hingga 60 persen bahkan hingga gagal panen kalau tidak segera diatasi ,atau penanggulangannya kurang sempurna sasaran,misalnya penyemprotan tidak menggunakan pestisida yang pas dan sesuai dengan penyakit tanaman jagung .

Berikut ini  penyakit yang sering menyerang tanaman jagung:

1.     Hawar Daun

               
                      



Penyakit Hawar daun biasanya menyerang tanaman jagung pada daun bagain bawah lalu naik ke daun bagaian atas . serangan pertama ditandai dengan adanya bercak kecil pada daun jagung berbentuk oval lalu berkembang dan memanjang berbentuk ellips dan terus memenuhi daun jagung . pada serangan yang berat sanggup mengakibatkan tanaman jagung mati.

Cara penanggulanganya: kalau tanaman jagung sudah berbuah /janten ,maka hanya perlu dilakukan pencucian daun jagung bagain bawah ( di oseti ,jw) yang terkena penyakit dan di buang jauh atau di bakar .

Bila tanaman jagung masih berusia muda /belum berbuah ,maka dilakukan penyemprotan dengan fungisida materi aktif Mancozeb, Tiram /Ziram takaranya 2-3 sendok makan tiap 1 tangki seprayer ukuran 17 liter.
Cara penyemprotan dari bawah dan atas daun secara merata.


2.     Karat daun


           
                        



Penyakit karat daun  biasanya menyerang tanaman jagung yang berumur diatas 60 hst .Penyakit ini disebabkan oleh jamur Puccinia polysora ,menyerang daun jagung ditandai dengan adanya bintik –bintik  kuning kemerahan lalu menyebar ke daun sehingga menggangu fotosintesis daun ,pada serangan yang mahir sanggup menjadikan tanaman jagung mati.

Cara penaggulangan : Dengan membersihan daun yang terjangkit penyakit dan membuang atau dibakar atau dengan disemprot dengan fungisida materi aktif Benomil dan Iprodium ,dengan dosis 1-2 sendok makan per tangki sprayer /17 liter.



3.     Busuk batang


                



Penyakit amis batang disebabkan oleh cendawan yang menyerang tanaman jagung biasanya mulai umur 50 hst,serangan ditandai dengan perubahan warna pada batang yang terjangkit penyakit dari hijau menjadi kecoklatan batang akan rapuk dan menjadi gampang roboh.

Cara pengendaliannya : untuk pencegahan dan pada serangan awal gunakan fungisida bakterisda seperti: Carsiben, Baktocyn


4.     Busuk tongkol



                        




Penyakit amis tongkol menyerang tanaman jagung di ditandai dengan adanya bercak  besar warna coklat di klobot jagung  setelah 2 ahad lalu menjalar ke dalam dan menyebabkab buah menjadi kisut dan lalu kering mati.Serangan paling cepat menjalar terjadi ketika demam isu hujan.

Cara penanggulangannya : kalau terlihat bercak pada klobot jagung segera semprot dengan fungisida materi aktif Benomil dengan dosis 2-3 sendok tiap tangki semprot/ 17 liter air.



5.     Penyakit Bulai jagung


                  



Penyakit Bulai jagung ialah penyakit yang sulit di atasi dan sanggup mengakibatkan gagal panen .Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit bulai ini lebih jelasnya lihat di Penyakit bulai pada jagung dan cara pencegahannya.


Demikian beberapa  Penyakit tanaman jagung dan cara pengendaliannya .Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top